Habbatussauda telah lama menjadi salah satu komposisi untuk meningkatkan cita rasa makanan agar menjadi lebih lezat. Habbatussauda atau biasa disebut  jintan hitam  merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah yang digunakan untuk menjadi bumbu masakan dapur. 

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata jintan hitam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho. Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan

Kenali Kandungan dan Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh https://www.freepik.com

Jintan hitam mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E. Terdapat juga sembilan asam amino esensial, protein, serat kasar, besi, arginine, potassium, nigellone, omega 9, omega 6, kalsium, niasin, magnesium, selenium, minyak atsiri, seng, interferon, Omega 3, sapion, sterol dan saponin yang tentunya baik untuk kesehatan.

Manfaat untuk kesehatan dan pengobatan

Kenali Kandungan dan Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh freepik.com/freepic.diller

Habbatussauda terbukti memiliki kandungan yang dapat menjadi obat berbagai masalah kesehatan, seperti meringankan gejala asma, menurunkan kolesterol, dan dapat membunuh sel kanker. Berikut daftar manfaat yang terdapat dalam habbatussauda:

  1. Menurunkan Kolesterol
    Habbatussauda mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Sehingga dapat dikatakan bahwa habbatussauda merupakan tanaman herbal yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta meningkatkan kolesterol baik.
  2. Menurunkan Berat Badan
    Manfaat jintan hitam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen habbatussauda karena mampu menurunkan berat badan dan kadar trigliserida pada tubuh. Sehingga Minyak habbatussauda dapat membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh dan mencegah obesitas.
  3. Mempunyai Sifat Anti Kanker
    Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintan hitam dapat memberi efek antikanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa habbatussauda dapat menjadi obat anti kanker.
  4. Menutrisi Kulit
    Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, asam limonet dan vitamin E yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mampu meregenerasi sel-sel kulit. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menutrisi kulit dan menjaga kesehatannya.
  5. Meringankan Gejala Asma
    Habbatussauda mampu mengobati gejala asma seperti sesak nafas dan batuk. Penelitian telah dilakukan dan menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda secara rutin mampu memberikan dan membantu proses penyembuhan terhadap penyakit asma dengan cepat.
  6. Melawan Bakteri dan Virus
    Efek antimikroba yang dimiliki jintan hitam membuatnya mampu melawan penyakit dengan menghambat pertumbuhan jamur, bakteri dan virus. Hal ini membuktikan bahwa habbatussauda dapat membasmi virus yang menyebabkan flu, hepatitis C dan HIV.
  7. Menjaga Kadar Gula Darah
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji jintan hitam dapat membantu menjaga gula darah menjadi stabil sehingga dapat mencegah komplikasi dan penyakit serius akibat dari gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat memicu komplikasi seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan lainnya.'
  8. Memperbaiki Sistem Pencernaan
    Minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan. Ekstrak jintan hitam sering digunakan untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung
  9. Meredakan Rematik
    Gejala rematik berupa peradangan dan pembengkakan sendi dapat diobati dengan pemberian minyak habbatussauda. Sebuah riset memperlihatkan bahwa jintan hitam dapat membantu pengobatan asam urat dan rematik.
  10. Mengurangi Peradangan
    Kanker dan diabetes dapat terjadi karena peradangan kronis. Sehingga peradangan harus diwaspadai. Anti inflamasi yang dimiliki habbatussauda dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan dalam tubuh manusia.
  11. Melindungi Hati
    Beberapa riset dilakukan pada hewan bahwa biji jintan dapat membantu melindungi hati terhadap kerusakan dan cedera. Hati memiliki peranan yang vital dan harus selalu dijaga agar dapat terus berfungsi dengan baik.
  12. Memperkuat daya tahan tubuh
    Habbatussauda mampu memperkuat imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19. Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid. Kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui mampu menangkal efek radikal bebas dan meredakan peredangan yang menjadi pemicu beragam penyakit seperti kanker.

Seputar produk habbatussauda dan cara tepat memilihnya

Kenali Kandungan dan Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh https://www.freepik.com

Berbagai macam produk habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk seperti pil, kapsul atau sirup. Walaupun banyak produk habbatussauda yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, kamu perlu mengamati lebih cermat dalam memilih produk habbatussauda yang aman dan baik. 

Berikut adalah beberapa panduan dalam memilih habbatussauda:

  • Pastikan kemasan dalam keadaan baik dan tidak rusak, seperti sobek atau bolong.
  • Pastikan produk habbatussauda sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar teruji keamanan dan kualitasnya.
  • Jika produk habbatussauda tidak memiliki label komposisi atau kamu merasa ragu, sebaiknya jangan beli produk tersebut.
  • Bacalah tanggal kedaluwarsa dan label pada kemasan yang memuat informasi tentang kandungan di dalam produk habbatussauda sebelum membelinya.

Selain mengonsumsi habbatussauda agar imun tubuh tetap terjaga, kamu perlu menjaga makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup dan berolahraga dengan rutin terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Serta tetap melakukan protokol kesehatan agar terhindar dari virus yang sedang melanda dunia saat ini ya, Bela!

Baca Juga: 11 Manfaat yang Diperoleh dari Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh 

Baca Juga: 13 Khasiat Madu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh 

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatan