Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Sunscreen yang Memiliki Klaim SPF Tepat

Jangan sampai tertipu, ya!

Nafi' Khoiriyah

Belum lama ini, media sosial ramai memperbincangkan sunscreen SPF palsu. Sebab, ada di antara produk sunscreen yang diduga nilai SPF-nya tidak sesuai dengan yang tercantum pada produknya. 

Hal itu kemudian membuat banyak orang mencari rekomendasi sunscreen yang memiliki klaim SPF tepat. Berbagai brand sunscreen dan beauty influencer Indonesia kemudian banyak yang melakukan uji coba kadar sunscreen berbagai merek yang beredar. 

Hasilnya, sunscreen yang disebutkan di bawah ini memiliki klaim SPF yang tepat. Apa saja mereknya? Simak di bawah ini!

1. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Serum

wardahbeauty.com

Merek pertama yang memiliki klaim tepat adalah semua produk UV Shield dari Wardah, salah satunya Wardah UV Shield Essential Sunscreen Serum. Merek lokal satu ini telah melakukan uji laboratorium untuk memastikan nilai SPF-nya. 

Hasilnya, UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum memiliki nilai rata-rata SPF sebesar 35,9. Sunscreen satu ini juga dilengkapi dengan SkinBoost DNA yang bisa memberikan perlindungan maksimal terhadap sinal UV.

2. Mother of Pearl SO X TRA Peptide Sunscreen Foundation

shopee.co.id/mop.beauty

Sunscreen sekaligus foundation dari Mother of Pearl juga sudah teruji memiliki klaim yang sesuai seperti yang dikatakan oleh owner-nya, Tasya Farasya. Skincare sekaligus makeup satu ini memiliki kandungan SPF 40 PA++ yang bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. 

Berbeda dengan sunscreen lainnya, Mother of Pearl SO X TRA Peptide Sunscreen Foundation juga berfungsi sebagai alas bedak yang bisa menutupi ketidaksempurnaan pada kulit sekaligus menutrisi. 

3. BASE Natural Sunscreen

base.co.id

BASE Natural Sunscreen yang merupakan vegan beauty brand sunscreen di Indonesia juga memiliki kandungan SPF yang sudah teruji. Sunscreen ini memberikan proteksi pada kulit dari sinar UV dan blue light. 

Hasil akhirnya pun matte sehingga tidak membuat kulit berminyak dan tidak meninggalkan white cast. Di dalamnya juga mengandung raspberry dan blackcurrant leaf extract yang bisa mengatasi pori-pori tersumbat. 

4. L'Oreal UV Defender Serum Protector

loreal-paris.co.id

Pilihan sunscreen yang memiliki klaim SPF tepat selanjutnya adalah L'Oreal, L'Oreal UV Defender Serum Protector. Produk ini mengandung SPF 50 PA ++++ dan juga brightening niacinamide. 

Kandungan tersebut bukan hanya bisa melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga mencerahkan dalam seketika. Bagi kamu yang memiliki kulit normal dan cenderung kusam, sunscreen ini bisa dicoba. 

5. Azarine Hydramax C Sunscreen Serum

azarinecosmetic.com

Sempat memenangi kategori best sunscreen, Azarine Hydramax C Sunscreen Serum memang tidak diragukan lagi klaimnya. Produk yang berbentuk gel ini bisa melembapkan sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari dengan kandungan SPF 50 PA ++++ nya. 

Memakai Azarine Hydramax C Sunscreen Serum akan membuat wajah menjadi glowing dan lembap. Teksturnya yang berbentuk gel juga membuatnya terasa ringan saat dipakai tanpa meninggalkan white cast. 

6. LABORE Physical Sunscreen

laboreskinexpert.com

Diformulasikan untuk kulit sensitif, LABORE Physical Sunscreen juga telah melakukan SPF test dan menunjukkan klaimnya sesuai. Bahkan, kandungan SPF di dalamnya lebih dari SPF 45, tepatnya adalah SPF 48,8. 

Sedangkan hasil uji UVAPF dari sunscreen satu ini juga sesuai dengan klaimnya PA+++. Kandungan tersebut bisa memulihkan dan memperkuat kulit sekaligus memberikan kelembapan yang mendalam. 

7. Somethinc Holyshield UV Sunscreen Gel

somethinc.com

Merek Somethinc juga melakukan uji laboratorium untuk membuktikan bahwa klaim yang diberikan sesuai. Hasilnya, Somethinc Holyshield UV Sunscreen Gel memiliki kandungan SPF 64,3 yang justru melebihi klaimnya. 

Somethinc Holyshield UV Sunscreen Gel juga dilengkapi dengan proteksi terhadap polusi, blue light, dan infra red yang dapat mencegah penuaan dini. Teksturnya pun nyaman dan langsung menyerap seperti air. 

8. Avoskin Your Skin Bae Shield of Sun

avoskinbeauty.com

Avoskin Your Skin Bae Shield of Sun merupakan sunscreen yang memiliki klaim SPF tepat lainnya, yakni SPF 50 PA++++. Produk dari Your Skin Bae Series ini memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap. 

Formulanya bisa menjaga kulit agar tetap cerah, lembap, dan sehat. Selain kandungan utama sodium hyaluronate, chamomile flower extract, dan allantoin, ada pula kandungan ethyl ascorbic yang bisa mencerahkan kulit wajah. 

9. Carasun Solar Smart UV Protection

carasunbeauty.com

Menanggapi kasus SPF palsu, Carasun langsung tanggap menguji produknya. Hasil dari uji SPF in vivo Carasun Solar Smart UV Protection menunjukkan sesuai dengan klaimnya yakni SPF 46,1. 

Hasil PA test nya pun mencapai angka 18,74 yang artinya sesuai dengan klaim PA++++. Kamu tidak perlu ragu lagi kalau ingin memakai sunscreen ini untuk beraktivitas di bawah terik matahari. 

10. N'Pure Cica Beat The Sun

npureofficial.id

Merek sunscreen terakhir yang sudah terbukti kandungan SPF-nya sesuai adalah NPure. Merek satu ini juga telah melakukan uji laboratorium dan hasilnya kandungan SPF di dalamnya mencapai 85,2. 

Kandungan SPF tersebut sesuai dengan aturan BPOM tetap tertulis SPF 50+ pada kemasannya. Artinya, N'Pure Cica Beat The Sun memiliki tingkat proteksi kulit yang sangat tinggi. Namun, saat dipakai sunscreen tersebut tetap terasa ringan dan tidak menimbulkan white cast. 

Itulah rekomendasi sunscreen yang memiliki klaim SPF tepat untukmu. Sekarang, kamu nggak perlu lagi kebingungan untuk mencari skincare yang benar-benar bisa melindungi wajah dari sinar matahari. Semoga menjawab!

IDN Media Channels

Latest from Skin