Bau kaki yang tak sedap sangatlah mengganggu sehingga hal ini perlu segera diatasi. Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat menekan timbulnya bau kaki tak sedap. 

Beberapa hal atau tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau kaki tak sedap ini juga bisa ditambah dengan penggunaan beberapa bahan alami. Maka upaya untuk menghilangkan bau kaki tersebut bisa berhasil. 

1. Cuci kaki hingga bersih

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat freepik/valuavutaly

Jika ingin bebas dari bau kaki yang tak sedap maka langkah sederhana yang harus dilakukan adalah mencuci kaki secara bersih. Jangan lupa untuk menggunakan sabun saat mencuci kaki agar seluruh bakteri pada kaki bisa mati.

Kaki memang merupakan bagian tubuh yang sangat rentan untuk diserang bakteri. Untuk itu kaki harus selalu dalam keadaan bersih misalnya dengan cara dicuci. 

2. Pakai sepatu berkualitas

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat Pexels.com/Karolina Grabowska

Sepatu juga turut berpengaruh pada kondisi kaki. Jika sepatu baik maka kondisi kaki akan bersih dan terhindar dari bau kaki sedangkan sepatu yang kurang baik akan menimbulkan rasa pengap pada kaki serta bau tak sedap. 

Untuk itu sebaiknya belilah sepatu yang terbuat dari bahan material berkualitas dan nyaman dipakai misalnya dari bahan kulit atau kanvas. Jadi kaki bisa bernapas dengan baik sehingga terhindar dari bau tak sedap.

3. Beli kaos kaki berkualitas

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat pexels/com/Abby Kihano

Tak hanya sepatu saja yang harus berkualitas namun kaos kaki juga harus berkualitas. Kaos kaki yang baik akan menghindarkan kaki dari bau tak sedap.

Untuk itu belilah kaos kaki yang terbuat dari bahan yang tepat misalnya bahan katun atau bahan wol dan bisa juga bahan kapas. Maka kaos kaki bisa bernapas dan terhindar dari bau.

4. Rajin cuci kaos kaki dan sepatu

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat www.timberland.com

Sekalipun sepatu dan kaos kaki bagus namun jika tak pernah dicuci tetap saja akan menjadi kotor sehingga menimbulkan bau kaki. Untuk itu sepatu dan kaos kaki harus dicuci secara rutin.

Mencuci sepatu juga kemudian harus dilanjutkan dengan tindakan mengeringkannya sampai benar-benar kering. Jangan lupa pula untuk menyimpan sepatu di tempat yang kering.

5. Pakai sandal

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat popbela.com

Kaki tidak harus terus memakai sepatu dan kaos kaki saat sedang bepergian atau keluar rumah. Sesekali Kamu bisa memakai sandal agar kaki bisa bernapas.

Menggunakan sandal sebenarnya sangat baik sebab kaki Kamu akan tetap kering. Kondisi kaki yang kering akan bebas dari bakteri sehingga tidak akan mengalami bau tak sedap.

6. Gunakan deodoran

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat Popbela.com/The Body Shop

Saat kaki tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap maka Nada bisa menyemprotkan deodoran pada kaki. Deodoran menjadi suatu benda yang akan sangat menolong Kamu jika memang mengalami bau kaki.

Semprotkan saja deodoran pada kaki yang bersih dan kering terutama di malam hari. Maka kaki akan tetap terjaga kekeringannya dan kebersihannya sampai dengan keesokan harinya.

7. Gunakan foot spray

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat hips.hearstapps.com

Foot spray hampir sama seperti halnya dnegan deodoran yang membantu mengatasi bau kaki tak sedap. Foot spray umumnya memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri dan antiperspirant sehingga dapat menghilangkan bau kaki dengan cepat.

Pilihlah foot spray dengan aroma yang sesuai selera. Foot spray akan membuat kaki menjadi harum dengan aroma yang sedap.

8. Rendam kaki

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat https://pixabay.com/

Merendam kaki juga bisa dilakukan untuk menghindarkan kaki dair bau tak sedap terutama saat Kamu memiliki waktu luang untuk melakukannya. Sebaiknya gunakan bahan alami untuk melakukan perendaman kaki.

Untuk keperluan merendam kaki bisa disiapkan campuran cuka dan air tepatnya dengan perbandingan 1:2. Setelah merendam kaki pastikan bahwa kaki telah dikeringkan agar tidak lembab.

9. Masukkan kantung teh pada sepatu

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat Pexels.com/Leah Kelley

Bahan alami kantung teh juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan bau kaki. Kantung teh ini bisa diletakkan di dalam sepatu tepatnya pada malam hari.

Kantung teh yang diletakkan di dalam sepatu diketahui dapat mengurangi tingkat kelembaban. Jadi upaya ini dapat menghindarkan timbulnya bau tak sedap pada sepatu. 

10. Gunakan garam

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat Dok. Internet

Rendam kaki juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau kaki. Selain bau kaki rupanya merendam kaki di dalam garam juga bisa menghindarkan kaki dari infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Maka tambahkan ½ gelas garam ke dalam 4 gelas air lalu tuangkan ke dalam bak untuk merendam kaki.

Beberapa cara di yang telah disebutkan merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki tak sedap. Namun bau kaki tak mungkin hilang secara langsung dalam sekejap. 

Agar bau kaki tak sedap bisa hilang maka seluruh kegiatan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin. Secara lambat laun bau kaki yang tak sedap dan mengganggu akan menghilang sehingga Anda bebas dari bau kaki. 

Baca Juga: Nggak Sulit, Ini 8 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki yang Mengganggu

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap

Baca Juga: Terbukti Ampuh, Begini 7 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami