Sekarang kita sudah di tahap ke empat dan langkah akhir untuk stop diet! Kita sudah belajar untuk melepaskan batasan, memperbaiki citra diri, dan self-care. Hari ini, kita akan membahas bagaimana caranya untuk menemukan makanan yang tepat untukmu dan tubuhmu, sehingga kamu bisa memakan apapun yang membuat kamu berasa lebih baik, dari dalam dan luar.

Sebelumnya, aku akan memberikan kamu peringatan: kamu harus benar-benar memahami 3 langkah sebelumnya, sebelum kamu memulai langkah yang kali ini! Setiap orang bisa menghabiskan beberapa minggu, bulan, bahkan lebih, tergantung dengan setiap individual. Namun, setelah kamu mengubah sikapmu terhadap diet dan tubuhmu, barulah kamu bisa mencoba bereksperimen dengan makanan dan mempelajari makanan apa yang terbaik bagi tubuhmu, Bela.

Exclusive dari Caitlin Ball: Temukan Makanan yang Tepat Untukmu!thecandidappetite.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempertahankan pikiranmu dalam “experiment mode”. Sekarang, setelah kamu bebas dari membatasi diri, kamu akan lebih bereksperimen dalam menemukan makanan yang terbaik untukmu. Untuk melakukan eksperimen ini, aku menyarankan kamu untuk memilih satu jenis makanan untuk dieksperimenkan. Misalnya, aku memilih dairy. Mungkin buatku, dairy bukanlah hal yang terbaik untuk kulit dan perutku, jadi aku memutuskan untuk mengurangi konsumsinya dalam beberapa minggu, dan melihat hasilnya. Hasilnya, aku merasakan perbedaannya, dan tentunya merasa lebih baik. Jadi aku mulai untuk membatasi konsumsi makanan jenis dairy.

Exclusive dari Caitlin Ball: Temukan Makanan yang Tepat Untukmu!johnvalls.com

Aku nggak pernah memberi tahu diriku bahwa aku tidak memperbolehkan dairy, namun aku hanya mencoba untuk mengurangi konsumsinya beberapa minggu, dan mulai mengamati dampaknya. Dengan sikap ini, aku bisa mengurangi konsumsinya dalam keseharianku. Dahulu, saat aku masih diet, aku membatasi makananku, dan saat aku sudah selesai dengan diet, aku akan mulai menggila dalam memakan cheese, dan ice cream! Sekarang aku nggak perlu melakukannya lagi! Aku memakan cheese dan ice cream kapanpun aku mau, hanya saja aku mengurangi jumlah konsumsinya, karena aku sudah mengetahui manfaatnya untuk tubuhku.

Exclusive dari Caitlin Ball: Temukan Makanan yang Tepat Untukmu!epicurious.com

Dari situ, kamu bisa mencoba makanan lainnya, dan melihat bagaimana dampaknya. Mungkin kamu mau mencoba bereksperimen dengan konsumsi gula, gluten, atau alkohol. Atau mungkin kamu hanya ingin memulai menambahkan konsumsi sayur-sayuran dalam keseharianmu. Have fun with it! Cobalah nikmati dan bersenang-senang dengan makanan di dapurmu juga. Cobalah variasikan makananmu, dengan resep baru, membeli buku masakan baru, and get inspired! Makanan harusnya menjadi hal yang menyenangkan setelah kamu melepaskan diet!

Sebagai penutup, aku berharap kamu bisa membawa pikiran non-diet ini di tahun 2017. Bila kamu ingin dukungan lebih, jangan sungkan untuk mengirimkan email dan kita bisa membahas resolusi kesehatan untukmu di Tahun Baru 2017! Yuk, segera belajar 7 cara bagaimana meninggalkan diet!

Exclusive dari Caitlin Ball: Temukan Makanan yang Tepat Untukmu!