Sangat umum bagi kebanyakan perempuan mengalami keterlambatan datang bulan atau haid karena berbagai faktor. Mulai dari faktor mental yang mengalami stress berkelanjutan, hingga faktor kesehatan seperti mengalami penyakit serius terkait reproduksi.

Untuk kamu yang mengalami keterlambatan haid karena faktor stres, sebenarnya ada beberapa cara mempercepat haid paling jitu yang bisa kamu coba lho! Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak baik-baik beberapa cara di bawah ini.

1. Memakai alat kontrasepsi hormon

9 Cara Mempercepat Haid Paling JituPinterest.com/ehliyetler.net

Salah satu cara mempercepat haid yaitu dengan cara memakai alat kontrasepsi hormonal. Biasanya alat kontrasepsi hormonal ini tersedia dalam bentuk pil, dan dapat diperoleh dengan mudah di toko obat atau apotik.

Menggunakan alat kontrasepsi hormonal dalam bentuk pil ini mampu mengatur hormon menjadi lebih teratur. Cukup konsumsi sesuai dengan saran yang diberikan pada kemasan, atau bisa juga menanyakan pada dokter kandungan langganan, ya!

2. Rutin minum vitamin C dosis tinggi

9 Cara Mempercepat Haid Paling JituPexels.com/JESHOOTS.com

Siapa sangka ternyata vitamin C juga bisa bermanfaat untuk membantu melancarkan haid setiap bulan untuk para perempuan. Dengan konsumsi vitamin C dosis tinggi maka tentunya metabolisme tubuh akan bekerja lebih baik dan lebih optimal.

Tidak hanya itu saja, vitamin C dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah hormon estrogen di dalam tubuh wanita secara maksimal. Dengan demikian potensi datangnya haid dapat diatur dengan baik dan bahkan dapat juga mempercepat siklus haid.

3. Rajin olahraga

9 Cara Mempercepat Haid Paling Jitupinterest.com

Cara mempercepat haid berikutnya yaitu dengan rajin melakukan olahraga secara berkala. Sebaiknya lakukan olahraga secara rutin supaya metabolisme tubuh menjadi lancar dan haid menjadi lancar.

Pilih olahraga yang dapat dilakukan dengan efektif misalnya melakukan jogging di pagi hari. Atau lakukan olahraga jenis lainnya yang tidak terlalu menyita waktu namun dapat dilakukan secara rutin setiap harinya ya!

4. Menjaga berat badan

9 Cara Mempercepat Haid Paling Jituimg-z.okeinfo.ne

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Salah satunya dengan cara mengatur pola makan yang seimbang dan teratur.

Menjaga berat badan yang ideal dipercaya dapat membantu hormon dalam tubuh bekerja lebih baik dan lebih optimal. Sehingga dapat membantu kelancaran datangnya haid setiap bulan.

5. Melakukan hubungan intim

9 Cara Mempercepat Haid Paling JituPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu sudah memiliki pasangan secara resmi, maka salah satu saran menarik yang bisa dilakukan dengan cara melakukan hubungan intim. Hal ini karena hubungan intim membantu pelebaran pada mulut rahim saat mengalami orgasme.

Dengan demikian maka darah menstruasi juga secara tidak langsung tertarik menurun, sehingga membantu proses menstruasi yang lebih lancar. Maka dari itu tidak ada salahnya mencoba untuk menerapkan hal ini secara rutin setiap bulannya terutama saat mendekati masa haid.

6. Melakukan relaksasi

9 Cara Mempercepat Haid Paling JituFreepik.com

Haid yang tertunda karena kamu merasa stres akan otomatis menuntut tubuh untuk berpikir positif. Salah satu cara mempercepat haid dapat dilakukan dengan cara melakukan relaksasi seperti misalnya melakukan meditasi atau yoga secara teratur.

Pikiran yang tenang dan relaks tentu akan menuntun tubuh untuk memiliki metabolisme yang lebih baik, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Demikian juga pada siklus metabolisme haid bulanan akan menjadi lebih baik dan Bela tidak mengalami keterlambatan.

7. Minum jahe hangat

9 Cara Mempercepat Haid Paling Jituherbalremediesadvice.com

Cara mempercepat haid berikutnya yang dapat dilakukan dengan mudah dan pasti jitu yaitu dengan konsumsi jahe hangat. Sebaiknya cobalah untuk membuat sendiri jenis minuman yang satu ini, supaya hasilnya lebih maksimal dan lebih higienis.

Jahe hangat membantu meningkatkan kontraksi pada area rahim, sehingga secara tidak langsung dapat mempercepat proses haid bulanan. 

8. Mengompres perut

9 Cara Mempercepat Haid Paling Jituhttps://pixabay.com

Apabila haid tidak kunjung datang, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan kompres pada area sekitar perut. Lakukan kompres hangat secara berulang.

Mengompres perut dengan air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah seputar rahim. Sehingga memicu siklus haid yang lebih lancar.

9. Konsumsi nanas

9 Cara Mempercepat Haid Paling Jitupinterest.com/ Parker Feierbach

Satu lagi cara mempercepat haid yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi buah nanas. Sebagai buah yang mudah didapatkan, tentu cara ini tidak sulit dilakukan kan.

Nanas kaya akan bromelain yang meningkatkan estrogen dan hormon lainnya. Sehingga pada akhirnya dapat memicu timbulnya haid yang lebih cepat.

Itulah cara mempercepat haid paling jitu untuk perempuan terutama bagi yang mengalami keterlambatan haid. Dengan melakukan cara di atas tentunya haid bisa berjalan lebih baik dan lebih lancar.

Dengan adanya siklus haid yang optimal, pasti tubuh akan terasa lebih sehat dan lebih baik. Selamat mencoba ya, Bela! Jangan lupa untuk konsultasikan juga masalah siklus menstruasi kamu ke dokter ya.

Baca Juga: Cara Menghitung Siklus Haid Paling Cepat 

Baca Juga: 8 Cara Melancarkan Haid Agar Datang Dengan Teratur 

Baca Juga: 7 Makanan yang Mampu Melancarkan Haid dengan Cepat