Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenali dengan Jelas 7 Ciri-Ciri  Anemia!

Apakah kamu salah satunya?

Vidya Nathania

Disebut sebagai kondisi tubuh yang paling sering dialami oleh banyak orang, kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut anemia bukanlah ini hal yang bisa dibiarkan begitu saja. Walau memang tampaknya sangat normal, namun pada beberapa kasus, anemia juga dapat menyebabkan kematian. Anemia tentu disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup yang buruk, sering mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, usai pasca operasi, hingga karena menstruasi. 

Namun, tampaknya beberapa orang masih ada yang belum mengerti benar apakah benar tubuhnya mengalami anemia atau hanya sekedar kelelahan saja. Biar semakin tahu dan untuk menambah pengetahuan, sebaiknya kenali ciri-ciri orang anemia yang biasa terlihat pada si penderita. So, keep scrolling, Bela!

1. Tubuh mudah lelah

Ciri-ciri orang anemia yang paling sering dialami banyak orang sebagai tanda awal ialah ketika tubuh mudah lelah walaupun hanya melakukan aktivitas ringan. Lamanya waktu tidur pun tak berpengaruh. Ciri-ciri orang anemia yang satu ini memang menjadi penghalang seseorang saat sedang menjalani aktivitasnya sehari-hari.

2. Diserang rasa kantuk yang berlebihan

Rasa lelah yang merupakan ciri-ciri orang anemia kadang kala disertai rasa kantuk yang berlebihan. Bukan karena kurang tidur, namun biasanya orang yang anemia tak memiliki oksigen yang cukup pada bagian otak untuk bisa bugar sepanjang hari.

rebloggy.com

3. Kepala terasa pusing

Tak dapat dipungkiri, salah satu ciri-ciri orang anemia ialah sakit kepala yang menyerang dengan hebatnya. Berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, seseorang yang sakit kepala dikarenakan anemia akan disertai dengan rasa lemas dan kantuk.

4. Jantung berdetak lebih cepat dari biasanya

Ciri-ciri orang anemia berikutnya ialah jantung pun berdetak lebih cepat daripada biasanya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sel darah merah pada tubuh sehingga jantung bekerja lebih ekstra dan akibatnya seseorang yang mengalami anemia pun merasakan detakan jantung yang begitu kuat.

studio47.co.id

5. Kesulitan untuk bernapas

Walaupun cukup jarang dialami oleh penderita anemia, namun sulitnya bernapas juga merupakan salah satu ciri-ciri orang anemia. Biasanya, jika seseorang mengalami ciri-ciri orang anemia yang satu ini, penanganannya pun harus segera dilakukan, karena jika tidak, dapat mengancam nyawa.

6. Tak dapat berkonsentrasi

Semua orang pasti tahu dengan ciri-ciri orang anemia yang satu ini. Yup, kesulitan berkonsentrasi menjadi sesuatu yang harus dihadapi oleh penderita anemia. Otak yang kekurangan oksigen dapat membuat seseorang kesulitan untuk berpikir serta memfokuskan diri terhadap suatu hal. Hal yang satu ini juga termasuk salah satu yang sangat mengganggu aktivitas selain tubuh yang mudah lelah, untuk itu, penting sekali untuk mengatasinya segera.

Vogue.com

7. Susah tidur dengan nyenyak

Ciri-ciri orang anemia yang terakhir ini dialami hanya beberapa orang saja. Kesulitan tidur atau yang sering dikenal dengan istilah insomnia ini memiliki dampak yang cukup buruk untuk seseorang. Selain dapat memberikan efek ngantuk saat sedang beraktivitas, seseorang yang insomnia biasanya rentan terhadap penyakit jantung.

Duh, ternyata walaupun anemia merupakan kondisi tubuh yang normal, setelah mengetahui ciri-ciri orang anemia, rasanya harus selalu memperhatikan dengan kondisi darah pada tubuh deh!

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Health