Termasuk ke dalam salah satu penyakit paling mematikan di dunia, HIV memang sudah dikenal merenggut nyawa banyak orang yang mengidap penyakit yang satu ini. HIV disebabkan banyak faktor seperti berhubungan seks, berbagi jarum suntik, serta tertular dari kegiatan transfusi darah. Maka siapapun wajib menjaga kesehatannya dengan menghindari berbagai kegiatan yang dapat memicu terjadinya HIV. 

Selain menjaga kesehatan, kamu pun wajib untuk mengetahui beberapa gejala HIV yang dapat membuatmu lebih waspada lagi. Buat kamu yang ingin tahu, baca terus artikelnya sampai habis ya Bela!

1. Demam

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV medicalnewstoday.com

Demam biasanya merupakan gejala HIV pertama yang menjadi reaksi tubuhmu. Tak dapat diukur melalui demam yang tinggi atau demam biasa, kerap kali gejala HIV yang satu ini belum bisa membuat seseorang berwaspada.

2. Ruam pada kulit

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV theepochtimes.com

Jika tubuhmu masih sering demam dan mulailah muncul ruam pada kulitmu, hal tersebut semakin menguatkan bahwa tubuhmu sedang mengalami salah satu gejala HIV. Ruam pada kulit dapat berupa peradangan pada tubuh, bisul, dan jerawat.

3. Mudah lelah

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV stylecaster.com

Saat seseorang mengalami gejala HIV, sistem kekebalan tubuhnya akan menurun dengan sangat drastis. Hal itulah yang dapat menyebabkan seseorang mudah terlelah dan merasakan rasa lelah yang luar biasa. 

4. Sakit kepala

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV healthline.com

Gejala HIV tak hanya dilihat dari terjadinya peradangan pada kulit, tetapi juga dapat menghampiri seluruh tubuh termasuk bagian kepala. Efek dari peradangan pada bagian kepala pun membuat seseorang merasakan sakit kepala dan kurangnya fokus.

5. Timbul rasa mual

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV nutraveris-pharma.com

Cukup jarang diketahui, namun terjadinya diare juga merupakan salah satu gejala HIV lho! Dengan ciri-ciri mengalami rasa mual yang luar biasa, perut terasa nyeri, dan keluarnya cairan tubuh membuatmu harus selalu mengonsumsi asupan air kedalam tubuhmu.

6. Tenggorokan perih

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV Doc istimewa

Gejala HIV selanjutnya ialah tenggorokan pun terasa sangat perih. Namun, yang cukup membedakan rasa perih dikarenakan flu ialah waktu pemulihannya. Jika tenggorokan perih karena flu biasanya akan mudah sekali sembuh jika kamu mengonsumsi obat flu, sedangkan jika tenggorokan perih dikarenakan penyakit HIV biasanya tenggorokan tak kunjung sembuh dan malah semakin parah.

7. Mengeluarkan banyak keringat di malam hari

Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV womenshealthmag.com

Gejala HIV yang terakhir merupakan gejala yang cukup memperjelas bahwa tubuhmu sedang tidak beres dan wajib segera memeriksakan ke dokter spesialis. Karena jarang sekali seseorang dapat mengeluarkan keringat hanya pada malam hari kecuali suhu ruangan yang terlalu panas.

Nah, itulah ketujuh gejala HIV yang wajib kamu perhatikan agar kamu dapat lebih lagi menjaga kesehatan tubuhmu. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: Penting untuk Waspada, Kenali 7 Penyebab HIV Berikut Ini!