Coba hitung, berapa produk kecantikan yang kamu gunakan setiap harinya untuk merawat kulit kamu, Bela? Demi manfaat yang berbeda-beda kamu menimpa berbagai produk dalam satu kulit wajah untuk mencerahkan, melembutkan, melembapkan kulit, hingga membuatnya tetap kencang. Setebal apapun kamu melapisi kulit dengan berbagai cairan, manfaat dari produk-produk tersebut baru terlihat bila kamu memakainya secara tepat. Agar semakin efektif, yuk ikuti tahapan ini untuk menentukan lapisan makeup yang tepat!

1. Pastikan wajah bebas dari kotoran

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi Pemulawww.completehealthnews.com
 

Riasan yang bagus akan didapat bila wajah dalam keadaan bersih. Mencuci dengan sabun pembersih dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Pilih produk favorit kamu sepert  sabun cuci muka, micellar water, atau tisu makeup untuk menyiapkan kulit sebelum dirias.

2. Gunakan toner hanya saat eskfoliasi

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi Pemulanbcnews.com
 

Toner memiliki fungsi untuk melembapkan wajah dan mengurangi efek kemerahan setelah melakukan eksfoliasi kulit. Menggunakannya setiap hari setelah mencuci muka justru dapat membuat pori-pori tertutup dan menghalangi produk perawatan dan makeup yang kamu aplikasikan setelahnya. Sebaiknya, gunakan toner saat dibutuhkan saja ya.

3. Mulai dari yang paling ringan

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi Pemulaallremedies.com
 

Semakin ringan produk perawatan kulitmu akan membuat kulit semakin mudah dalam menyerapnya. Karenanya, memulai rutinitas kecantikan dengan mengaplikasikan serum menjadi pilihan tepat. Kamu bisa melanjutkannya dengan menambah pelembap untuk membuat wajah tetap terhidrasi.

4. Berikan jeda waktu hingga menyerap

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi PemulaRefinery29.com
 

Sebelum menimpa produk yang satu dengan lainnya, ada baiknya kamu memberi jeda waktu bagi kulit untuk menyerap cairan dengan sempurna. Berikan waktu beberapa menit agar kulit siap menerima produk baru dengan efektif. Bila kamu nggak terburu-buru, kamu bisa menunggunya dengan menggunakan body lotion, deodorant, atau menyiapkan baju yang akan dikenakan bukan?

5. Lindungi dengan tabir surya

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi Pemulawww.healthista.com
 
Menjaga kulit dari bahaya sinar matahari juga menjadi hal penting yang nggak boleh kamu lewatkan setiap hari. Sebelum menggunakan makeup, kamu harus selalu mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit, khususnya jika banyak berada di luar ruangan. 

5. Beri lapisan foundation

Ini Langkah Makeup yang Tepat Bagi Pemulawww.beautybulletin.com
 

Setelah serum dan pelembap sudah benar-benar terserap oleh kulit, kamu bisa mulai mengaplikasikan foundation pada wajah. Hindari foundation bertekstur krim bagi kamu yang memiliki kulit kering karena susah untuk dibaurkan pada area wajah. 

 

BACA JUGA: Produk Kecantikan Ini Nggak Perlu Kamu Pakai Setiap Hari