Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September. Sebagai salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia, Tokopedia berinisiatif menggerakkan UMKM lokal di bidang olahraga dengan program Sportacular.

"Di Tokopedia sendiri kita punya yang namanya Sportacular. Itu memang khusus untuk penjual di kategori olahraga. Memang di Sportacular ini kita juga ada penjual yang memang memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan penjualannya, salah satunya HappyFit," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Sesi konferensi pers tersebut dilanjutkan dengan workshop pound fit bersama Sistya Windasari. Satu buah yoga mat dari HappyFit diberikan kepada masing-masing peserta untuk menunjang kegiatan dan mencegah terjadinya cedera.

Sekilas tentang pound fit

Tokopedia Rayakan Hari Olahraga Nasional 2022 dengan Sportaculardok. Tokopedia

Pound fit merupakan jenis olahraga baru yang melakukan gerakan seperti sedang menabuh drum dengan alat bernama ripstick seberat 0,25 gram. Olahraga berintensitas tinggi ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh. Bisa dibilang, pound fit adalah olahraga yang menyenangkan karena diiringi alunan musik.

"Kita memerlukan matras sebagai media drumming-nya. Jadi, nanti kita akan melakukan beberapa gerakan yang memang fokus di upper body, lower body, dan ABS, ya, perut juga. Whole body exercise. Pastinya akan mengikuti alunan musik dan juga ada koreografinya. Kita akan bergerak dinamis mengikuti alunan musik," jelas Sistya.

Menurutnya, pound fit cocok untuk dilakukan oleh semua usia. Hal yang perlu diperhatikan oleh para pemula adalah intensitasnya agar tak membahayakan diri sendiri. Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga ini antara lain melakukan pemanasan, menggunakan pakaian yang nyaman, memperhatikan ketebalan matras, hingga memastikan tubuh dalam kondisi fit. Agar lebih semangat, Sistya menganjurkan untuk melakukan pound fit bersama teman.

"Kalau bisa dilakukan bareng temen-temen. Biasanya kalau bareng temen itu teriaknya bisa bareng. Kalau tambah teriakan, kalori yang terbakar itu lebih banyak," imbuhnya.

Mulai aja dulu

Tokopedia Rayakan Hari Olahraga Nasional 2022 dengan Sportacularpopbela.com/Zikra Mulia Irawati

Sesuai slogan yang diusung Tokopedia, Sistya mengajak masyarakat untuk mulai aja dulu melakukan olahraga. Saat ini, sudah ada banyak pilihan jenis olahraga yang dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan masing-masing individu. Sehingga, tak ada alasan untuk malas olahraga.

"Mulai aja dulu dari sekarang. Konsisten yang penting banget dan have fun. Karena olahraga itu buat kita happy. Pilih olahraga yang kamu suka, programnya banyak banget. Jadi, bisa dibilang nggak ada yang menghalangi kalian untuk berolahraga," pesannya.

Tokopedia Rayakan Hari Olahraga Nasional 2022 dengan Sportaculardok. Tokopedia

Untuk para penjual peralatan olahraga, ajakan untuk mulai aja dulu juga berlaku, lho! Selama semester I 2022, berbagai kategori alat olahraga mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Program selain Sportcular, yaitu Bangga Buatan Indonesia dan Hyperlocal yang memanfaatkan teknologi geo-tagging juga membuat para seller di berbagai penjuru daerah lebih berdaya.

Beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi adalah Palembang, Bandung Barat, Malang, Manado dan Pekanbaru, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat. Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi adalah Manado, Semarang, Gianyar, Malang, dan Balikpapan, dengan rata-rata peningkatan hampir 3,5x lipat,” ungkap Rizky.

Menarik banget, ya, Bela? Sudah siap menggerakkan badanmu untuk berolahraga hari ini?