Bulan puasa telah tiba. Bagaimana puasa pertamu, Bela? Buka dengan apa nih tadi? Biasanya, saat berbuka menjadi salah satu hal yang paling ditunggu saat puasa. Nggak jarang kita memilih minuman manis yang dingin dan menyegarkan untuk memuaskan dahaga setelah selama seharian tidak mengonsumsi apa-apa.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya minuman dingin yang manis tidak baik untuk berbuka lho. Lalu, kira-kira makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari saat berbuka yah? Simak di bawah ini!

1. Makanan yang digoreng

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasafoxalleyfoodie.com

Makanan yang digoreng dan terasa renyah dan gurih memang nikmat, namun nyatanya hal ini tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang dapat melukai selaput lambung dan menyebabkan asam lambung naik. Selain itu, lemak juga dapat membuat pencernaanmu terhambat lho. Jadi, sebaiknya hindari makan yang satu ini untuk berbuka yah.

2. Buah dan sayur yang mengandung gas

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasadrweil.com

Buah dan sayuran memang baik bagi kesehatan. Tapi, sebaiknya hindari yang mengandung gas yah seperti sawi, kol, dan kacang-kacangan. Buah-buahan seperti nangka, pisang ambon, dan buah yang dikeringkan seperti kismis juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka karena dapat memicu asam lambung.

3. Makanan pedas

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasahealthline.com

Mengonsumsi makanan pedas memang dapat menambah nafsu makan. Tapi, mengonsumsinya saat perut dalam keadan kosong akan membuat lambung terluka. Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan kamu terkena penyakit maag lho.

4. Makanan yang terlalu manis

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasayoustudios.com.au

Saat puasa, kadar gula dalam darah ikut menurun. Kamu butuh makanan manis untuk mengembalikannya. Tapi, jangan asal pilih makanan yah, Bela. Pilihlah yang mengandung gula alami seperti buah-buahan yang dapat mengembalikan energi kamu. Salah satu buah yang sangat dianjurkan adalah kurma.

5. Minuman beralkohol dan soda

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasainformas.com

Selain dapat membuat lambung merasa kaget dan asam lambung meningkat, kadar gula yang tinggi dalam minuman bersoda juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Minuman berkafein tinggi

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasajaclynphillips.com

Secangkir kopi hangat atau segelas es kopi susu memang enak. Namun, jika dikonsumsi saat berbuka hal ini dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada lambung. Jadi sebagai gantinya, kamu bisa mencoba teh chamomile atau teh hijau yang lebih sedikit kandungan kafeinnya.

7. Produk yang mengandung susu

Ini Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasayogurtinnutrition.com

Makanan yang merupakan produk olahan dari susu seperti keju dan yoghut mengandung lemak tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam lambung seta menyebabkan rasa mual sehingga perut terasa kembung. Jadi, sebaiknya hindari makanan ini saat berbuka yah.

Itu tadi tujuh makanan dan minuman yang wajib kamu hindari saat berbuka. Intinya, hindarilah makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung dan membuat perut terasa sakit. Semoga artikelnya bermanfaat yah!

BACA JUGA: 6 Hal Konyol yang Kamu Hadapi Saat Ajak Buka Puasa Bersama​