World Health Organization (WHO) resmi menyatakan virus corona sebagai sebuah pandemi. Hingga saat ini, tercatat 96 orang dinyatakan positif terkena COVID-19 di Indonesia, delapan di antarana sembuh, dan lima orang di antaranya dinyatakan meninggal. 

Penyebarannya yang begitu cepat dan bisa menyerang siapa saja membuat penyakit yang satu ini tidak boleh dianggap sepele. Lalu, bagaimana cara virus corona menyebar? Virus yang satu ini dapat ditularkan melalui percikan cairan, seperti saat bersin atau batuk.

Sebagai contoh, ada orang yang terjangkit virus ini menutup mulut dan hidung saat bersin dengan tangan. Lalu, tangan orang tersebut menyentuh barang seperti gagang pintu, tombol lift, atau barang lainnya, dan ada orang lain yang memegang barang tersebut. Dari situlah virus menyebar dengan cepat dan berpindah dari satu orang ke yang lainnya.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sesering mungkin. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan tubuhmu, seperti flu atau demam, segera periksakan diri ke dokter. Berikut beberapa gejala dan tanda virus corona yang patut kamu waspadai.

1. Demam

Salah satu gejala paling umum dari COVID-19 adalah demam yang berkisar antara 37 derajat ke atas. Ini menjadi slah satu tanda yang patut kamu waspadai. Segera minum obat penurun panas, istirahat di rumah, dan periksakan diri jika gejala terus berlanjut.

2. Batuk

Dianggap hampir mirip dengan pneumonia, COVID-19 menyerang paru-paru dan sistem pernapasan, sehingga biasanya si penderita akan mengalami batuk dan merasakan sensasi yang tidak nyaman pada tenggorokan. Pada beberapa kasus, gejala ini juga diikuti dengan gejala flu.

COVID-19: Cara Penyebaran Virus dan Gejala yang Wajib Diwaspadai

3. Nyeri pada otot dan sendi

Tidak jarang, virus corona juga menyerang sendi, sehingga kamu merasakan rasa nyeri dan ngilu pada otot dan sendi.

4. Sesak napas

Selain batuk dan sakit tenggorokan, tak jarang penderita juga mengalami sesak napas. Ini akibat virus yang menyerang sistem pernapasan membuat napas si penderita menjadi pendek dan terasa sesak. Segera periksakan dirimu jika mengalami ini ya.

COVID-19: Cara Penyebaran Virus dan Gejala yang Wajib Diwaspadai

5. Kelelahan

Virus yang menyerang sistem imun tubuh, membuat tubuh merasa lelah dan tak berdaya. Nggak jarang, orang yang terjangkit virus corona merasa lemas karena daya tahan tubuh yang menurun. 

Menurut penelitian, gejala COVID-19 akan muncul 2-14 hari setelah terpapar virus corona. Jika mengalami salah satu hal di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Itulah gejala dan tanda virus corona yang harus kamu waspadai. Stay healthy, Bela!

Baca Juga :

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 
Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor