Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Mengecilkan Lengan Secara Cepat dan Efektif

Jadi pede pakai tank top deh!

Jennifer Alexis

Tubuh yang proporsional tentunya menjadi impian banyak orang, tentunya perempuan. Namun, pola makan yang berantakan nggak jarang membuat angka timbangan bergeser ke kanan. 

Bukan cuma berat badan yang naik, beberapa bagian tubuh seperti lengan kok jadi nggak sekecil dulu lagi ya? Apakah kamu salah satu yang sedang mengalaminya, Bela? Jika ya, tenang, nggak usah panik, nggak usah khawatir. Berikut sembilan cara mengecilkan lengan secara cepat dan efektif. Simak yuk!

1. Angkat beban

popsugar.com

Angkat beban jadi salah satu cara mengecilkan lengan secara cepat dan efektif lho karena latihan yang satu ini membantu membentuk otot sehingga lenganmu tidak akan bergelambir.

Caranya juga cukup mudah. Pegang barbel seberat satu atau dua kilogram dengan kedua tangan seperti pada gambar. Sambil mengencangkan otot perut dan menegakkan bahu, angkat kedua tanganmu ke atas kepala. Tahan beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 3 set, dimana tiap setnya sama dengan 15 kali gerakan. Kamu juga bisa melakukannya sambil duduk lho.

2. Push up

tonygentilcore.com

Selain mudah dilakukan di mana saja, latihan ini juga ampuh untuk membentuk otot perut dan bahu, dan tentunya efektif untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan. Lakukan secara rutin dan kamu pasti nggak akan malu lagi menggunakan sleeveless top.

3. Bench dips

videoblocks.com

Bermodalkan bangku atau kursi dan kedisplinan dalam melakukannya, kamu pasti akan kagum akan hasil latihan yang satu ini. Caranya, tumpukan kedua tanganmu pada kursi (seperti pada gambar), lalu sambil menekuk siku turunkan bagian pantat hingga hampir menyentuh lantai, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan 20-30 kali untuk hasil yang maksimal.

4. Gerakan memutar tangan

pitchersthrowcheese.com

Ini merupakan salah satu latihan yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu merentangkan kedua tanganmu, lalu putar ke depan sebanyak 20 kali, lalu lakukan hal yang sama dengan arah sebaliknya. Selanjutnya tingkatkan intensitasnya menjadi 30 kali dan seterusnya. Dijamin lenganmu akan mengecil.

5. Pull up

shape.com

Walaupun awalnya terasa sulit, namun pull up juga menjadi salah satu cara mengecilkan lengan yang cepat dan efektif lho. caranya, berdirilah di bawah tiang horizontal. Lalu, genggam tiang tersebut dengan kedua tanganmu dan angkat seluruh badanmu hingga kepala melewati garis tiang tersebut. Mulailah dengan mengulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali. Jika sudah terbiasa, tingkatkan intensitas latihan menjadi 20-30 kali.

6. Berenang

principiaathletics.com

Berenang yang banyak menggunakan lengan dalam gerakannya  juga ampuh untuk mengecilkan lengan secara cepat dan efektif lho. Nggak hanya itu, tubuh pun menjadi lebih fit karena semua otot ikut bergerak, Pikiran pun dijamin jadi lebih segar.

7. Boxing

vogue.com

Cara mengecilkan lengan secara cepat dan efektif lainnya yang bisa kamu coba adalah boxing. Latihan boxing yang banyak menggunakan tangan dan lengan dapat dengan efektif dan cepat membakar lemak di bagian tersebut. Hasilnya, lenganmu tidak hanya akan mengecil tapi juga jadi lebih berbentuk lho. Selain itu, boxing juga bisa jadi cara untuk menghilangkan stres. Lengkap deh!

8. Lompat tali

womenhealthmag.com

Hanya dengan tali khusus olahraga atau skipping rope, lengan kecil akan jadi milikmu. Lakukan latihan selama 10-15 menit setiap harinya. Lengan mengecil, aliran darah dalam tubuh jadi lebih lancar, tubuh jadi lebih sehat deh.

9. Konsumsi makanan sehat

themountaineer.com

Terakhir, cara untuk mengecilkan lengan yang cepat dan efektif adalah dengan mengonsums makanan sehat. Hindari makanan berlemak tinggi, junk food, minuman kemasan, dan perbanyak konsumsi protein, buah, sayur, dan tentunya lengkapi asupan harianmu dengan meminum delapan gelas air putih setiap harinya.

Nah, itu tadi sembilan cara untuk mengecilkan lengan secara cepat dan efektif. Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health