Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Efek Samping Maskeran Setiap Hari dan Terlalu Sering

Gunakan seperlunya

Nafi' Khoiriyah

Banyak orang yang memilih memakai masker wajah atau sheet mask sebagai skincare sehari-harinya. Kebanyakan orang memakainya sekitar dua sampai tiga kali dalam seminggu. Namun, apa jadinya jika masker wajah tersebut dipakai setiap hari? 

Efek samping maskeran setiap hari itu belum banyak diketahui. Seperti menggunakan skincare yang berlebihan lainnya, masker wajah yang digunakan terus menerus tentu akan menimbulkan beberapa dampak negatif untuk kulit. 

Ini adalah efek samping yang bisa timbul karena pemakaian masker wajah yang terlalu sering. Cermati, ya!

1. Menimbulkan jerawat

unsplash.com/Barbara Krysztofiak

Penggunaan masker wajah biasanya bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah wajah dan membuatnya lebih sehat. Namun, permasalahan wajah justru bisa timbul jika menggunakan masker wajah terlalu sering. Penggunaan masker wajah yang terlalu sering bisa menimbulkan jerawat jika kamu tidak membersihkan sisa-sisanya dengan bersih. Nah, sisa masker akan berpotensi untuk menutup pori-pori kulit wajah dan berubah menjadi jerawat. Akan lebih baik untuk memperhatikan frekuensi pemakaiannya dan membersihkan wajah secara menyeluruh. 

2. Mengganggu keseimbangan pH kulit

freepik.com/lookstudio

Efek samping maskeran setiap hari lainnya adalah bisa mengganggu pH kulit. Sebab, masker wajah tertentu bisa menghilangkan keseimbangan pH jika dipakai berlebihan. Jika pH kulit tidak seimbang, maka hal itu akan memicu permasalahan kulit lainnya dan memunculkan jerawat. 

3. Menghilangkan minyak alami kulit

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Masker wajah sebenarnya berfungsi untuk menyerap minyak dan kotoran yang masuk ke pori-pori. Namun, produksi minyak alami pada kulit justru terhambat karena penggunaan masker wajah yang berlebihan. Padahal, minyak alami pada wajah akan bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, lho. 

4. Menghilangkan nutrisi penting kulit

Freepik.com/freepik

Produk perawatan kulit seperti masker sebenarnya didesain untuk membantu menutrisi kulit dan menjadikannya lebih baik. Namun, frekuensi penggunaan masker wajah jika terlalu sering bisa menimbulkan efek yang buruk. Efek samping maskeran setiap hari lainnya adalah menghilangkan nutrisi penting kulit yang sebenarnya dibutuhkan. Misalnya adalah minyak alami pada kulit seperti yang dibahas sebelumnya. 

5. Iritasi pada kulit

freepik.com/freepik

Terakhir, iritasi bisa terjadi pada kulit jika memakai masker wajah terlalu sering. Sebab, sheet mask atau masker wajah tertentu kebanyakan mengandung banyak alkohol. Jika kamu menerapkannya pada kulit yang sensitif atau jerawat, hal itu justru aman memicu iritasi pada kulit. Iritasi yang timbul bisa bermacam-macam, mulai dari kemerahan, gatal, atau masalah kulit yang lainnya.

Ternyata, efek samping maskeran setiap hari justru akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Alangkah lebih baik untuk menggunakan masker seperlunya saja atau seperti anjuran pakainya. Kalau kamu, berapa kali memakai masker wajah dalam seminggu? 

IDN Media Channels

Latest from Skin