Sering dianggap sebagai jenis penyakit kanker yang jarang terjadi, kehadiran kanker mata pun seringkali dianggap sepele. Padahal, kanker mata juga tak kalah membahayakan seperti jenis kanker lainnya lho! Kanker mata merupakan adanya sel-sel kanker yang berkembang pada jaringan mata sehingga dapat merusak mata bahkan dan jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan permanen. 

Walau sampai detik ini belum ada hasil penelitian yang membuktikan penyebab sebenarnya, namun beberapa faktor yang diduga ini dapat disebut sebagai pemicunya seperti paparan sinar ultraviolet, genetik, dan seringnya berada di sekitar ruangan yang penuh bahan kimia terkait beberapa jenis profesi tertentu. 

Kanker mata bisa disebabkan oleh berkembangnya sel kanker pada mata langsung atau juga bisa disebabkan oleh sel kanker dari organ tubuh lain. Kenali juga ciri-ciri kanker mata agar kamu bisa lebih menjaga kesehatan matamu dan memperhatikan jika tanda berikut ini kamu alami.

1. Penglihatan berkurang

Ciri-ciri kanker mata yang biasanya pertama kali dirasakan penderita ialah berkurangnya penglihatan sehingga semakin lama daya penglihatan semakin berkurang. Walau termasuk ke dalam ciri-ciri kanker mata, namun tak semua orang menganggap bahwa hal ini membahayakan karena seringkali banyak orang yang keliru menganggap bahwa ini merupakan tanda bahwa seseorang mengalami minus.

2. Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya

Selain berkurangnya penglihatan, ciri-ciri kanker mata lainnya yang disebut sebagai tanda awal seseorang mengidap penyakit yang satu ini ialah ketika sensitivitas pada mata semakin meningkat. Hal ini membuat si penderita akan sulit melihat di tengah cahaya yang terlalu terang dan mata pun menjadi mudah silau serta panas.

Waspadalah Jika Ciri-ciri Kanker Mata Ini Terjadi Padamusimonsonghurst.com

3. Mata terasa perih dan pegal

Ketika sensitivitas mata semakin meningkat, ciri-ciri kanker mata disertai oleh rasa perih serta pegal pada area mata. Tentu saja dapat mempengaruhi kenyamanan seseorang dan membuat si penderita memiliki keinginan untuk terus menggaruk area mata. Ketika mengalami hal ini, hentikan kegiatan mengucek mata karena dapat membuat keadaan mata semakin parah.

4. Adanya perubahan pada iris mata

Jika kamu segera memeriksakan kondisi matamu ke dokter, biasanya ciri-ciri kanker mata yang satu ini bisa langsung mendiagnosamu mengidap penyakit kanker mata. Saat pemeriksaan, bentuk iris mata akan terlihat lebih cekung dari bentuk iris mata normal pada umumnya. Biasanya, dokter akan menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan lebih detil atau menyarankan perawatan lanjutan.

Waspadalah Jika Ciri-ciri Kanker Mata Ini Terjadi Padamudavidhou.com

5. Mata menjadi iritasi

Bagi penderita, biasanya ciri-ciri kanker mata ini akan dialami saat tidak segera memeriksakan area mata. Tak hanya sensasi gatal dan perih pada mata, namun mata pun menjadi kemerahan karena iritasi dan mata semakin terasa sangat nyeri. 

6. Adanya benjolan pada area mata

Jika kamu sedang memegang area matamu dan menemukan adanya benjolan kecil pada area sekitar matamu, bisa saja hal tersebut adalah ciri-ciri kanker mata yang juga dapat terjadi. Untuk ciri yang satu ini, sebaiknya jangan disepelekan dan segeralah menindaklanjuti.

Waspadalah Jika Ciri-ciri Kanker Mata Ini Terjadi Padamubeautyscene.net

7. Terdapat noda pada bola mata

Ciri-ciri kanker mata lainnya ialah adanya bercak noda berwarna putih yang terdapat pada bola mata dan kehadirannya juga kerap kali mengganggu penglihatan seseorang. Bercak noda ini juga dapat dapat mengakibatkan seseorang seperti melihat cahaya berwarna putih.

Itulah ketujuh ciri-ciri kanker mata yang bisa dirasakan oleh seseorang yang mengidap jenis penyakit yang cukup langka ini. Jangan pernah membiarkan ciri-ciri kanker mata tersebut terus menerus ada di area matamu karena dapat berkembang dan jika tak segera diatasi, dapat sangat membahayakan.

Baca Juga: Waspadai, 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker Kulit