Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Faktanya, Mandi Air Dingin Dapat Memberi 7 Manfaat Ini Lho

Nomor 7 paling penting nih!

Popbela.com

Saat akan mandi, kamu lebih suka menggunakan air panas atau air dingin, Bela? Well, kalau kamu menyukai mandi air dingin, ada sederet kabar baik untukmu. Fakta dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan air dingin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk itu mandi dengan air dingin cocok banget dijadikan kebiasaan bagi tubuhmu. 

1. Untuk melancarkan sirkulasi darah

Freepik

Air dingin yang menyentuh tubuh mampu memberikan rangsangan pada aliran darah. Hal ini karena tubuh berusaha menjaga suhu yang ideal sehingga jantung akan memompa aliran darah secara lebih efisien. Peredaran darah yang lancar akan membuat kita terhindar dari penyakit kardiovaskular. 

2. Dapat meningkatkan mood

thesun.co.uk

Beberapa peneliti menemukan bahwa mandi air dingin dapat memberi manfaat bagi fisik maupun mental.  Menurut artikel yang dimuat dalam jurnal Medical Hypotheses, mandi dengan air dingin mampumengaktifkan sistem saraf simpatik serta meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin inilah yang mampu memicu rasa senang pada tubuh dan pikiran kita. Sehingga mood dan kita pun dapat terbangun dengan sendirinya menjadi baik. 

3. Untuk menenangkan kulit yang iritasi

Freepik

Kalau kamu memiliki kondisi khusus pada kulitmu seperti eksim atau psoriasis, mandi air dingin dianjurkan untuk menjaga agar tidak gatal. Mandi dengan air hangat justru akan menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit. Mandi dengan air dingin sangat dianjurkan jika kamu memiliki masalah dengan skin barrier seperti iritasi, kulit mengelupas, dan sebagainya. 

4. Membuat kulit lebih bercahaya

Freepik

Faktanya mandi dengan air dingin mampu mengencangkan kulit. Di samping itu, air dingin juga mampu menghambat aliran darah sehingga membuat kulitmu bersinar lebih sehat. Tidak seperti air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan minyak alami kulit menjadi kering. 

5. Meredakan rasa sakit

Freepik

Faktanya, mandi dengan air dingin dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini disebabkan paparan air dingin yang mampu menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sehingga pembengkakan dan penumpukan cairan dalam tubuh berkurang.  

Di samping itu, air dingin juga mampu memperlambat pengiriminan sinyal rasa sakit ke otak. Inilah yang membuat rasa sakit menjadi berkurang. Untuk itu mandi air dingin cocok dilakukan setelah kamu memiliki aktivitas fisik yang intens seperti olahraga berat. 

6. Dapat membantumu bangun di pagi hari

Freepik

Mandi pagi hari dengan air dingin tentunya jadi kegiatan yang menantang bukan? Kamu akan merasakan sensasi lebih dingin karena faktor suhu udara di pagi hari serta suhu air. Namun mandi di pagi hari justru baik dilakukan karena efektif untuk membangunkan tubuhmu yang masih merasakan kantuk. Ketika badanmu terkena cipratan air dingin, asupan oksigen serta detak jantung akan otomatis meningkat. Sehingga rasa kantuk bisa hilang seketika. 

7. Memicu turunnya berat badan

Freepik

Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air dingin di samping meningkatkan laju sirkulasi darah, juga dapat mengurangi lemak pada tubuh. Di dalam tubuh kita terdapat beberapa sel lemak. 

Salah satunya adalah brown fat. Sel brown fat ini sebagian besar terletak pada leher juga bahu. Brown fat merupakan sel yang dapat merubah lemak menjadi energi panas saat suhu di luar tubuhmu dingin. 

Saat kita mandi dengan air dingin, tubuh akan berusaha menstabilkan suhu dengan melakukan pembakaran di dalam tubuh.  Di sinilah ada kemungkinan kamu akan mengalami penurunan berat badan.

Nah, itu dia manfaat mandi air dingin yang bisa dirasakan oleh tubuh baik secara fisik ataupun mental, Bela! Bagi kamu yang memiliki kebiasaan mandi dengan air dingin, sekarang bisa semakin menikmati momen mandi kamu setelah mengetahui manfaatnya kan?

IDN Media Channels

Latest from Health