Yuk, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Dan Cara Penyebarannya!

Kamu juga bisa memeriksa sendiri lho

Yuk, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Dan Cara Penyebarannya!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kanker payudara adalah terbentuknya sel kanker di jaringan payudara. kanker payudara terbentuk ketika sel-sel didalam payudara tumbuh secara berantakan atau nggak terkendali. Itulah mengapa sebaiknya ketika di usia remaja pun kita sudah bisa waspada terhadap pertumbuhan kanker payudara. Dan hal yang nggak banyak orang tahu adalah kanker payudara nggak hanya tumbuh pada perempuan tapi juga bisa timbul pada laki-laki.

Gejala-gejala dari kanker payudara yaitu tumbuhnya benjolan, warna dan tekstur kulit di bagian payudara berubah, dan keluar darah dari puting payudara. Jika kamu mengalami salah satu dari gejala di atas sebaiknya segera menghubungi dokter. 

Kanker payudara sulit terdeteksi di fase awal dan baru akan terlihat ketika terasa ada benjolan di daerah payudara. Lalu seperti apa tahapan penyebaran kanker payudara setelah terdapat benjolan? Ada lima tahap penyebaran kanker payudara.

1. Tahap Nol

Pada tahap nol, ada dua jenis kanker payudara stadium 0. Yang pertama kanker ditemukan di dalam lapisan saluran susu tetapi belum menyebar ke jaringan payudara lainnya atau ada istilah In ductal carcinoma in situ (DCIS). Istilah lainnya yaitu lobular carcinoma in situ (LCIS) ini menggambarkan sel-sel abnormal yang sudah terbentuk di lobulus payudara. Pada stadium ini, kanker payudara sangat mungkin untuk bisa diobati.

2. Tahap Satu

Tahap satu dibagi menjadi bentuk 1A dan 1B. Pada stadium 1A, kanker tersebut berbentuk lebih kecil dari dua sentimeter (cm). Belum tersebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya. Lalu pada tahap 1B, mungkin tumor di payudaramu bisa jadi masih belum terdeteksi tetapi kelenjar getah bening mungkin mempunyai kelompok kecil sel kanker. Pengelompokan ini berukuran antara 0,2 dan 2 milimeter (mm). Sama seperti stadium nol, kanker payudara stadium 1 sangat bisa diobati.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here