Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Membeli Sunscreen, Biar Nggak Salah Pilih!

Agar kulitmu terproteksi secara optimal, Bela

Asri Muspita Sari

lah satu dampak buruk dan bahaya dari paparan sinar ultraviolet (UV) adalah kulit terbakar dan menggelap. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat penting dan nggak boleh terlewatkan. Sunscreen berfungsi untuk menyerap atau memantulkan sinar UVA atau UVB dari matahari sebagai perlindungan untuk kulit.

Siapa nih di antara Bela yang suka bingung kalau lagi cari sunscreen? Banyaknya produk sunscreen di pasaran terkadang membuat kita bingung ya harus pilih yang mana. Walaupun begitu, dalam urusan memilih sunscreen tetap nggak boleh sembarangan lho, Bela.

Coba cek dulu lima hal ini sebelum membeli sunscreen agar produk yang kamu beli efektif memproteksi kulitmu dari paparan sinar matahari.

1. Pilih sunscreen dengan label ‘broad-spectrum

Dok. Cetaphil Indonesia

Terlalu banyak terpapar sinar UVA dan UVB dalam jangka panjang bisa memicu kanker kulit lho, Bela. Itulah sebabnya, kamu harus memilih produk sunscreen yang mencantumkan label ‘broad-spectrum’ pada kemasannya.

Selain menangkal radiasi UV, sunscreen yang memiliki label ‘broad-spectrum’ juga dapat memberikan perlindungan kulit dari penuaan dini dan kanker kulit. Nah, salah satu produk sunscreen berlabel ‘broad-spectrum’ adalah Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28.

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 merupakan broad-spectrum sunscreen dengan kandungan Mexoryl® SX yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UVA/UVB secara optimal dan menyeluruh. Mau tahu kelebihan lain dari produk ini? Keep scrolling, Bela!

2. Perhatikan kadar SPF dan PA sunscreen

Freepik/Vesnushka-Art

Bela. Yap, SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA)! SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang menyebabkan sunburn. Sedangkan, PA atau berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini.

Produk sunscreen yang beredar di pasaran memiliki kandungan SPF dan PA yang beragam, mulai dari yang terendah hingga tertinggi. Semakin tinggi nilai SPF yang tercantum pada sunscreen, maka semakin lama pula perlindungannya. Sementara, semakin banyak simbol plus (+) pada PA, maka semakin tinggi tingkat proteksinya.

Misalnya, sunscreen dengan SPF 15 bisa menahan sekitar 93% sinar UVB, sementara yang memiliki SPF 30 dapat menahan sekitar 97% sinar UVB, dan yang mengandung SPF 50 mampu menahan sekitar 98% sinar UVB.

Dok. Cetaphil Indonesia

Jika aktivitas Bela lebih banyak di dalam ruangan, Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++ bisa jadi opsi nih. Sesuai namanya, pelembap ini mengandung SPF 15 dan PA++ yang mampu membantu melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UVA dan UVB.

Tapi kalau Bela memerlukan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi untuk beraktivitas di luar ruangan, Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 adalah pilihan yang tepat. Selain mengandung SPF 50, sunscreen ini juga bisa dipakai untuk wajah dan seluruh tubuh.

3. Sesuaikan dengan jenis kulit

Freepik/user24964687

Penting banget untuk menyesuaikan jenis kulitmu ketika memilih sunscreen ya, Bela. Misalnya, kalau kamu memiliki jenis kulit kering, pilihlah sunscreen yang juga berfungsi sebagai pelembap untuk membantu melembapkan kulit wajah.

Atau jika kulitmu berminyak, sunscreen berbentuk gel lebih disarankan karena memiliki bahan dasar air. Sementara untuk kulit sensitif, ada baiknya memilih produk yang bebas pewangi karena dapat memicu iritasi.

Seperti dua produknya Cetaphil nih Bela, yaitu Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++ dan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28. Kedua produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif karena formulanya hipoalergenik dan tidak ada tambahan pewangi.

Selain itu, tekstur Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++ dan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 yang berbentuk gel membuat produknya lebih mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket dan residu, serta tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic).

4. Pilih yang sudah teruji secara dermatologi

Image by Lifestylememory on Freepik

Last but not least, pastikan sunscreen sudah teruji secara dermatologi ya. Ini adalah cara yang paling tepat dalam memilih sunscreen, apalagi untuk Bela yang punya kulit sensitif, berjerawat, atau berminyak.

Biasanya, sunscreen yang sudah teruji dermatologi dipastikan tidak akan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Seperti Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++ dan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28. Keduanya sudah teruji secara dermatologi, jadi aman banget deh untuk Bela yang kulitnya sensitif, berjerawat atau berminyak.

5. Tips menggunakan sunscreen

freepik.com/lookstudio

Itu tadi beberapa hal yang harus Bela perhatikan sebelum memilih produk sunscreen yang tepat. Popbela juga sudah kasih rekomendasi produk dari Cetaphil juga, ‘kan? Tapi kayaknya kurang lengkap ya kalau Popbela nggak kasih tips pakai sunscreen yang benar. Simak yuk!

  • Aplikasikan sunscreen 15-30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Gunakan sesuai takaran yang cukup. Untuk area wajah dan leher, kamu bisa pakai sebanyak dua ruas jari.
  • Gunakan di atas pelembap.
  • Ulangi penggunaan sunscreen setiap 2 jam sekali.

Tuh, udah Popbela spill ‘kan tips-tipsnya. Eits, jangan lupa juga untuk checkout dua produk Cetaphil ini, Bela:

  • Daily Facial Moisturizer SPF 15/PA++: Rp250.000
  • Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28: Rp376.000

Kedua produknya bisa kamu beli di Shopee, Tokopedia, dan website Cetaphil Indonesia. Pokoknya mulai sekarang nggak ada alasan untuk malas pakai sunscreen lagi ya! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Skin