Hati-Hati! Kamu akan ‘Kekurangan’ Ini Mulai dari Usia 25-30 Tahun

Usia muda belum tentu ‘aman’ loh

Hati-Hati! Kamu akan ‘Kekurangan’ Ini Mulai dari  Usia 25-30 Tahun

Bela, siapa di sini yang sudah mulai masuk umur 25-an? Kayaknya sudah saatnya nih kamu mulai telaten nih merawat kulit. Sebab, beberapa sumber mengatakan saat kita memasuki usia tersebut, kulit akan memasuki proses penuaan dan perubahan hormon. 

Biasanya, penuaan identik dengan kulit yang keriput dan tidak lagi terlihat kencang. Salah satu faktor terjadinya penuaan adalah berkurangnya protein kolagen pada kulit. Saat hal ini terjadi, kulit menjadi lebih kering karena kolagen berperan dalam memberikan kelembapan kulit.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh juga berkurang. Makanya, jumlah kolagen dalam tubuh juga perlu dijaga. Gimana caranya? Let’s find out, Bela!

1. Fakta kolagen, protein ajaib yang bikin kulit awet muda

Hati-Hati! Kamu akan ‘Kekurangan’ Ini Mulai dari  Usia 25-30 Tahun

Bela pasti udah nggak asing dong dengan kata kolagen? Yap, kolagen merupakan protein yang terdapat di beberapa bagian tubuh seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Ternyata, jumlah kolagen di dalam tubuh kita cukup besar lho Bela, yaitu sekitar 25-30 persen. 

Kolagen sendiri punya banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti meningkatkan massa otot, menjaga kekuatan sendi, menjaga kekuatan rambut, dan memperlambat pertumbuhan uban. Namun yang paling terasa manfaatnya adalah untuk kulit. Bisa dibilang, kolagen adalah pemegang ‘takhta’ tertinggi dalam urusan kulit awet muda. 

Mulai memasuki usia 25-30 tahun, produksi kolagen di dalam tubuh kita mulai berkurang. Hal ini menyebabkan kekuatan kulit melemah sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput.

2. Gimana sih cara meningkatkan produksi kolagen?

Mengutip Well Being Nutrition, produksi kolagen yang dihasilkan tubuh akan mulai berkurang sampai 1,5 persen setiap tahunnya saat kita mulai memasuki usia 25-an. Tapi tenang Bela, walaupun produksi kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia, kita bisa lho menambah produksi kolagen dari makanan yang kita makan.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi protein untuk memasok asupan asam amino di dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung asam amino adalah susu, daging, telur, dan makanan laut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here