Setiap orang pasti memiliki pemikirannya tersendiri jika ditanya tentang beauty standard atau standar kecantikan. Jika pada jaman dahulu standar kecantikan pada seseorang haruslah memiliki kulit yang putih, mulus, badan yang ramping, dan tinggi. Maka, menurut TBM Yudi, saat ini hal tersebut sudah tidak lagi relevan.

TBM Yudi adalah seorang fashion stylist yang sudah lama bekerja di bidang fashion. Menurutnya, saat ini setiap orang sudah memiliki standar kecantikan tersendiri yang tentu saja beragam dan tidak ada pakem-pakem tertentu seperti yang terjadi pada era 1990-2000an.

Mulai diverse dan mulai mengerti dan mulai tahu sebenarnya standarnya untuk tiap orang itu berbeda-beda gitu lho,” ucap Yudi.

Ditemui di acara Judges Gathering Beauty Awards 2022 beberapa waktu lalu, TBM Yudi membeberkan beauty standard versi dirinya. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cantik itu campuran inner and outer beauty

Beauty Standard Versi TBM Yudi, Kombinasi Inner & Outer BeautyDok. Popbela

Dalam kesempatan kali itu, Yudi menjelaskan jika arti cantik menurutnya adalah campuran antara inner beauty dan outer beauty, keduanya harus seimbang, inner beauty sendiri yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam, seperti kebaikan hati seseorang. Sedangkan outer beauty adalah kecantikan yang terpancar dari luar, seperti keindahan fisik.

Nggak cuma dari luar doang cantik, tapi ternyata secara behavior sama intelektual itu nggak sinkron gitu mungkin, percuma kan, attitude juga penting kayak hati juga penting,” ucapnya.

Yudi juga menambahkan jika seseorang cantik secara fisik tetapi hatinya tidak baik, maka dia tidak akan memiliki sikap yang positif. Itu tidak akan berarti apapun karena akan menjadikan seseorang menjadi toxic.

2. Media sosial adalah dunia tipu-tipu

Beauty Standard Versi TBM Yudi, Kombinasi Inner & Outer BeautyDok. Popbela

Menurut Yudi, media sosial memiliki pengaruh yang sangat tinggi untuk membuat seseorang menjadi insecure. Meski tak bisa diukur secara pasti, tapi menurutnya pengaruh media sosial mencapai 95 persen. Pasalnya, kini setiap orang mempercayai media sosial yang kemudian membuatnya tanpa sadar membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Social media is not a real world, ya. Itu tuh maksudnya dunia tipu-tipu, dunia fana gitu, tapi terkadang, ya, nggak bisa dipungkiri juga pasti akan compare gitu, banding-bandingin,” ucap sang fashion stylist.

3. Berdamai dengan diri sendiri agar tidak insecure

Beauty Standard Versi TBM Yudi, Kombinasi Inner & Outer BeautyDok. Popbela

Tak bisa dipungkiri, meski sudah sukses seperti sekarang ini, TBM Yudi juga pernah merasakan apa itu tidak aman. Baik itu secara fisik, mental atau apapun itu. Tapi, cara untuk mengatasi rasa insecure tersebut adalah dengan menerima jalan yang sudah ditentukan.

Kamu harus menerima arusmu, kayak kalau udah berdamai dengan diri sendiri, apapun itu semuanya berjalan lancar ,” kata Yudi.

Yudi juga menambahkan, kita harus menggunakan media sosial dengan bijak. Jika hal tersebut hanya digunakan untuk mengembangkan satu sama lain, maka tidak akan ada habisnya. Karena, media sosial tidak akan menjadi validasi untuk seseorang.

4. Pentingnya self love dan tidak membandingkan diri dengan orang lain

Beauty Standard Versi TBM Yudi, Kombinasi Inner & Outer BeautyDok. Popbela

Bagi Yudi, self love adalah suatu hal yang penting untuk membuat seseorang agar tidak lagi merasa insecure. Karena sejatinya, setiap orang memiliki kekurangan dan tidak bisa dibandingkan dengan orang lain.

Cinta diri sendiri, kenali diri sendiri, kenali nilaimu, sebenarnya jangan membandingkan dirimu satu sama lain karena setiap orang punya kelemahan sih kalau menurut aku ,” ucap Yudi.

Pertama kamu harus menerima dirimu sendiri, betapa sulitnya ya apapun itu, yang kayak nggak bisa membandingkan namanya sendiri dengan orang lain, itu nggak akan ada habisnya. Kamu harus berdamai dengan diri sendiri. Cinta diri itu penting banget terus jangan bandingkan dirimu, terus sama ya sudah, ikut arus aja gitu ,” tambahnya.

5. Bijak bermain media sosial

Beauty Standard Versi TBM Yudi, Kombinasi Inner & Outer BeautyDok. Popbela

Yudi juga kembali menekan bahwa semua yang ada di media sosial itu tidak nyata. Dia meminta agar setiap orang bisa bijak menggunakan media sosial. Harus pintar dalam memilih dan menyaring apa yang dilihatnya.

(Yang ada di sosmed) itu tidak nyata. Apa yang Anda lihat di media sosial, itu tidak nyata. Jadi kayak harus pinter-pinter aja memilah apa yang dilihat di media sosial gitu. Karena biar bijak dan pinter aja memilah mana yang harus di filter kehidupan nyata mana yang kaya itu hanya untuk kepentingan media sosial gitu ,” pungkasnya.

TBM Yudi menjadi salah satu juri yang turut berperan dalam memilih brand beauty terbaik di ajang Popbela Beauty Awards 2022. Popbela Beauty Awards 2022 akan diumumkan dalam rangkaian acara BeautyFest Asia 2022.

Baca Juga: #IAMREAL: Aveline Agnes, Jadi Diri Sendiri & Dobrak Standar Kecantikan

Baca Juga: #IAMREAL: Wiendy Nathalia dan Perjalanannya Jadi Model Plus Size

Baca Juga: #IAMREAL: Alpha Makeup Blak-Blakan Soal Profesi Jadi Beauty Vlogger