Menjaga aroma tubuh tetap segar dan harum merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Karena tubuh yang harum merupakan nilai tambah dalam berpenampilan. Namun, bagaimana bila kamu sedang mengalami bau tubuh yang tak sedap? Biasanya ketiak menjadi sumber aroma tak sedap tubuhmu. Karena ketiak merupakan bagian yang paling tertutup dan sering mengeluarkan keringat. Kalau kamu jarang merawatnya, bisa jadi ketiakmu mengeluarkan bau tak sedap. 

Untuk itulah penting sekali mengetahui penyebab bau ketiak dan cara mengatasinya. Buat kamu yang ingin tahu banyak tentang hal tersebut, yuk baca terus artikelnya sampai habis!

Penyebab bau ketiak

Umumnya bau ketiak berasal dari produksi keringat yang berlebih yang kemudian bercampur dengan bakteri. Walaupun keluarnya keringat merupakan hal alami yang terjadi pada tubuh setiap orang, namun ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab bau ketiakmu lho.

1. Memiliki berat badan yang berlebih

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyamedicalnewstoday.com

Buat seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih atau bertubuh gemuk, umumnya memiliki beberapa bagian tubuh yang bertumpuk oleh lemak. Bagian tubuh inilah yang seringkali mengeluarkan keringat dan merupakan area yang sangat lembap.

2. Mengonsumsi makanan yang memicu bau ketiak

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyabbcgoodfood.com

Makanan juga bisa menjadi faktor penyebab bau ketiak lho! Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat ketiakmu berbau tak sedap seperti bawang, kunyit, makanan bersantan, dan makanan yang terlalu pedas. Selain itu, kurangnya mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran juga bisa menjadi pemicunya.

3. Infeksi

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyabeautyheaven.com

Pernahkan kamu mengalami luka pada bagian ketiakmu? Mungkin hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab bau ketiak yang kamu tidak sadari. Karena luka dapat menjadi infeksi yang tercampur keringat, tentunya hal tersebut menyebabkan bakteri pada ketiakmu semakin berkembang.

4. Stres

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyawordpress.com

Saat kamu sedang mengalami hal yang cukup berat atau mungkin beban pikiran yang terlalu banyak, ini bisa menyebabkan kamu mengalami stres. Saat kamu mengalami stres, otomatis hormon pada tubuhmu akan memproduksi keringat yang sangat banyak. Hal itulah yang menjadi penyebab ketiakmu berbau tak sedap.

5. Mengidap penyakit yang serius

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyatelegraph.co

Jika kamu merasa keempat hal di atas tidak terjadi di dirimu tetapi bau ketiakmu tetap sangat mengganggu, kamu pun perlu waspada. Karena bisa jadi kamu mengalami penyakit yang serius seperti HIV, diabetes, leukimia, dan penyakit lainnya.

Cara mengatasi bau ketiak

Melihat penyebab bau ketiak yang beragam, cara menanganinya pun juga berbeda-beda. Untuk itulah kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi bau ketiak yang tak sedap.

1. Rajin membersihkan diri

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyaplantapothecary.com

Walau hal yang satu ini menjadi suatu kewajiban bagi setiap orang untuk dilakukan, namun nggak sedikit yang malas untuk membersihkan dirinya. Padahal rajin atau tidaknya membersihkan diri dapat berpengaruh dengan bau atau tidaknya ketiakmu. Jangan lupa untuk membersihkan diri minimal 3 kali sehari.

2. Menggunakan sabun yang mengandung antibakteri

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyareadingmytealeaves.com

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau ketiak adalah dengan menggunakan sabun yang mengandung antibakteri. Kandungan antibakteri dapat mengatasi berkembangnya bakteri yang menjadi penyebab bau ketiak. 

3. Rajin berolahraga

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyahungryrunnergirl.com

Saat kamu melakukan kegiatan olahraga, tubuhmu akan melakukan detoksifikasi dan otomatis akan mengurangi penumpukan lemak pada tubuhmu. Kedua hal tersebut tentunya dapat mencegah ketiakmu berbau tak sedap. Jadi, sebaiknya lakukan olahraga minimal 1 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyalinetotime18.agency

Kalau beberapa jenis makanan menjadi pemicu bau ketiak, maka ada juga beberapa makanan yang dapat mengatasi bau ketiak. Makanan sehat dan bergizi seperti ikan, sayuran dan buah-buahan dapat membasmi bau ketiak yang tak sedap. Selain itu, kurangi juga makanan cepat saji atau yang mengandung pengawet ya Bela!

5. Gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat

Ternyata Inilah Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinyajetsetter.com

Ternyata bahan pakaian juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menghasilkan aroma tubuhmu lho. Bahan pakaian yang dianjurkan untuk digunakan adalah bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan sangat baik seperti katun. Karena bahan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat tentunya akan menyebabkan ketiakmu lembap dan bau.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi bau ketiak yang wajib kamu ketahui. Jadi yang perlu kamu lakukan terdahulu adalah dengan mengetahui penyebab bau ketiakmu, dengan begitu kamu akan tahu cara mengatasi bau ketiakmu. Semoga artikel yang satu ini cukup bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami