Kerontokan rambut sering sekali terjadi. Saringan air di kamar mandi, lantai rumah, dan bantal pastinya menjadi saksi. Tapi kenapa ya rambut terus rontok?

Ada banyak hal yang bisa membuat rambut rontok. Mungkin kamu akan mendapat jawabannya setelah membaca alasan-alasan berikut.

1. Faktor keturunan

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu AlamiPexels.com/Elly Fairytale

Faktor genetis atau keturunan bisa jadi menjadi alasan rambut kamu mengalami kerontokan. Bila orang tua atau nenek dan kakek kamu memiliki masalah yang sama, maka kemungkinan besar itulah penyebabnya.

2. Rambut kekurangan vitamin dan nutrisi

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu AlamiFreepik.com

Rambut rontok bisa terjadi karena kekurangan vitamin dan nutrisi. Kamu memerlukan vitamin b12, zat besi, dan tentunya protein agar bisa memiliki rambut yang kuat. Kandungan vitamin dan nutrisi ini bisa kamu cukupi dengan memiliki pola makan yang sehat. Selain itu bisa juga didukung dengan penggunaan vitamin rambut.

3. Terjadi perubahan hormon

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu AlamiPexels.com/Tima Miroshnicher

Adanya perubahan hormon pada tubuhmu bisa mempengaruhi rambut juga. Misalnya seseorang baru saja melahirkan, maka kemungkinan besar akan mengalami kerontokan rambut. Namun hal ini biasanya akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu.

4. Penggunaan pengering dan pelurus rambut terlalu sering

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu Alamifreepik.com/diana-grytsku

Jika kamu menggunakan pengering rambut dan pelurus rambut setiap hari maka kamu harus menjaga rambut dengan ekstra. Terlalu sering terkena panas bisa membuat rambut menjadi kering dan bisa menghilangkan kelembapan alami rambut. Hal inilah yang membuat rambut menjadi rontok.

5. Faktor stres

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu AlamiPexels.com/Anna Shvets

Segala perasaan dan emosi negatif yang bertumpuk bisa berpengaruh pada kerontokan. Hal ini menjadi penyebab kerontokan yang sering terjadi namun tidak kita sadari. Ketika kamu mengalami stressed out rambut bisa dengan mudah rontok, bahkan juga berpengaruh pada kulit kepala, misalnya menimbulkan ketombe.

6. Adanya penyakit pada kulit kepala

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu Alami

Jika kerontokan terjadi terus-menerus dan sudah mengganggu coba konsultasikan ke dokter. Bisa jadi ada permasalahan yang terjadi pada kulit kepala. Salah satu di antaranya adalah hyperthyroidism. Dikutip dari Cosmopolitan, hyperthyroidism merupakan kondisi tiroid yang tidak seimbang sehinggaa mempengaruhi kondisi folikel rambut.

7. Faktor usia

Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu AlamiPhimchanok Srisuriyamart from Pixabay" target="_blank">pixabay/pimnana

Salah satu hal yang terjadi ketika usia sudah di atas 30 tahun atau 40 tahun adalah mulai terjadinya kerontokan. Hal ini sangat wajar terjadi, seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga akan kehilangan kekuatannya seiring kita bertambah usia. Untuk itulah pentingnya mengonsumsi makanan sehat sejak usia dini, sebagai investasi untuk kesehatan nanti.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kerontokan pada rambut. Jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter jika kamu merasa kondisinya sudah tidak wajar ya.

Baca Juga: Mengatasi Rambut Rontok dengan 5 Bahan Dapur Alami, Berani Coba?

Baca Juga: 7 Penyakit yang Ditandai dengan Rambut Rontok, Jangan Disepelekan ya! 

Baca Juga: 7 Sampo untuk Rambut Rontok yang Bisa Kamu Coba