Selama menjalani ibadah puasa, kamu tentu nggak diperbolehkan untuk mengonsumsi makan dan minuman hingga adzan maghrib berkumandang. Nggak cuma itu, kamu juga dilarang memasukan zat atau cairan seperti obat-obatan dan infus kedalam tubuh karena dapat membatalkan puasa. Lalu bagaimana dengan makeup? Apakah pelembab dan losion pelindung sinar matahari yang menyerap kedalam pori-pori kulit dapat membuat ibadahmu sia-sia?

Jangan khawatir Bela, ternyata memakai makeup saat berpuasa nggak membatalkan ibadahmu. Dilansir dari Dailypakistan, makeup hanya menempel pada bagian kulit luar dan nggak masuk kedalam organ tubuh. Pemakaian berbagai produk kecantikan seperti pelembap, pelindung kulit, dan pewarna yang dioleskan pada seluruh tubuh tetap aman selama kamu nggak meminumnya.

Boleh Nggak Sih Memakai Makeup Saat Berpuasa?teenvogue.com/ Photographed by Paul Maffi
 

Bahkan menurut Shaykh Ibn Baaz, penggunaan eyeliner yang berbatasan pada garis mata juga nggak membuat puasa kamu batal. Menurutnya, penggunaan produk kecantikan dalam bentuk makeup hampir sama seperti penggunaan sabun mandi, krim wajah, atau hena yang hanya menempel pada permukaan kulit.

Boleh Nggak Sih Memakai Makeup Saat Berpuasa?fashiongonerogue.com/ Vogue Arabia/ March Issue 2017/ Photographer: Inez & Vinoodh
 

Kamu juga diperbolehkan menggunakan lipstik dan pelembap bibir selama nggak menjilatinya. Untuk melembapkan bibir yang kering akibat berpuasa saat berkumur, kamu diperbolehkan berkumur selama nggak menelannya atau menempel hingga ke kerongkongan. Namun, bila nggak sengaja tertelan maka kamu bisa tetap melanjutkan puasa hingga masa berbuka. Saatnya bernafas lega Bela. Berpuasa bukan menjadi alasan untuk nggak merawat kulit kamu.

 

BACA JUGA: Cek Yuk! Inspirasi Makeup Lebaran dari 5 Vlogger Indonesia