Sebagai mahkota perempuan, rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan perawatan ekstra. Namun, sayangnya berbagai masalah rambut kerap terjadi, salah satunya ada rontok. Walau rambut rontok merupakan hal yang wajar, namun jika berlebihan tentu akan mengurangi kerpecayaan diri kamu. 

Penyebab rambut rontok juga sangat beragam, mulai dari stres, efek samping obat-obatan, hingga salah menggunakan produk. Nggak boleh asal, berikut cara merawat rambut rontok yang bisa kamu ikuti!

1. Jangan terlalu sering keramas

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontokwellandgood.com

Kebersihan memang penting untuk kesehatan rambut, namun terlalu sering keramas bisa memperparah kondisi rambut kamu. Karena, produk perawatan rambut yang kamu gunakan mengandung aneka jenis bahan kimia. Nah, bahan kimia ini yang berdampak buruk bagi rambut apabila digunakan terlalu sering. Jadi, tips merawat rambut rontok yang pertama adalah keramaslah secukupnya ya, Bela. 

2. Hindari menyisir rambut saat basah

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontokbyrdie.com

Perlu kamu pahami, rambut menjadi lebih rapuh ketika dalam keadaan basah. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menyisir ketika rambut masih dalam keadaan basah karena rambut akan mudah lepas dari kulit kepala. Jika ingin menyisir rambut sambil merawat rambut rontok, sebaiknya tunggu hingga rambut sudah kering. 

3. Kurangi penggunaan hair tools

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontoktelset.id

Harus diakui, rambut yang ditata rapi dengan curly dibagian bawah akan menambah kepercayaan diri kamu. Tetapi, menggunakan hair tools dengan suhu yang cukup tinggi bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Untuk itu, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami dan tata rambut kamu menggunakan tangan. 

4. Tidak mengikat rambut terlalu ketat

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontoklorealparisusa.com

Tops merawat rambut rontok berikutnya adalah perlakukan rambut kamu secara lembut dan hati-hati. Dengan menyisir terlalu kasar dan menguncir rambut terlalu ketat dapat membuat rambut menjadi mudah rontok. Ketika rambut diikat terlalu kencang, maka akar rambut akan tertarik dan menyebabkan rambut menjadi mudah patah. 

5. Selalu menjaga benda yang menyentuh rambut

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontokindependent.co.uk

Agar ritual merawat rambut rontokmu nggak sia-sia, selalu pastikan apa pun benda yang menyentuh rambutmu dalam keadaan bersih. Seperti helm, seprai bantal, kerudung, hingga sisir. Bisa jadi, penyebab rambut rontok yang terjadi karena adanya penumpukan bakteri dari benda-benda yang menyentuh rambut. 

6. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontokmedicalnewstoday.com

Tak hanya dari luar, kamu harus merawat rambut rontok dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega. Karena asam lemak omega dapat membantu sel-sel bekerja dengan optimal sehingga meningkatkan kekebalan. Jadi, secara tidak langsung rambut juga menjadi lebih kuat dan terbebas dari rontok. 

7. Gunakan perawatan khusus untuk rambut rontok

Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontokdermstore.com

Tentu saja, untuk mengurangi rambut rontok membutuhkan perawatan khusus. Kamu bisa mencari produk yang mengandung minoxidil yang berfungsi untuk menyuburkan dan memperkuat rambut. Tetapi perlu diingat, jika rambut sudah sangat rontok, sebaiknya konsultasikan ke dokter ya, Bela. 

So, itu dia tujuh cara mudah untuk merawat rambut rontok. Pastikan juga untuk hindari stres berlebih dan selalu jalankan pola hidup yang lebih seimbang. Semoga artikel ini membantu kamu ya! 

Baca Juga: 5 Makanan Berprotein Tinggi Ampuh Cegah Rambut Rontok di Usia Muda

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Ampuh, Dicoba Yuk!

Baca Juga: Nggak Nyangka, 7 Hal Ini Bisa Menyebabkan Kerontokan Rambut