Kabar duka datang dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Tepat pada hari Rabu (25/03), Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia pada pukul 16:45 WIB di Solo. Beredar kabar bahwa sebelum menghembuskan napas terakhirnya, almarhumah sudah lama mengidap kanker tenggorokan. Lantas, seperti apa penyakit yang merenggut nyawa Ibu Sudjiatmi? Simak baik-baik ya!

1. Apa itu kanker tenggorokan?

Fakta Kanker Tenggorokan, Penyakit yang Merenggut Nyawa Ibunda Jokowihealth.com

Menurut data dari WHO ada lebih dari sembilan juta orang meninggal akibat kanker dan kanker tenggorokan adalah salah satu jenis kanker yang tidak bisa dianggap remeh. Kanker tenggorokan merupakan penyakit kanker yang berkembang dari jaringan tenggorokan dan mengacu pada kanker yang berkembang di tenggorokan (faring), kotak suara (laring) atau amandel.

Kanker tenggorokan paling sering dirasakan pada sel-sel datar yang melapisi bagian dalam tenggorokan. Selain itu, bagian lain yang berpotensi terkena kanker tenggorokan adalah kotak suara yang berada di bawah tengorokan, tulang rawan (epiglotis) yang berfungsi sebagai penutup untuk tenggorokan, serta amandel yang terkelat di belakang tenggorokan. 

2. Jenis kanker tenggorokan

Fakta Kanker Tenggorokan, Penyakit yang Merenggut Nyawa Ibunda Jokowihealth.clevelandclinic.org

Pada umumnya terdapat dua jenis kanker tengorokan, yaitu:

1. Kanker faring 

Kanker ini berkembang di dalam faring, yaitu tabung yang terletak di belakang hidung dan memanjang menuju batang tenggorokan. Kanker faring ini juga dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Kanker nasofaring (bagian atas tenggorokan)
  • Kanker orofaring (bagian tengah tenggorokan)
  • Kanker hipofaring (bagian bawah tenggorokan)

2. Kanker laring 

Sedangkan kanker laring adalah adalah jenis kanker yang berkembang di dalam kotak suara. Yang berfungsi untuk berbicara. Selain itu, laring juga berperan sebagai katup pernapasan manusia, sehingga makanan dapat dengan mudah menuju perut.

Kanker ini juga dapat terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

  • Glottis (bagian tengah yang terdapat pita suara)
  • Supraglottis (bagian atas pita suara)
  • Subglottis (bagian di bawah pita suara dan di atas trakea)

3. Gejala umum yang dirasakan

Fakta Kanker Tenggorokan, Penyakit yang Merenggut Nyawa Ibunda Jokowiguidelinesinpractice.co.uk

Untuk mengetahui kanker tenggorokan, memang cukup sulit. Mengingat tanda yang timbul hampir serupa dengan penayakit lainnnya. Dan ini lima gejala umum dari penyakit ini: 

  • Adanya benjolan abnormal di leher. Tidak jarang, benjolan ini akan terasa ketika meraba leher.
  • Ketika menelan makanan, ada rasa sakit dan kurang nyaman pada bagian leher. Bahkan, beberapa diantara penderita tidak dapat menelan sama sekali.
  • Perubahan suara yang tidak biasa Perubahan suara dapat menandakan sel kanker tengah menyerang pita suara. Hingga, bisa menyebabkan bicara menjadi pelo.
  • Penurunan berat badan yang sangat drastis. Karena sulit menelan makan, tentu saja akan berpengaruh terhadap berat badan.
  • Telinga terasa sakit sekali. Rasa sakit di tenggorokan bisa terasa hingga ke telinga. Penderita akan merasakan telinga seperti berdenging dan menimbulkan rasa sakit. Bahkan beberapa orang bisa sampai merasa kurang bisa mendengar jelas.

Baca Juga: Tutup Usia, Begini Potret Ibunda Jokowi Semasa Muda