Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Standar Kecantikan Unik di Berbagai Negara, Bikin Geleng Kepala

Nomor 5 bikin shock!

Arnintya Juninda

Pada dasarnya setiap perempuan itu cantik dengan berbagai keunikannya. Namun, seiring perkembangan jaman, standar kecantikan berbeda-beda pun muncul membuat definisi cantik itu terfokus pada standar yang telah ditentukan.

Setiap negara pun kini memiliki tren kecantikan berbeda yang sering digunakan sebagai standar kecantikan. Ingin tahu apa saja standar kecantikan unik di berbagai negara? Baca artikel ini sampai habis!

1.Korea Selatan – Wajah ‘V’ Shape

scmp.com

Korea Selatan kini menjadi salah satu kiblat tren kecantikan. Memiliki kulit putih, mulut dan penggunaan makeup yang terlihat natural adalah beberapa ciri khas tren kecantikan yang dimiliki para perempuan di Korea Selatan. Selain itu, tren bentuk wajah ‘V’ juga menjadi salah satu tren kecantikan di Korea Selatan. Untuk mendapatkan tampilan wajah ‘V’ shape ini, perempuan Korea Selatan rela merogoh kocek untuk melakukan operasi plastik atau perawatan kecantikan.

2. Myanmar – Leher Panjang

asia.nikkei.com

Di negara Myanmar, leher panjang adalah salah satu tren kecantikan unik. Menurut orang Kayan yang tinggal di Myanmar, leher panjang adalah lambang dari kesejahteraan dan kecantikan. Itu sebabnya sejak usia 5 tahun, banyak gadis-gadis di Myanmar yang sudah menggunakan kalung kuningan. Bentuk kalung yang digunakan adalah seperti cincin yang akan bertambah setiap tahunnya. Namun, karena penggunaan kalung ini, banyak orang yang mengeluhkan merasakan rasa tidak nyaman dan susah menoleh saking semakin tingginya setiap tahun kalung kuningan yang digunakan.

3. Selandia Baru – Tato Wajah

vice.com

Di Selandia Baru, tato bukan hanya menjadi sebuah karya seni yang melekat di tubuh namun juga digunakan sebagai standar kecantikan di negara tersebut. Di Selandia Baru, suku Maori yang adalah penduduk asli negara tersebut menggunakan teknik tato yang disebut ta moko guna memberikan identitas dengan warna hitam dan biru di wajah seseorang. Sejak remaja, perempuan dari suku Maori telah menato bagian dagu mereka secara tradisional dan mencoba untuk membuat detail serapih mungkin untuk menunjukan status sosial mereka. Unik banget nggak sih standar kecantikan ini?

4. Jepang – Gigi Gingsul

nydailynews.com

Buat kamu yang punya gigi gingsul tahu nggak kalau di Jepang ini merupakan salah satu standar kecantikan lho! Memiliki gigi gingsul di negara Jepang memberikan kesan seorang perempuan terlihat lebih polos dan juga imut. Gigi gingsul dipercaya oleh penduduk Jepang sebagai simbol kecantikan alami dan masa muda dari seorang perempuan. Jadi sekarang kamu nggak perlu malu ya kalau punya gigi gingsul, karena ternyata di Jepang ini menjadi standar kecantikan lho!

5. Ethiopia – Bibir Lebar

guardian.ng

Standar kecantikan unik lainnya datang dari negara Ethiopia. Seorang perempuan yang sudah mencapai usia yang subur, diwajibkan untuk mencabut 2 gigi depan bawahnya dan membuat tindik pada bibir bawahnya. Kemudian, bagian tindikan ini akan dimasukan tanah liat atau lempengan. Lempeng bibir ini dianggap sebagai penduduk asli Ethiopia yaitu Surma sebagai lambag kedewasaan seorang wanita yang membuat pria tertarik untuk meminangnya.

6. Tiongkok – Kulit Putih Pucat

abcnews.com

Memiliki kulit putih pucat seringkali membuat orang mengira kita sakit, tetapi kalau kamu pergi ke negara Tiongkok hal ini akan dianggap biasa lho! Di negara Tiongkok, standar kecantikan yang cukup unik adalah memiliki kulit putih pucat. Ternyata standar kecantikan ini tidak semerta-merta hadir, namun kembali ke masa lalu dimana warna kulit menjadi salah satu cara menentukan kelas sosial seseorang. Orang dengan kulit gelap dianggap lebih banyak bekerja di bawah matahari.

7. Arab Saudi – Mata Indah

vogue.com

Merasa kalau perempuan berdarah Arab memiliki penampilan yang menawan? Ternyata hal tersebut karena mata mereka yang indah. Perempuan di Arab Saudi tidak terbiasa menampilkan wajah mereka sehingga membuat mereka lebih merawat area matanya. Tidak heran apabila menggunakan makeup, area mata memiliki detail yang sangat indah ya?

IDN Media Channels

Latest from Make Up