Bagi kaum perempuan, rambut merupakan mahkota yang sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan. Untuk itu, setiap perempuan pasti ingin mempertahankan keindahan rambutnya saat sedang melakukan aktivitas. Namun, bagaimana jika rambut menjadi lepek mendadak? Hal tersebut pastinya sangat dihindari oleh banyak perempuan karena dapat merusak penampilan. 

Namun, tak perlu cemas Bela, karena ada beberapa cara mengatasi rambut lepek yang ternyata bisa kamu coba lho. Keep scrolling!

1. Menggunakan dry shampoo

Kerap disebut sebagai salah satu cara mengatasi rambut lepek yang paling mudah, menyemprotkan dry shampoo adalah cara untuk mengembalikan rambut lepek dengan instan. Karena diminati oleh banyak orang, maka sekarang sudah banyak merek kecantikan yang memproduksi produk yang satu ini sehingga memudahkan kamu untuk menemukannya.

2. Membaurkan bedak bayi

Jika kamu tak punya produk dry shampoo atau sedang kehabisan, maka cara mengatasi rambut lepek yang mudah lainnya ialah kamu juga bisa menggunakan bedak tabur bayi pada bagian kulit kepala yang berminyak. Jangan takut mengotori rambut, karena ketika kamu menggosok bedak secara perlahan, maka bedak akan memudar dan minyak di kulit kepala pun berkurang.

Biar Cetar Setiap Saat, Ikuti Cara Mengatasi Rambut Lepek Inihair.com

3. Menggosok dengan lemon

Jika kamu sedang berada di rumah, mungkin cara mengatasi rambut lepek yang satu ini bisa kamu coba. Potong secara tipis buah lemon, gosokkan secara perlahan pada kulit kepalamu, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Jika kamu melakukan cara alami ini, maka kamu akan jarang mengalami masalah rambut lepek.

4. Keramas dengan air hangat

Cara mengatasi rambut lepek lainnya bisa juga saat kamu sedang membersihkan rambut. Kalau biasanya kamu terbiasa menggunakan air dingin, cobalah untuk menggantinya dengan suhu air yang lebih hangat. Karena suhu hangat dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan cara ini juga kerap disebut sebagai terapi untuk mencegah rambut lepek.

Biar Cetar Setiap Saat, Ikuti Cara Mengatasi Rambut Lepek IniPinterest.com

5. Pilih produk sampo yang dapat mengontrol produksi sebum di kulit kepala

Cara mengatasi rambut lepek takkan lengkap jika kamu tak memilih produk sampo yang tepat. Untuk itu, pilihlah produk sampo dengan kandungan asam yang dapat mengontrol minyak pada kulit kepala penyebab rambut lepek. Namun, jangan terlalu sering keramas juga ya Bela, karena dapat bisa membuat kulit kepalamu kering!

6. Rutin menggunakan serum rambut

Selain sampo, cara mengatasi rambut lepek lainnya adalah dengan rutin menggunakan produk serum rambut. Serum rambut diciptakan khusus untuk menutrisi kulit kepala hingga ke akar sehingga dapat mengatasi masalah rambut lepek dengan hasil yang memiliki jangka waktu panjang.

Biar Cetar Setiap Saat, Ikuti Cara Mengatasi Rambut Lepek Inijamienelsonphoto.blogspot.com

7. Hindari kebiasaan buruk pada rambut

Untuk memperlengkapi cara mengatasi rambut lepek, kamu pun juga wajib untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk yang kamu lakukan tanpa sadar seperti mengikat rambut dalam keadaan basah, terlalu sering menggunakan topi atau aksesori rambut lainnya serta jarang keramas.

Wah, ternyata cara mengatasi rambut lepek bukanlah hal yang sulit ya Bela? Mulai dari memperbaiki kebiasaan hingga beberapa cara lainnya yang bisa mulai kamu coba lakukan. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Lepek Kamu Belum Berhasil? Cek 5 Hal Ini