Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-Hati! 7 Kandungan Makeup dan Skincare Ini Ternyata Berbahaya

Jangan gunakan sembarangan ya!

Arnintya Juninda

Menggunakan skincare dan makeup tentu jadi hal yang biasa kamu lakukan untuk mendapatkan penampilan yang lebih menawan. Tapi, tahukah kamu, saat ini ternyata masih banyak produk skincare dan makeup yang memiliki kandungan yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan. Apa saja kandungan tersebut? Simak di bawah ini ya!

1. Paraben

medicalnewsstoday.com

Paraben adalah salah satu bahan yang paling sering dikaitkan dengan penyakit kanker. Tidak hanya ada di dalam produk skincare, paraben juga ada di produk sampo, sabun, shaving cream dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya tujuan menambahkan paraben pada produk-produk kecantikan adalah untuk mencegah bakteri tumbuh di dalam produk, namun kandungan tersebut apabila terlalu banyak digunakan berbahaya bagi kesehatan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa paraben dapat mengganggu fungsi endokrin yang menyebabkan terganggunya sistem hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi.

2. Triclosan

medicalnewstoday.com

Triclosan adalah salah satu zat karsinogen yang seringkali ditemukan pada produk kosmetik. Tujuan penggunaan triclosan sendiri adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada produk kosmetik. Namun penelitian menunjukan bahwa triclosan dapat menyebabkan bertumbuhnya kuman dan juga mengganggu fungsi hormon tiroid.

3. Coal Tar

firstepoint.com

Coal Tar adalah produk pemrosesan yang dikenal sebagai karsinogen. Coal Tar sering ditemukan dalam produk seperti sabun anti ketombe dan produk-produk khusus untuk kulit sensitif. Namun ternyata terpapar Coal Tar dapat menyebabkan kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa disebabkan oleh paparan Coal Tar adalah kanker skrotum, kanker paru-paru, dan saluran pencernaan. Selain kanker, paparan Coal Tar berlebih juga dapat menimbulkan pertumbuhan tumor pada seseorang.

4. Contaminated Talc

medicalnewstoday.com

Kalau kamu salah satu beauty enthusiast, pernah dengar FDA melarang penggunaan produk kecantikan dengan kandungan asbes? Nah biasanya asbes in terdapat pada bedak atau talc. Kontaminasi asbes pada produk tertentu ternyata dapat menyebabkan kanker. Asbes sendiri disebut-sebut sebagai bahan kimia pembentuk sel kanker dan perlu untuk dihindari. Untuk itu, kamu perlu menghindari produk kecantikan yang mengandung bahan mineral nih.

5. Merkuri

alcimed.com

Nah, merkuri sendiri juga adalah salah satu bahan yang dapat menyebabkan kanker nih. Merkuri sendiri adalah bahan metal yang dapat berdampak buruk bagi tubuh, bukan hanya kanker tetapi juga dapat mengganggu cara kerja syaraf.

6. Carbon Black

constructionweekonline.com

Carbon Black adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam maskara, eyeliner dan lipstik. Fungsi dari bahan ini sendiri adalah untuk memberikan warna pada produk. Menurut sebuah penelitian, carbon black adalah salah satu produk yang bersifat karsinogenik pada tubuh manusia yang paparannya juga dapat menimbulkan kanker apabila dalam jangka waktu yang panjang.

7. Timbal

beautyinsider.sg

Timbal juga menjadi salah satu bahan yang berbahaya bagi tubuh. Namun sayangnya, timbal masih sering ditemukan di berbagai produk seperti kosmetik yang mengandung kohl. Di Amerika Serikat, timbal disebut sebagai bahan pewarna illegal yang dilarang penggunaannya.

IDN Media Channels

Latest from Make Up