Tua itu pasti, dewasa itu pilihan. Tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, dan flek-felk hitam tidak bisa kita hindari. Perlahan tapi pasti, tanda-tanda itu pasti akan muncul seiring betambahnya usia. 

Banyak perempuan yang memilih makeup untuk menutupi kekurangan pada wajahnya, termasuk untuk menutupi kerutan. Nah, agar kekurangan tersebut dapat tersamarkan dengan sempurna coba simak tipsnya berikut ini yuk!

1. Jangan pernah skip moisturizer

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahcetaphil.sg

Sebelum sibuk melakukan serangkaian produk makeup untuk mempercantik dirimu, jangan pernah lupa untuk menggunakan pelembap. Sesuaikan jenis pelembap dengan jenis kulitmu. Gunakan pelembap walau kamu tidak berencana keluar rumah sekalipun. Jika wajahmu telah terhidrasi, bukan hanya kerutan saja yang dapat tersamarkan, tetapi juga akan membuat makeup-mu terlihat lebih halus. 

2. Gunakan primer berbahan dasar silicone

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahvanityclaire.com

Primer adalah senjata paling ampuh yang digunakan orang-orang dalam ber-makeup. Dengan menggunakan primer, pori-porimu akan terisi, kulit terasa lebih halus dan lembut, dan membuat kulit lebih siap untuk di-makeup. Primer berbahan dasar silicone cenderung lebih cepat meresap di kulit dan tidak meninggalkan efek lengket. Gunakan primer setelah seluruh rangkaian skincare-mu selesai namun sebelum menggunakan makeup

Aplikasikan secara merata pada wajah menggunakan jari tangan. Jumlah produk yang kamu butuhkan cukup sebesar biji jagung di titik-titik tertentu pada wajah seperti pada dagu, pipi, tengah dahi, dan hidung. Ketahui juga area-area yang pori-porinya besar pada wajahmu dan aplikasikan prim​er pada area tersebut. 

3. Kurangi penggunaan foundation

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahmakeup.com

Untuk menutupi kerutan di wajahmu, jangan gunakan foundation yang terlalu tebal karena hal itu justru akan mempertegas garis halus dan kerutan di wajahmu. Produk akan masuk mengisi celah pada kerutan dan membuatnya terlihat semakin jelas. Ketika mengaplikasikan foundation pada wajahmu gunakan juga spons lembap agar dapat memberi hasil yang sheer dan flawless. 

4. Tidak lagi menggunakan bedak

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahadorebeauty.com

Jika kerutan wajahmu sudah semakin terlihat, mungkin ini saatnya untuk menghapus bedak dari makeup routine-mu. Bedak cenderung akan mengendap dan menumpuk pada garis-garis halus dan kerutan kulit. Dampaknya, kulit akan terlihat semakin tidak baik. 

Tidak ada salahnya untuk mencoba melepaskan diri dari bedak. Jika kamu benar-benar butuh bedak untuk menahan minyak, kamu bisa mencoba mengaplikasikan bedak di area yang sangat berminyak pada wajahmu dan pilih bedak yang khusus dapat bekerja untuk menahan minyak. 

5. Maksimalkan penggunaan blush on

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahtimekuwait.com

Alihkan pandangan orang pada kerutan di wajahmu ke pipimu yang merona. Sapukan blush on dengan warna cerah sehingga membuat tampilanmu terlihat fresh dan muda. Jangan ragu untuk menambahkan highlighter di atas blush on untuk membuat tulang pipimu semakin menonjol. 

Hindari mengaplikasikan blush lebih rendah dari lubang hidung karena hal itu justru menarik wajahmu ke bawah dan dapat membuat kamu tampak lebih tua. Sedangkan mengaplikasikan blush terlalu tinggi, seperti di atas tulang pipi, akan terlihat tidak alami. Tersenyumlah dan apilkasikan blush tepat pada apple of your cheeks. 

6. Bibir yang sempurna

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahhealthybdaily.com

Sama halnya dengan wajah, sebelum mengaplikasikan lipstik ada baiknya jika kamu menggunakan primer pada bibir. Gunakan lip balm sebagai primer bibir agar bibir terasa lebih lembap, lembut, dan membuat lipstik dapat bertahan lebih lama. Setelah itu, bingkai bibirmu dengan lip liner agar lipstik dapat diaplikasikan dengan rapi terlihat sempurna. Agar garis-garis halus pada bibir tidak terlihat, coba pilih lipstik dengan hasil satin atau glossy.

7. Perhatikan juga leher

7 Tips Makeup yang Dapat Menyamarkan Kerutan di Wajahdrimami.com

Yang perlu diperhatikan selain wajah adalah lehermu yang juga akan mengalami penuaan. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan dan merawat lehermu juga. Percuma saja jika kamu berusaha sangat maksimal untuk menutupi kerutan dan garis-garis halus pada wajahmu namun kerutan pada lehermu justru terlihat sangat jelas. Saat merawat kulit wajahmu, jangan lupa aplikasikan krim-krim tersebut hingga ke leher. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk perawatan khusus untuk lehermu. 

Baca Juga: 5 Bahan dalam Krim Wajah Yang Bikin Kamu Awet Muda