Mungkin bagi kamu yang yang masih berusia muda, mengaplikasikan makeup tentu sangat mudah tanpa ada hambatan. Namun, bagi perempuan yang sudah berusia lanjut, ada beberapa penghalang terbesar saat akan merias wajah seperti garis halus, kerutan, bintik hitam, kulit semakin kering dan tekstur kulit yang kasar sehingga sulit untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless. Untuk itu, Popbela akan memberikan solusinya dengan merangkum 7 cara mengaplikasikan makeup yang tepat untuk kulit menua agar tampak flawless. Simak terus artikelnya ya Bela!

1. Menyiapkan kulit dengan menggunakan skincare

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuacheatsheet.com

Sebelum kulit tersentuh oleh makeup, skincare memang menjadi kunci makeup flawless bagi semua usia. Namun, untuk kulit yang semakin menua, butuh kelembapan yang lebih maksimal. Pilih moisturizer dan serum berbahan dasar oil yang dapat menghidrasi kulit, saat mengaplikasikan jangan lupa memijat lembut area wajah untuk membuat kulit lebih kenyal dan fokus pada area yang paling membutuhkan hidrasi seperti bawah mata, ujung bibir dan dahi.

2. Temukan primer yang tepat

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuarejuvage.com

Setelah menggunakan skincare, jangan lupa untuk menggunakan primer. Tapi, jangan sampai salah memilih jenis primer ya. Hindari primer yang mengontrol minyak atau yang membuat tampilan wajah matte karena dapat memperjelas garis halus wajah. Pilih yang juga dapat menghidrasi dengan sempurna.

3. Cari foundation yang dapat melembapkan

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuagoodhousekeeping.com

Saat memilih foundation, pilih produk yang memiliki hasil akhir dewy dan memiliki kandungan yang dapat melembapkan kulit. Foundation jenis ini dapat menjaga makeup tetap awet pada wajah yang menua. Untuk pemilihan skintone, disarankan untuk memilih foundation dengan warm undertone yang dapat membuat wajah tampak lebih muda.

4. Atur tingkat coverage menjadi lebih natural

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuayoutube.com

Saat mengaplikasikan foundation dan concealer, sebaiknya gunakan secara menipis saja untuk menghindari hasil makeup yang cakey karena dapat menampilkan garis halus pada wajah. Dengan sedikit foundation dan concealer saja, hasil makeup akan tampak lebih memukau.

5. Gunakan sponge dalam mengaplikasikan makeup

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuamegoonthego.com

Untuk membantu dalam menciptakan hasil foundation yang natural, sebaiknya gunakan sponge saat mengaplikasikannya. Dab secara perlahan dengan lembut agar hasil makeup sangat flawless. Hindari penggunaan brush yang dapat membuat tekstur makeup menjadi lebih kasar.

6. Hati-hati dalam menggunakan bedak

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuasmoochmakeup.com

Menggunakan bedak pada tahap akhir memang sangat penting karena membuat makeup lebih tahan lama. Namun, berhati-hatilah saat mengaplikasikannya. Pakai bedak tabur yang halus dan cukup di tap-tap secara halus dan lembut, hindari menggunakan bedak padat dengan porsi yang banyak.

7. Hindari penggunaan highlighter berlebihan

7 Cara Mengaplikasikan Makeup Pada Kulit yang Menuahttpcoveteur.com

Highlighter memang dapat memperlengkap tampilan makeup, namun tak semua kulit bisa memakainya. Terlebih bisa menjadi musuh untuk kulit yang menua, alih-alih membuat kulit glowing, partikel glitter-nya malah membuat tekstur kulit semakin terlihat jelas.

Jadi, itu dia 7 kunci untuk mendapatkan makeup flawless pada kulit yang menua, jangan lupa ya Bela!

Baca Juga: Ini 5 Tips agar Kamu Tak Salah Memilih Skincare