Jika kamu penikmat serial atau film Tiongkok, pasti sering sekali terpukau dengan pesona  para bintangnya. Selain aktingnya yang memikat dan paras menawan, mereka juga sering kali pamerkan lekuk tubuh yang indah. 

Tetapi siapa sangka bahwa rahasia berat badan ideal a la orang Tiongkok bukan diet yang ketat atau menghabiskan waktu di gym seharian, tetapi menerapkan tujuh tips diet di bawah ini. Melansir dari beberapa sumber, berikut tujuh tips menurunkan berat badan tanpa rasa lapar seperti orang Tiongkok!

1. Makan bersama-sama

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokmy.asiatatler.com

Chinese restaurant umumnya akan menyajikan makanan dengan porsi yang cukup besar, sehingga cocok disantap bersama-sama. Biasanya orang Tiongkok akan memesan tiga porsi, yaitu satu porsi hidangan utama dan dua lauk pendamping. Dengan berbagi hidangan seperti ini, tentu saja kamu akan mengonsumsi makanan lebih sedikit. 

2. Menggunakan mangkuk kecil

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokpinterest.com

Tanpa kita sadari, orang Tiongkok biasanya makan nasi yang menggunakan mangkuk yang berukuran kecil. Tak hanya soal budaya, ternyata ukuran mangkuk tersebut membuat mereka mengonsumsi nasi dengan porsi yang kecil dan mengambil lauk secukupnya. Sehingga, dapat mengontrol asupan makanan yang membantumu mengurangi berat badan.

3. Sayur menjadi hidangan utama

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokveganfoodlover.com

Sebagian besar orang Tiongkok menjadikan sayur sebagai hidangan utama. Kebiasaan ini dirasa efektif untuk menurunkan berat badan karena sayuran kaya akan nutrisi dan mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan protein lainnya. 

4. Menyukai makanan yang dikukus

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokasianinspirations.com.au

Salah satu ciri khas kuliner asal Tiongkok adalah mereka lebih menyukai hidangan yang di kukus dari pada metode memasak lainnya. Tak hanya mengukus sayuran, tetapi juga mengukus aneka protein seperti telur, ayam, dan daging. Dengan metode mengukus, nutrisi yang ada di dalam makanan akan lebih terjaga dan menggunakan sedikit minyak. 

5. Konsumsi makanan yang seimbang

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokthenationalnews.com

Budaya Tiongkok percaya bahwa penting untuk mencapai keseimbangkan sempurna dalam segala hal, termasuk soal makanan. Dalam setiap hidangan harus memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohdirat, protein, vitamin, dan lainnya. Ketika sudah mencapai keseimbangan dengan memenuhi segala kebutuhan nutrisi dalam tubuh, maka setiap makanan membantu menghasilkan energi yang baik dan dapat mencegah kenaikan berat badan.

6. Makan tiga kali sehari

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokpinterest.com

Selain makan bersama, orang Tiongkok juga membagi waktu makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan makan tepat waktu, tentu saja membantu tubuh menjadi lebih berenergi dan merasa kenyang lebih lama. Ketika merasa kenyang, kemungkinan untuk nyemil menjadi lebih kecil. Seperti kita tahu, salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah mengonsumsi cemilan secara berlebihan.

7. Rutin minum teh hijau

Berat Badan Turun Tanpa Rasa Lapar dengan 7 Tips Diet asal Tiongkokvegetariantimes.com

Sejak dulu, orang Tiongkok sudah terobsesi dengan teh hijau. Mereka percaya bahwa teh hijau berfungsi membersihkan tubuh dari racun dan kotoran karena mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, minum teh hijau setelah makan dapat menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi minuman manis. 

Nah itu dia tujuh tips diet asal Tiongkok yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badanmu, Bela! Mendapatkan tubuh ideal jadi bukan mimpi dan tak perlu menyiksa diri. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Mau Punya Perut Rata? Intip Rahasia Diet 7 Aktris Bollywood

Baca Juga: 7 Metode Diet Ekstrem yang Dilakukan Oleh Artis Korea 

Baca Juga: Berdasarkan Bentuk Tubuhmu, Ini 4 Cara Diet yang Ampuh Dilakukan