Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menerima Diri Sendiri Ada Caranya, Ini Tips a la Kae Pratiwi

Beauty standard masih berlaku

Puspita Ramadhani

Mendengar kata cantik, kira-kira gambaran seperti apa yang akan kamu bayangkan, Bela? Apakah cantik itu harus putih, kurus, berwajah tirus, dan lainnya? Well, nggak bisa dipungkiri, ya, kalau sejak dulu kita sudah dikelilingi dengan sebuah beauty standard masyarakat. 

Ditemui di acara Judges Gathering Beauty Awards 2022, Popbela berkesempatan ngobrol dengan Kae Pratiwi, seorang beauty content creator yang telah miliki 33 ribu pengikut di Instagram. Seperti apa, sih, definisi cantik dan pandangan beauty standard menurut Kae? Yuk, simak jawabannya. 

Melonggarnya beauty standard

Popbela.com

Ternyata, semakin berkembangnya zaman nggak membuat beauty standard hilang begitu saja, lho. Faktanya, sangat sulit mematahkan stigma yang telah tertanam sejak dulu soal kecantikan perempuan. Hal tersebut juga dirasakan oleh Kae Pratiwi.

Meski hal serupa juga dirasakan oleh Kae, namun menurutnya beauty standard saat ini tidak terlalu mengekang, kok! Ia merasa bahwa saat ini sudah banyak orang yang mulai menerima kecantikan versi dirinya sendiri. 

"I guess unfortunately masih ada, meski nggak semengekang itu tapi pasti masih ada beberapa orang yang masih memegang teguh. Sekarang aku lihat orang make their own standard. Sekarang pada fokus untuk ke diri sendiri yg bikin mereka nyaman dibanding comparing with others all the time. Jadi ada banyak beauty standard tapi lebih bersifat individual," jelas Kae.

Cantik itu menerima dirimu sendiri

Popbela.com

Berkecimpung di dunia kecantikan secara tak sengaja membuat Kae sadar bahwa ternyata cantik adalah saat kamu telah mampu menerima dirimu sendiri. Menyayangi dan melakukan banyak hal baik untuk diri sendiri adalah definisi cantik yang sesungguhnya bagi Kae. 

"Cantik adalah being able to feel okay about yourself. Cantik juga soal how you present yourself. Selain itu, cantik juga di saat kita merasa down, kita nggak nyalahin diri sendiri. Daripada mengeluh dan menyalahkan, mending nyari solusi," tutur Kae. Kalau cantik menurutmu bagaimana, Bela? 

Tips menerima diri sendiri versi Kae

Popbela.com

Pada awalnya, sosok beauty enthusiast ini sama sekali tak menyangka bahwa dirinya akan bisa seperti sekarang ini. Kala itu, ia aktif di sosial media hanya untuk me-challenge dirinya agar tidak selalu mendengarkan kata orang lain. 

“Bahkan alasan aku aktif di sosmed juga karena mau challenge diri aku sendiri untuk lakuin apa yang aku mau. Awalnya aku cuma do my own things, surprisingly feedback orang-orang baik dan menerima aku. Jadi dari situ aku bisa improve self confidence,” jawab Kae. 

Dari situlah Kae menyimpulkan bahwa kamu hanya perlu fokus pada dirimu sendiri dan tidak memikirkan apa kata orang lain. Saat kamu bisa fokus dengan diri sendiri, maka kamu bisa menghargai setiap perubahan kecil yang terjadi, dan tentu itu yang membuatmu semakin semangat untuk lebih baik lagi setiap harinya. 

“Kita sama-sama punya waktu yang sama, jadi jangan sampai dihabiskan hanya untuk daydream dan membandingkan. Lebih baik alokasikan dengan hal lebih baik. Just be competitive with yourself. Ketika bisa lebih fokus sama diri sendiri, maka little progress bisa lebih rewarding. Nggak merasa tertekan dengan achievement orang lain. Lakukan untuk diri sendiri, jangan berlomba untuk membuktikan ke orang lain. Memang pressure selalu ada, tapi selama kita bisa memproses itu, maka itu akan jadi lebih mudah. Meski itu semua butuh waktu, tapi semuanya berawal dari mindset. Fokus apa yg bisa kita improve,” terang Kae memaparkan tips versi dirinya. 

Itulah rahasia Kae yang membuat dirinya bisa menerima dan menuntun dirinya hingga menjadi beauty content creator seperti saat ini. Kamu juga bisa lakukan hal serupa, lho, Bela. 

Kae Pratiwi menjadi salah satu juri yang turut berperan dalam memilih brand beauty terbaik di ajang Popbela Beauty Awards 2022. Popbela Beauty Awards 2022 akan diumumkan dalam rangkaian acara Beauty Fest Asia 2022.

IDN Media Channels

Latest from Health