Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mencegah Infeksi Mata Walau Sering Menggunakan Makeup

Biar matamu sehat terus!

Popbela.com

Dilihat sebagai kebutuhan, banyak perempuan yang tidak pernah bisa lepas dari makeup. Walaupun tidak semua orang menggunakannya setiap hari, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa makeup mata dapat membuat reaksi alergi hingga menyebabkan infeksi. Tapi jangan khawatir Bela, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah infeksi mata. Mau tahu gimana caranya? Simak artikel berikut ini ya, bela!

1. Perhatikan masa berlaku produk

wrike.com

Pada setiap produk tertera expired date yang menunjukan batas waktu produk tersebut aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Khusus makeup, ada juga tanda seperti angka 3,6,12,dan lainnya yang merupakan keterangan berapa lama produk tersebut baik digunakan setelah dibuka. Jika kamu memaksakan diri untuk menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa, akan ada berbagai risiko kesehatan yang mengancammu.

2. Jangan digunakan bersamaan dengan orang lain

independent.co.uk

Bukannya bermaksud pelit dan tidak mau berbagi, tapi khusus makeup, akan sangat berbahaya jika kamu menggunakan satu produk yang sama dan saling meminta atau meminjam. Jika terpaksa menggunakan produk yang sama, usahakan menggunakan aplikator yang berbeda antara kamu dan temanmu.

3. Jangan pernah tidur sebelum membersihkan makeup

lorealparisusa.com

Setelah mengaplikasikan berbagai warna eyeshadow, eyeliner, dan maskara jangan pernah malas dan lupa untuk membersihkannya sebelum tidur. Hapus semua makeup matamu dengan makeup remover khusus mata yang biasanya mengandung minyak untuk memudahkan menghapus makeup. Bersihkan dengan gerakan yang lembut dan jangan terlalu menekan mata.

4. Perhatikan komposisi dan reaksi makeup

barelytherebeauty.com

Berbagai brand makeup berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk terbarunya. Setiap muncul produk makeup terbaru, pasti rasanya tidak sabar untuk mencobanya ya, Bela. Namun kamu harus berhati-hati dalam mencoba produk-produk tersebut. Apalagi jika kamu memiliki mata yang cukup sensitif. Perhatikan kandungan yang ada di dalam produk dan reaksi yang terjadi pada mata setelah kamu menggunakan produk tersebut. Jika terjadi indikasi yang tidak baik, segera konsultasikan ke dokter.

5. Berhenti memegang mata

lorealparisusa.com

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling banyak bakterinya. Berbagai macam benda disentuh oleh tangan sepanjang hari. Handphone, laptop, pintu, hingga makeup brush-mu bersentuhan langsung dengan tangan. Kebayang kan berapa banyak bakteri yang ada pada tangan? Oleh karena itu, jangan pernah menyentuh mata dalam kondisi apapun, terlebih jika sedang memakai makeup mata. Pastikan kamu telah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang mata.

Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, Bela? Semoga artikelnya bermanfaat!

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

IDN Media Channels

Latest from Make Up