Setiap perempuan kerap berlomba-lomba untuk tampil cantik di depan umum.  Siapa yang menolak sih menjadi pusat perhatian karena memiliki paras menawan? Meski bukan satu-satunya daya tarik, kecantikan fisik memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Kepercayaan diri tentu meningkat saat ada yang memuji kita.

Nyatanya, kecantikan fisik merupakan suatu hal yang subjektif. Setiap orang pasti memiliki pandangan dan jawaban yang berbeda-beda bila ditanya definisi cantik menurutnya. Ada yang mengatakan harus tinggi, berkulit putih, berambut panjang atau bahkan kulit eksotis yang bersinar. Di beberapa negara pun bisa memiliki standar kecantikan yang mungkin kamu anggap aneh. Bahkan ada yang menetapkan standar tinggi untuk kecantikan sehingga banyak standar yang tampaknya tidak mungkin tercapai!

The Western World Bombshell

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negaravogue.com

Di belahan dunia bagian barat, banyak media memberitakan wanita yang memiliki rambut sempurna, tubuh bak jam pasir, dan bibir besar sebagai gambaran cantik yang ideal. Untuk menyempurnakan penampilan, mereka cenderung mengenakan riasan bold dengan garis tegas pada bagian rahang dan tulang pipi. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi seperti Beyonce. Ditambah lagi dengan maraknya keluarga Kim Kardashian yang masih menjadi sorotan sebagai perfect beauty. Nggak heran bila perempuan berambut pirang dengan mata biru menjadi tampilan impian di Amerika.

Au Naturel En France

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negarajetss.com

Sedangkan di Perancis, penampilan yang menjadi tren adalah tampilan “I woke up like this”. Hampir setiap perempuan di sana berlomba-lomba untuk menggunakan riasan natural seperti sedang tidak menggunakan makeup. Riasan yang diaplikasikan adalah makeup tipis yang hanya membuat wajah terlihat fresh tanpa terlihat berlebihan. Mereka lebih memilih menginvestasikan wajah dalam bentuk perawatan skincare dan wewangian yang membuatnya terlihat seksi dan menarik. Daripada sekedar fisik dan riasan makeup, orang-orang di Paris lebih mementingkan fashion yang mereka kenakan setiap hari. Tidak heran tempat tersebut menjadi kiblat fashion dibandingkan kecantikannya.

Russian Beauty Standards

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negarawmagazine.com

Perempuan Rusia dianggap cantik apabila memiliki badan yang tinggi langsing dengan mata biru atau hijau cerah. Tidak lupa juga didukung dengan tulang pipi tinggi dan bibir besar yang penuh. Bertolak belakang dengan perempuan Perancis, para perempuan di Rusia cenderung lebih tertarik untuk memperhatikan riasan dibandingkan pakaian yang melekat di badannya. Mereka lebih rela menghabiskan uang mereka untuk membeli berbagai macam produk kecantikan dibandingkan dengan produk fashion loh!

India’s Bollywood Beauty

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negaraflipboard.com

Pada dasarnya, kulit perempuan India cenderung berwarna gelap seperti kebanyakan negara Asia. Sayangnya, berbalik dengan garis keturunan fisiknya, wanita ideal di India justru harus memiliki mata berbentuk almond, hidung yang tajam, rambut hitam yang indah, alis yang gelap, dan kulit yang cerah. Bahkan India memiliki produk pemutih khusus untuk mendapatkan warna kulit yang indah. Namun di sisi lain, beberapa artis Bollywood memiliki kulit hitam yang seksi dan dianggap cantik di Asia Selatan.

Truly Beauty of Indonesia

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap NegaraPopbela.com/Bona Soetirto

Dulu di Indonesia, perempuan cantik digambarkan dengan sosok yang memiliki kulit sawo matang, dagu yang tidak terlalu lancip, batang hidung pendek, postur tubuh agak berisi, dan berambut hitam panjang. Namun, seiring berkembangnya zaman, tren di Indonesia ssemakin mengadaptasi budaya luar. Nggak sediit yang cenderung mengikuti standar kecantikan barat dengan tulang pipi yang tegas, kulit cerah, rambut panjang dan ikal, atau mengikuti riasan Korea yang alami. Padahal, paras kecantikan Indonesia seperti Prisia Nasution, Tara Basro, atau Maudy Koesnaedy justru menjadi favorit banyak orang di luar negeri loh!

Neck Rings In Southeast Asia

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negaraslice.co

Dalam budaya Burma dan Thailand, memiliki leher yang jenjang dan tinggi dianggap sangat indah. Inilah akhirnya yang menjadi alasan mengapa suku Kayan menumpuk gulungan kuningan di leher mereka untuk memberikan ilusi leher yang panjang. Sejak muda mereka akan memakai semacam kalung di leher yang jumlahnya bertambah seiring dengan bertambah usia.  Meski dianggap aneh dan berbahaya, nyatanya kebiasaan ini masih terus berlanjut untuk ‘memaksa’ leher tumbuh lebih panjang dari ukuran sebenarnya.

Korean Beauty Standards

Bukan Hanya Putih, Ternyata Begini Standar Kecantikan di Setiap Negarachannel-korea.com

Terkenal dengan produk skincare-nya, nggak heran bila Korea dianggap sebagai kiblat kecantikan di Asia. Sering coba kan mengikuti rutinitas K-beauty routine untuk merawat kulit wajah untuk tampak seperti perempuan Korea? Meski terlahir dengan mata yang sipit dan hidung yang pesek, namun gambaran cantik ideal di negeri ginseng ini justru memiliki rahang yang runcing berbentuk V, kelopak mata ganda dengan mata bulat besar, hidung kecil, mulut kecil, dan kulit yang sangat cerah. Jangan heran bila Korea Selatan memiliki tingkat operasi plastik per kapita tertinggi di dunia.

Baca Juga: Bertolak Belakang, Ini Perbedaan Gaya Makeup Korea dan Amerika