Virus corona telah mencuri perhatian publik sejak muncul untuk kali pertama pada Desember tahun 2019 lalu. Hingga kini, pasien yang positif mengidap virus berbahaya ini kian meningkat dan telah merenggut ribuan jiwa. Beberapa waktu lalu, WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemik global. Tentu saja, hal ini berimbas ke dalam beberapa industri. Salah satunya adalah industri kecantikan. 

Salah satu yang terkena dampaknya adalah Make Up Artist. Oleh karena itu, Popbela berhasil mewawancara Bubah Alfian. Dihubungi pada Jumat (20/3) lalu, ia ikut buka suara mengenai dampak virus corona terhadap pekerjaannya sebagai makeup artist

Lelaki kelahiran 32 tahun lalu ini juga mengaku bahwa virus ini membuatnya panik dan menjadi lebih waspada.

“Jujur saya dalam hati panik banget, terlebih aku orangnya panikan. Tapi berusaha untuk tetap tenang. Saya juga sudah konsultasi dengan teman-teman dokter, untuk menangani hal ini. Dan mereka bilang kita untuk di rumah saja, walau sehat pun harus tetap tinggal di rumah agar tidak tertular".

Sebagai public figure yang memiliki lebih dari 900 ribu pengikut di Instagram, Bubah juga terus mengedukasi para followers-nya untuk dapat berkontribusi mencegah virus mematikan ini. 

“Saya pun sering banget posting di Instagram saya, bagaimana cara menanggulangi corona ini" jelasnya lewat pesan singkat.

Terkena Dampak Virus Corona, MUA Ternama Ini Angkat Bicara instagram.com/bubahalfian

Merebaknya virus corona membuat banyak sekali event atau wedding yang harus ditunda hingga waktu yang belum ditetapkan. Dan salah satu yang terkena imbasnya adalah MUA.

“Dampak yang paling berasa bagi saya adalah banyak banget event yang cancel, wedding di cancel atau diundur sampai waktu yang belum ditentukan. Buat saya sendiri walaupun event nya diundur atau dijadikan dua hari, saya tidak menambahkan biaya. Karena saya sadar bahawa ini adalah bencana alam. Anggapnya musibah."

Terkena Dampak Virus Corona, MUA Ternama Ini Angkat Bicara instagram.com/bubahalfian

Menyikapi pandemik global ini, ternyata Bubah sudah cukup waspada. Selain terus menjaga kesehatan, ia juga sudah mulai mempersiapkan dari segi finansial. Menurutnya, virus corona akan memengaruhi sektor ekonomi

“Kalo saya liat sekarang pemerintah serba bingung, kalo di lockdown mungkin akan terjadi kerusuhan, makanan susah didapat dan juga ekonomi anjlok. Saya pun harus sudah siap-siap untuk merogoh tabungan karena hal ini. Udah siap nggak kerja sampai entah kapan."

Terkena Dampak Virus Corona, MUA Ternama Ini Angkat Bicara instagram.com/bubahalfian

Dalam situasi genting seperti ini, ternyata beberapa acara harus tetap berlangsung. Dan membuat Bubah untuk tetap profesional menjalankan profesinya. Tidak seperti biasanya, kali ini ia ekstra berhati-hati ketika merias para kliennya. 

"Saya menggunakan sarung tangan, masker, minum vitamin, minum air mineral yang banyak dan pastikan klien saya dalam keadaan yang sehat. Dan semua peralatan makeup saya bersihkan”

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa durasi selama proses merias menjadi lebih singkat. Hal ini harus ia lakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19 ini. 

"Dan ketika proses merias tidak terlalu banyak mengobrol seperti biasa. Jadi lebih cepat-cepat aja. Biasanya satu jam, sekaramg 30 menit selesai. Jadi yang penting cepat selesai. Klien pun pasti merasakan yang sama, deg-degan juga kan."  ujar lelaki yang pernah merias Tyra Banks tersebut.  

Terkena Dampak Virus Corona, MUA Ternama Ini Angkat Bicara instagram.com/bubahalfian

Dalam kesempatan ini, Bubah juga ikut menyampaikan pesan untuk para teman-teman Make Up Artist yang masih harus bekerja. Menurutnya, semuanya harus terus memerhatikan kesehatan dan kebersihan alat rias. 

“Pesan saya untuk teman-teman MUA, jaga kebersihan jaga tubuh, jangan panik tetapi tetap waspada. Dan ini wajib ya, brush sekali pakai langsung cuci, kalau bisa kita sediakan beberapa set brush, please sediakan spons sekali pakai dan jangan gunakan beauty blender. Terus juga sediakan banyak tisu, hand sanitizer, kalo nggak ada lebih baik cuci tangan, pakai masker, sarung tangan, jangan terlalu banyak menyentuh wajah klien jika tidak menggunakan sarung tangan. Kalian bisa atasi ini dengan melapisi spons bedak. Jika mengaplikasikan lipstik, pakai kuas tambahan. Jangan langsung dari kuas lipstiknya itu ke bibir klien. Dan kalo makeup nggak usah terlalu lama, konsen aja jangan terlalu banyak ngobrol, terlebih saat-saat seperti ini." 

Nah, itu dia obrolan singkat Popbela dengan Bubah Alfian. Ternyata, virus corona ini juga berdampak ke berbagai sektor ya. Oleh karena itu, yuk selalu jaga kesehatan kamu dan pastikan tetap jaga jarak dengan orang lain. Stay healthy, Bela! 

Baca Juga :

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor 
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona