Program diet untuk menurunkan berat badan memang diincar oleh kebanyakan orang, namun diet juga tidak bagus jika tidak diimbangi dengan olahraga rutin. Olahraga untuk menurunkan berat badan terdapat beberapa macam yang bisa kamu lakukan.

Dengan pilihannya yang cukup banyak, kamu tidak perlu bingung lagi menentukan olahraga ringan namun memberikan hasil maksimal. Berat badan bisa turun lebih cepat dengan melakukan olahraga secara rutin.

Beberapa Pilihan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal verywellfit.com

Mempunyai berat badan yang ideal adalah jadi keinginan banyak orang. Namun melakukan diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional tanpa adanya olahraga tidak bisa maksimal.

Dengan adanya keseimbangan antara keduanya bisa memperbaiki mood, mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis hingga memperkuat tulang.

Berikut penjelasan olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Jogging

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal runtastic

Jogging merupakan olahraga pendukung diet yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal jika dilakukan secara rutin. Pada dasarnya jogging bisa membakar kalori di dalam tubuh sebanyak 300 hingga 370 kalori selama 30 menit.

Namun, hal itu juga tergantung dengan intensitas serta kecepatan kamu ketika melakukan jogging. Kamu bisa melakukan olahraga simpel ini selama 20 hingga 30 menitan saja secara rutin agar menjadi terbiasa.

2. Jalan kaki

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal freepik.com/wirestock

Olahraga yang tidak memakan biaya banyak namun menyehatkan salah satunya adalah jalan kaki. Jalan kaki merupakan olahraga sehat yang memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan.

Kamu bisa memberikan target untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya agar mendapatkan hasil secara maksimal. Penelitian menyampaikan bahwasannya berjalan kaki dalam durasi tersebut mampu membakar kalori di dalam tubuh sebanyak 167 kalori.

3. Olahraga untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal unsplash

Sepeda bisa digunakan sebagai alat olahraga selain memang fungsinya menjadi alat transportasi jarak dekat. Bersepeda santai bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan, namun harus dilakukan dengan konsisten.

Jika kamu malas harus bersepeda keluar rumah bisa menggunakan sepeda statis yang biasanya ada di tempat gym. Bersepeda di dalam ruangan dalam waktu 30 menitan bisa membakar kalori sebanyak 280 hingga 360 kalori.

4. Interval training

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal exercise.lovetoknow.com/

Penyebutan interval training lebih sering dikenal dengan high intensity interval training (HIIT) yang merupakan olahraga kardio intens untuk membakar kalori. Latihan HIIT biasanya dilakukan dalam waktu 10 hingga 30 menit untuk mendapatkan hasil lebih cepat.

Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh Journal of Strenght and Conditioning  Research mengatakan bahwa HIIT bisa membakar dari 25 sampai 30 persen kalori lebih banyak ketimbang melakukan latihan beban. Selain itu olahraga HIIT bisa mengecilkan perut buncit baik itu untuk pria ataupun wanita.

5. Yoga

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal pexels.com

Pada umumnya olahraga yoga memang dilakukan secara bersama-sama dengan adanya instruktur. Akan tetapi, olahraga yoga ini bisa kamu lakukan sendirian di rumah menggunakan referensi dari berbagai internet ataupun video Youtube.

Yoga telah terbukti bisa menurunkan berat badan meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Kamu bisa melakukan olahraga yoga selama 40 menit untuk bisa membakar kalori sebanyak 149 kalori.

6. Lompat Tali

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal creativemarket.com

Meskipun tergolong ke dalam olahraga yang sangat sederhana, namun lompat tali mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan kamu. Jumlah pembakaran kalori yang dihasilkan dari melakukan lompat tali tidak jauh berbeda dengan jogging.

Dalam intensitas rendahnya melakukan lompat tali bisa membakar sebanyak 281 kalori dalam waktu 30 menit. Akan tetapi, dalam intensitas tinggi mampu membakar kalori sampai 421 kalori dengan durasi yang sama.

7. Pilates

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal robbreport.com

Salah satu olahraga untuk menurunkan berat badan yang mirip dengan yoga. Pilates adalah latihan fisik yang mana fokusnya lebih kepada rehabilitasi serta penguatan tubuh.

Dalam gerakan yang dilakukannya memadukan rangkaian gerak lambat dan pernapasan dalam. Latihan bagi pemula bisa berlangsung selama 30 menit dan bisa membakar sebanyak 108 kalori, akan tetapi jika latihan lanjutan mampu membakar sampai 168 kalori.

8. Senam aerobik

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal thecodefitness.com

Aktivitas senam yang bisa meningkatkan denyut jantung serta pernapasan ketika melakukan olahraga. Hampir semua orang bisa melakukan senam aerobik yang ditambahkan dengan iringan musik agar lebih bersemangat.

Gerakan pada senam aerobik ini bisa membakar kalori dan mengendalikan berat badan. Olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat bermanfaat untuk para obesitas.

9. Naik turun tangga

9 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal runnersblueprint.com

Melakukan olahraga naik turun tangga sebanyak 10 kali bisa membantu kamu membakar kalori di dalam tubuh. Dengan jumlah yang sama kamu juga bisa menuruni anak tangga sebanyak 20 langkah.

Demikianlah beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan hasil secara maksimal. Olahraga yang dilakukan cenderung lebih ringan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk melakukannya.

Baca Juga: 9 Cara Mengecilkan Betis dengan Olahraga

Baca Juga: Penyebab Lengan Besar dan Olahraga untuk Mengecilkan Lengan

Baca Juga: 9 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga Pasti Sukses