Beberapa dari kalian pasti mengakui deh bahwa rambut badai bak abis dari salon mampu menambah kepercayaan diri. Untuk itu, mencatok rambut menjadi sebuah keharusan sebelum beraktivitas di luar rumah. 

Tapi di balik itu, suhu panas yang dihasilkan oleh catokan ternyata berpotensi membuat rambut kamu cepat rusak, seperti mudah kering, bercabang, patah, hingga mengalamii rambut rontok. Jika tidak dirawat, maka kesehatan rambut akan semakin menurun dan jadi tidak terawat. 

Ada yang lagi mengalaminya nggak? Eits eits, nggak perlu khawatir kok, karena Popbela akan memberikan lima cara merawat rambut rusak akibat sering dicatok. Wah, kira-kira apa saja dan bagaimana caranya? Yuk langsung intip aja!

1. Gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan keratin

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Sering Dicatokhairstory.com

Suhu panas yang dihasilkan oleh catokan mampu merusak kelembapan dan kesehatan rambut. Untuk itu, penting memilih sampo dan kondisioner yang mengandung kerating sehingga dapat menutrisi serta menyehatkan rambut. 

Sebenarnya, tubuh kita secara alami akan menghasilkan keratin, namun pengunaan hair styling seperti catokan dapat menyebabkan produksi keratin berkurang. Jadi jangan lupa untuk selalu merawat rambut rusak akibat sering dicatok dengan memilih perawatan rambut yang tepat.

2. Sebelum menata rambut, semprotkan heat protection

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Sering Dicatokbeautylish.com

Sebelum memulai rutinitas mencatok rambut, sebaiknya gunakan produk yang dapat menjaga rambut dari suhu panas. Umumnya, heat protection berbentuk oil atau spray, sehingga mudah sekali diaplikasikan ke rambut. Selain itu, heat protection juga berfungsi memberikan kelembapan dan kelembutan. Sehingga rambut lebih mudah diatur dan bersinar. 

3. Hair serum untuk di kulit kepala

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Sering DicatokPopbela.com/Andhina Effendi

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Meski umumnya rambut di dekat kulit kepala tidak terkena panas catokan, tetapi penting untuk merawat rambut mulai dari akarnya. Hair serum berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan meencegah kerontokan rambut. Jika rambut sudah tebal dan sehat, maka hasil catokan akan jauh lebih bagus, kan?

4. Rutin mengaplikasikan hair mask

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Sering Dicatokgoodhousekeeping.com

Nggak cukup dengan perawatan harian, rambut rusak akibat sering dicatok juga membutuhkan nutrisi lebih yang bisa didapatkan dari hair mask. Hair mask berfungsi untuk merawat dan memperbaiki rambut yang rusak akibat seringnya terpapar sinar matahari, debu, hingga suhu panas. 

Kandungan yang terdapat di dalam hair mask juga mampu mengembalikan keindahan dan kesehatan rambut secara alami. Untuk itu, pilih produk hair mask yang sesuai dengan jenis rambut dan jangan lupa aplikasikan seminggu sekali, ya!

5. Trim ujung rambut secara berkala

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Sering Dicatokwomenshealthmag.com

Salah satu efek dari sering mencatok adalah rambut terasa kering dan mudah bercabang. Terlebih bagian ujung rambut yang umumnya akan terkena suhu panas lebih sering dibandingkan area rambut lainnya. Untuk mencegah rambut semakin rusak, pangkas atau trim rambut secara berkala sebanyak 2-3 cm. Kamu bisa lakukan hal ini di rumah aja, lho. 

Nah, itu dia lima cara merawat rambut rusak akibat sering dicatok. Mudah banget, kan? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 9 Cara Blow Rambut Sendiri di Rumah, Simpel dan Mudah Banget!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Serum Penumbuh Rambut yang Paling Ampuh 

Baca Juga: 5 Pilihan Hair Mask yang Bikin Rambut Semakin Indah