Untuk mendapatkan penampilan yang memesona, bukan hanya bibir dengan pulasan lipstik yang menggoda atau alis yang on fleek, kompleksi wajah yang flawless juga tentunya tidak boleh ketinggalan. Salah satu yang harus diperhatikan untuk mendapat riasan yang mulus adalah pemilihan bedak, karena beda jenis bedak beda pula fungsinya. Nah, agar tidak salah pilih, yuk simak jenis dan fungsinya di bawah ini. Keep scrolling!

1. Bedak Padat (Compact Powder)

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahubeautyale.com

Bedak yang satu ini memiliki kemasan yang praktis sehingga pas untuk dibawa berpergian. Kandungan minyak sekaligus pelembap di dalamnya membuat bedak ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering. Selain itu, jika kamu perlu melakukan touch up, compact powder adalah pilihan yang tepat.

2. Bedak Tabur (Loose Powder)

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahumixwellness.com

Biasanya, bedak yang dikemas dalam jar ini memiliki butiran yang sangat halus sehingga membuat wajah jadi lebih lembut. Karena masih berbentuk bubuk, bedak ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Untuk hasil yang natural, gunakanlah powder brush agar hasilnya lebih merata di seluruh wajah.

3. Bedak Two-way Cake

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahuflipkart.com

Yang satu ini juga dikemas dalam bentuk compact powder. Bedanya, bedak two-way cake merupakan campuran antara bedak dan foundation. Bedak ini bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin tampil flawless dalam waktu singkat. Tapi, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari jenis bedak ini yah.

4. Translucent Powder

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahuamazon.com/ofracosmetics.com

Sudah tidak asing lagi dong dengan jenis yang satu ini? Translucent powder merupakan bedak yang biasanya digunakan sebagai setting powder atau untuk mengunci foundation atau concealer agar tetap pada tempatnya. Warnanya transparan sehingga tidak akan memberi coverage pada wajah. Namun, bedak yang satu ini mampu membuat wajah jadi terlihat matte alias bebas kilap.

5. Mineral Powder

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahuamazon.com

Mineral powder tersedia dalam bentuk padat atau tabur. Sesuai namanya, yang membedakan bedak ini adalah kandungan mineral di dalamnya seperti zinc oksida atau titanium ksida. Kandungan inilah yang membuat wajah terlihat mulus tanpa membuat pori-pori kesulitan bernapas.

6. Bedak Cair (Liquid Powder)

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahumakeupalley.com

Nope, ini bukan foundation. Bedak cair bisa jadi base makeup untuk kamu yang menginginkan riasan yang mulus tapi tetap terkesan natural. Agar tidak terlihat belang, gunakan secara tipis dan baurkan dengan jari.

7. Finishing Powder

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahuculbbeauty.com/makeupalley.com

Finishing powder biasanya dipakai terakhir setelah mengaplikasikan setting powder. Selain untuk membuat riasan jadi tahan lama, bedak ini juga bertujuan untuk menyamarkan garis halus serta pori-pori pada wajah sehingga riasan terlihat sempurna.

Itu tadi tujuh jenis bedak dan fungsinya. Pastikan kamu menggunakannya sesuai kebutuhan yah, Bela!

BACA JUGA: 8 Tips Mudah Belajar Make Up untuk Pemula​