Menjalankan ibadah puasa kadang membuat aroma mulut kita terasa kurang sedap. Hal terjadi karena saat perut kosong, maka asam lambung akan naik dan menguap dari rongga mulut. 

Namun, hal tersebut jangan sampai terjadi, karena dapat mengurangi kepercayaan diri dan menganggu kenyamanan lawan ngobrol kita. Nah, untuk mengantisipasinya, kamu bisa mengikuti lima tips di bawah ini!

1. Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasashutterstock.com

Walaupun puasa, sudah sepantasnya kamu tetap menjaga asupan cairan di waktu buka puasa sampai dengan sahur. Kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan. Ketika asupan air mineral terpenuhi, maka produksi air liur pun tetap ada sehingga mencegah bakteri yang berkembang di dalam mulut.

2. Minum teh hijau ketika berbuka puasa

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasanewatlas.com

Secangkir teh hijau hangat dapat mencegah bau tak sedap yang muncul dari muit. Karena, teh hijau mengandung polifenol, yaitu anti-oksidan yang berfungsi untuk mengatasi bakteri pada saluran pernafasan dan mulut. Selain itu, dapat mencegah pertumbuhan kanker mulut dan gigi. Wah, banyak sekali ya kandungan baik dari teh hijau ini!

3. Hindari makanan yang beraroma kuat

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasaindoindians.com

Untuk mencegah aroma mulut yang kurang sedap, hindari makanan yang punya bau menyengat. Seperti, jengkol, petai, bawang dan durian. Selain itu, jangan makan yang bertekstur lengket seperti permet, coklat, dan biskuit. Karena dapat menempel pada sela-sela gigi.

4. Rutin membersihkan mulut

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasabustle.com

Jangan lupa, setelah berbuka puasa dan sahur segera bersihkan mulut, agar sisa makanan tidak menempel di gigi. Sehingga dapat menjaga kesehatan mulut dan tidak menimbulkan aroma yang kurang sedap. Jika di tengah hari aroma mulutmu kurang nyaman, boleh menggunakan obat kumur non-alkohol sebagai penyegar mulut karena dapat membunuh bakteri di mulut

5. Kumur dengan cuka apel

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasareductress.com

Cuka apel mempunyai senyai asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Sehingga, kamu bisa campurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air hangat. Lalu, kumur selama 30 detik dan bersihkan mulut dengan air biasa. Dengan begitu, mulut akan terhindar dari aroma yang kurang sedap. 

Baca Juga: 5 Obat Kumur Alami untuk Mengatasi Bau Mulut

Baca Juga: Biar Nggak Bau Mulut, Ini 11 Tips yang Bisa Kamu Coba

Baca Juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Mulut