Bela, apakah sampai sekarang kamu masih sering mengikat rambut saat bad hair day? Atau kamu masih menggunakan bedak agar rambut tidak terlihat berminyak? Sejak adanya dry shampoo, kamu bisa bernapas lega jika harus keluar rumah meski belum sempat keramas. Di samping praktis, dry shampoo bisa mengubah rambut lepekmu menjadi tidak berminyak dan mudah diatur. Namun jika sahabat barumu ini digunakan secara berkala, bahkan sudah mengganti peran shampo dalam kehidupan sehari-hari, kamu perlu berhati-hati. Ini lho bahaya yang bisa muncul kalau kamu selalu ‘keramas’ menggunakan dry shampoo.

5 Alasan Mengapa Dry Shampoo Bisa Merusak Rambut Indahmu
 

Kotoran seperti polusi, debu dan minyak yang menempel di kulit kepala hanya bisa disingkirkan menggunakan air dan shampo. Dry shampoo memang membuat rambutmu terlihat lebih lembut, namun kondisi tersebut hanya bersifat sementara.

5 Alasan Mengapa Dry Shampoo Bisa Merusak Rambut Indahmu
 

Minyak alami yang muncul beberapa saat setelah kamu keramas berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Jika kamu sering menggunakan dry shampoo, minyak tersebut yang hilang. Bahayanya lagi, zat yang terkandung dalam dry shampoo lama-lama juga akan masuk melalui kulit kepala.

5 Alasan Mengapa Dry Shampoo Bisa Merusak Rambut Indahmu
 

Dalam jangka waktu tertentu, rambutmu akan lebih mudah rontok karena pemakaian dry shampoo yang berlebihan. Rambut baru pun akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat sehingga kebotakan bisa saja terjadi.

5 Alasan Mengapa Dry Shampoo Bisa Merusak Rambut Indahmu
 

Apa pun bentuk dan bahannya, natural dry shampoo bukanlah solusi yang tepat untuk mengurangi risiko atas kerusakan rambut. Bayangkan ketika kulit kepalamu berminyak lalu kamu ‘bersihkan’ dengan bahan yang sifatnya mengeringkan. Bisa jadi, ketombe menjadi masalah baru untukmu.

5 Alasan Mengapa Dry Shampoo Bisa Merusak Rambut Indahmu
 

Jika kamu terpaksa harus menggunakan dry shampoo, gunakanlah di saat-saat yang darurat, seperti saat harus menghadiri acara penting setelah jam kantor di mana kamu tidak sempat pulang dan membersihkan diri. Sempatkan untuk keramas sesampainya di rumah.

Sesuatu yang praktis memang diciptakan untuk mempermudah hidup kita sehari-hari. Namun, pergunakan kemudahan tersebut secara bijak. Kemaras menggunakan shampo adalah cara terbaik dan paling efektif untuk membersihkan rambut dan kulit kepala sekaligus menjaga kesehatan rambut agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.