Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Wajah Bebas Jerawat

Batasi konsumsi nomor 4 ya!

Arnintya Juninda

Bela, sebagai perempuan kita harus memerhatikan pola makan agar nutrisi tetap sesuai kebutuhan dan tidak menjadi penyakit untuk tubuh kita. Salah satu masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh makanan adalah masalah pada kulit, dan yang paling populer adalah masalah jerawat.

Jerawat bisa saja timbul akibat dari reaksi tubuh kita terhadap makanan yang kita konsumsi. Biasanya hal ini terjadi karena adanya kandungan pada makanan yang membuat kulit mengalami inflamasi, itulah yang disebut dengan jerawat. Karena hal ini penting bagi kesehatan kulit, khususnya bagi yang memiliki kulit mudah berjerawat ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari, Bela!

1. Makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi

www.yummly.com

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi menjadi salah satu pemicu dari jerawat yang tak kunjung sembuh. Kadar gula tinggi dapat memicu terjadinya peradangan pada kulit sehingga menghasilkan jerawat. Sebaiknya apabila kulitmu mudah berjerawat, hindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. Batasi makanan manis seperti cake da minuman kemasan.

2. Produk olahan susu non-organik

www.standard.co.uk

Pasalnya produk olahan susu non-organik seperti keju dan mentega adalah berasal dari hewan ternak yang sudah disuntikan hormon. Hormon yang telah disuntikan biasanya terbawa di dalam daging dan susu. Kelebihan hormon ini dapat memicu jerawat yang sulit dihilangkan.

3. Minuman mengandung kafein

www.gazettenet.com

Kalau kamu penggila minuman yang mengandung kafein, kamu harus mengurangi dahulu mengonsumsi kafein. Ternyata konsumsi kafein berlebih dapat memicu ketidakseimbangan hormon dimana akan memicu jerawat untuk lebih banyak lagi tumbuh.

4. Makanan cepat saji

www.medicalnewstoday.com

Ini adalah hal yang mungkin sedikit sulit dihindari, yaitu mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji biasanya memiliki kadar lemak yang cukup tinggi hingga dapat menyumbat pori-pori hingga ke lapisan paling luar kulit sehingga menimbulkan jerawat.

5. Makanan yang terlalu pedas

www.gazettenet.com

Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas ternyata dapat memicu jerawat lho! Biasanya, makanan yang memiliki kadar pedas terlalu tinggi pun disertai dengan kandungan minyak tinggi. Selain itu, makanan pedas dapat mengakibatkan panas dalam dimana terjadi peradangan pada kulit yang dapat memicu jerawat yang tak kunjung sembuh. Coba dikurangi ya, Bela!

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman yang harus kamu hindari apabila saat ini sedang berjerawat. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Skin