Makeup dan skincare, dua benda kecantikan yang nggak bisa lepas dari kehidupan wanita, bahkan pria. Sesuai dengan kategorinya, produk-produk ini memang dikhususkan untuk memancarkan keindahan wanita dan menjaganya tetap sehat selalu. Namun tahu nggak sih, kalau makeup dan skincare juga berdampak baik untuk kesehatan jiwa kita, loh?

Nah, dilansir dari SheKnows, ada berbagai komentar dari situs Reddit yang menyadari bahwa makeup dan skincare dapat memberikan dukungan pada kesejahteraan emosional. Bagaimana cara kerjanya, ya, Bela? Simak pengalaman 5 orang di bawah ini yuk!

5 Pernyataan Ini Buktikan Jika Makeup Bisa Jadi Pelepas Stres
 

"Perawatan diri sendiri dengan rutinitas skin care dan peningkatan kepercayaan diri dengan menyapukan eyeshadow pada mata, membuatku merasa lengkap. Aku punya masalah pada kesehatan mental (depresi/kecemasan) dan dua hal ini jadi cara terbaik untuk menyenangkan diri sendiri," ungkap user AmyPond808.

5 Pernyataan Ini Buktikan Jika Makeup Bisa Jadi Pelepas Stres
 

"Aku mengalami depresi berat dan menderita sakit kronis. Biasanya aku selalu kesulitan mencari motivasi untuk menghilangkan tiap pikiran negatif. Mengenal makeup membantuku melewati itu semua. Terkadang aku merasa frustasi dengan tanganku yang mudah gemetar dan tidak bisa memakai eyeliner, namun pujian yang didapatkan setelahnya terasa sangat berharga," ujar user Tikappu-kitsune.

5 Pernyataan Ini Buktikan Jika Makeup Bisa Jadi Pelepas Stres
 

"Dulu, sangat sulit bagiku untuk menerima sisi feminin ada diri sendiri. Perjalanannya sangat panjang sampai kini aku merasa nyaman dengan kulitku, dan mencoba makeup termasuk dalam perjalanan itu," tutur user Pomme_dor.

5 Pernyataan Ini Buktikan Jika Makeup Bisa Jadi Pelepas Stres
 

"Lima belas menit setiap pagi saat aku mengaplikasikan makeup jadi me time singkat bagiku sebelum memulai hari. Aku dapat memanjakan diri sendiri dan berkresasi dengan berbagai warna dan tampilan akhir. Juga ketika tahu hari itu akan terasa berat, aku akan meningkatkan kepercayaan diri dengan membuat penampilan sedikit dramatis," ungkap user Klar971.

5 Pernyataan Ini Buktikan Jika Makeup Bisa Jadi Pelepas Stres
 

"Makeup secara pasti membantuku menghadapi rasa cemas dan depresi. Pikiranku selalu terhubung pada hal-hal yang mencemaskan atau negatif, dan mengaplikasikan makeup untuk bersenang-senang menjadi momen aku bisa melepaskan itu semua," jelas user Gudegudegg.

Ternyata, selain memancarkan kecantikan dan kesehatan wajah, makeup dan skincare juga membantu merawat kebaikan jiwa kita, Bela. Apa ada yang merasakan hal sama seperti teman-teman Reddit di atas?

Baca Juga: Foto-foto Ini Tunjukkan Jika Makeup Punya yang Efek Dashyat