Gusi bengkak merupakan gangguan mulut yang sering dialami sebagian orang. Selain rasanya yang menyakitkan, gusi bengkak juga dapat mengganggu penampilan lho, karena pipi ikut membengkak. Oleh karena itu, jangan biarkan gusi membengkak terlalu lama ya, Bela. Dengan melakukannya di rumah, kamu bisa menggunakan lima bahan alami di bawah ini untuk mengatasi gusi bengkak yang sudah terbukti mujarab. Apa saja ya?

1. Air garam

Aman dan Efektif, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gusi Bengkakhonestdocs.id

Masukkan dua sendok makan garam ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga larut. Gunakan bahan tersebut sebagai obat kumur sehabis sikat gigi. Hal itu bertujuan untuk menetralkan pH mulut dan menenangkan gusi yang meradang dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. 

2. Jahe

Aman dan Efektif, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gusi Bengkakanibee.tv

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan gusi. Untuk itu, siapkan sepotong kecil jahe dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit garam sampai menghasilkan tekstur yang kasar. Jika sudah, oleskan pada bagian gusi yang bengkak dan biarkan selama 10-12 menit.

3. Cuka sari apel

Aman dan Efektif, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gusi BengkakDok.internet

Cuka sari apel mengandung asam ringan untuk mengembalikan keseimbangan pH di mulut, yang berfungsi dapat mengurangi infeksi dan pembengkakan di gusi. Caranya, campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur.

4. Minyak cengkeh

Aman dan Efektif, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gusi Bengkakpinterest.com

Pembengkakan di gusi dapat dikurangi dengan minyak cengkeh karena khasiatnya yang mengobati infeksi dengan sifat antimikroba. Oleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak dan berikan sedikit pijatan dengan lembut.

5. Belimbing wuluh

Aman dan Efektif, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Gusi Bengkaksteemit.com

Kandungan rasa asam dalam belimbing satu ini efektif bisa membasmi bakteri dalam mulut, lho. Kamu hanya perlu dua belimbing wuluh yang belum matang untuk ditumbuk hingga halus. Oleskan hasil tumbukannya pada bagian gigi yang sakit. Mudah kan?

Baca Juga: 7 Langkah Mendapatkan Gigi Putih dengan Buah Stroberi