Punya rambut yang mudah rontok pasti bikin orang seringkali tidak percaya diri. Kondisi rambut yang mudah rontok ini ternyata bisa jadi karena banyak faktor lho. Bahkan ada juga yang disebabkan oleh penyakit yang sudah bersifat turun temurun.

Bukan hanya sekedar faktor tidak cocok dengan perawatan rambut, ternyata masih banyak penyebab rambut mudah rontok lainnya. Penasaran apa saja? Bela, ini dia 7 penyebab rambut mudah rontok yang paling umum terjadi!

1. Faktor Genetik

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokpopsugar.com

Faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebab rambut mudah rontok baik pada laki-laki maupun perempuan. Kerontokan rambut yang diakibatkan oleh faktor genetik ini dinamakan adrogenetic alopecia (AGA). Orang yang memiliki penyakit ini biasanya memiliki folikel rambut yang lebih sensitive terhadap hormon yang di produksi secara alami pada tubuh.

2. Olahraga Ekstrim

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokaudacy.com

Ternyata intesitas tinggi dari melakukan olahraga juga bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut lho! Ini terjadi karena dengan berolahraga kita menghasilkan hormon testosterone berlebih sehingga berhenti memproduksi helai-helai rambut.

3. Kurang Cocok dengan Sampo yang Dipakai

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokallthingshair.com

Salah satu penyebab rambut rontok yang sering terjadi juga tidak cocok dengan sampo yang digunakan. Bisa saja hal ini terjadi karena kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, sehingga tidak cocok dengan bahan-bahan yang terkandung pada sampo yang digunakan untuk keramas. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memilih produk yang tidak mengandung surfaktan yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering dan sensitif.

4. Kurang Tidur

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokpopsugar.com

Ternyata kurang tidur juga bisa menjadi alasan kenapa rambut kamu mudah rontok! Hal ini bisa dijelaskan kondisi kurang tidur bisa membuat seseorang lebih lelah dari biasanya sehingga kebutuhan dari kulit dan rambut tidak terpenuhi. Untuk itu, pastikan kamu tetap mendapatkan waktu tidur yang sesuai ya, Bela!

5. Kulit Kepala Kering

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokshefalitayal.com

Kondisi kulit kepala kering bisa adalah salah satu yang sering terjadi pada banyak orang. Keringnya kulit kepala menandakan bahwa kulit kepala tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga tidak kuat untuk menahan akar rambut yang mengakibatkan kerontokan. Untuk menghindari kulit kepala kering, hindari produk-produk untuk rambut yang bersifat mengeringkan seperti bleaching dan mewarnai rambut.

6. Kondisi Merokok

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontoknetdoctor.com

Ternyata merokok dapat mempercepat penuaan yang berakibat keterbatasan aliran darah kepada kulit. Hal ini menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Sebuah studi menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang menjadi perokok aktif apabila tidak melakukan perawatan rambut dengan benar akan lebih cepat mengalami kebotakan dini.

7. Stres

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Mudah Rontokpinterest.com

Paling sering orang mengatakan bahwa rambut rontok tandanya orang tersebut stres, tidak sepenuhnya salah lho! Ternyata akibat stres berlebih yang tidak bisa dikelola dengan baik mengakibatkan peningkatan kortisol yang mematikan folikel rambut dari seseorang. Untuk itu, pastikan kamu bisa mengelola stres agar rambutmu juga tidak mudah rontok ya, Bela!

Baca Juga: Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu Alami

Baca Juga: Mengatasi Rambut Rontok dengan 5 Bahan Dapur Alami, Berani Coba?

Baca Juga: Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontok