Kemiri atau dengan nama latin Aleurites moluccanus merupakan buah dari pohon kemiri yang mirip seperti kacang walnut yang banyak tumbuh di wilayah tropis, termasuk Indonesia. Kemiri biasanya diolah terlebih dahulu sebagai bahan masakan agar bisa konsumsi.

Selain itu kemiri juga memberikan manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan rambut. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kemiri untuk rambut adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan rambut

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah freepik.com/cookie_studio

Manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kemiri adalah untuk menumbuhkan rambut. Khasiat dari minyak kemiri ini yaitu mampu mencegah kerontokan dan mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Sehingga, untuk kamu yang mengalami masa kerontokan atau bahkan menuju kebotakan bisa mencoba menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Mencegah rambut kering

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah freepik/drobotdean

Manfaat lain yang bisa diambil dari khasiat minyak kemiri adalah mampu mencegah rambut menjadi kering dan kusut. Minyak kemiri akan memberikan kelembapan pada rambut yang berasal dari asam amino dan asam lemak esensial yang dikandung oleh kemiri. 

Kandungan kemiri tersebut akan menembus dan masuk ke dalam lapisan kulit kepala sehingga rambut akan terasa lebih lembap dan sehat.

3. Memperkuat rambut

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah Freepik

Kandungan minyak kemiri yaitu asam linoleat dapat menutrisi, melapisi, melembapkan serta memperbaiki masalah rambut yang bercabang. Cara menggunakan minyak kemiri untuk masalah rambut kamu bisa dengan cara mengoleskan minyak kemiri sebagai masker rambut secara rutin.

4. Membuat rambut hitam berkilau

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah Freepik.com

Minyak kemiri akan membuat rambut menjadi hitam berkilau sudah tidak asing lagi didengar. Kandungan asam gamma-linolenic pada kemiri berfungsi sebagai pelembap alami bagi rambut.

Kandungan ini akan memberikan kelembapan pada rambut sehingga rambut akan tampak lebih sehat dan menjadi hitam berkilau secara alami.

5. Melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah Shutterstock/wolfstudiobkk

Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam kemiri, mampu melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Vitamin E akan menetralisir radikal bebas dari pancaran sinar matahari serta menjaga sel membran rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Sehingga, vitamin E dikenal sebagai agen penjaga dari paparan sinar matahari pada kulit kepada yang mengakibatkan kerusakan.

6. Mengatasi ketombe

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah Pinterest.com/Lisse Luxe Hair Towel

Ternyata khasiat dari minyak kemiri tidak hanya dapat melindungi dan menyehatkan rambut atau kulit kepala. Tapi, minyak kemiri juga daoat mengatasi masalah ketombe membandel di kulit kepala.

Kandungan asam linoleat yang terdapat di dalam kemiri berfungsi sebagai anti radang dan juga berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di kulit kepala. Sehingga, minyak kemiri sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe kamu.

7. Melembapkan kulit kepala

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah allthingshair.com

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, khasiat lain yang dapat diberikan yaitu untuk melembapkan kulit kepala. Kandungan tanin pada kemiri yang berfungsu sebagai antioksidan mampu membuat kulit kepala kamu menjadi lebih bersih, sehat dan bebas dari bakteri.

8. Mengatasi gejala psoriasis

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah cosmopolitan.com

Psoriasis merupakan masalah kulit kepala yang kerap terjadi. Tanda-tanda adanya penyakit psoriasis adalah timbul rasa gatal, rambut rontok dan kulit kepala bersisik.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah psoriasis adalah dengan menggunakan pelembap khusus kulit untuk menurunkan rasa gatal dan peradangan. Oleh karena itu, minyak kemiri dapat digunakan untuk mengurangi gejala psoriasis meskipun dalam skala kecil.

Cara membuat minyak kemiri

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Membuatnya di Rumah https://pixabay.com

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat minyak kemiri, meskipun sebenarnya sudah banyak produk minyak kemiri yang dijual di pasar dengan beragam merk yang ditawarkan.

Namun, mungkin saja kamu ingin mengolahnya sendiri di rumah secara manual. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat minyak kemiri.

1. Disangrai

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghasilkan minyak kemiri adalah dengan cara disangrai atau menggoreng kemiri tanpa minyak menggunakan wajan. Kemiri disangrai hingga berubah warna menjadi kehitaman dan kemudian blender atau tumbuk hingga kemiri yang telah disangrai mengeluarkan minyak kemiri.

2. Dibakar

Cara lainnya untuk mendapatkan minyak kemiri adalah dengan cara dibakar. Kemiri yang ingin diekstrak minyaknya dibakar hinga berwarna kehitaman, yang kemudian digerus hingga menghasilkan minyak.

3. Dihaluskan

Dengan cara dihaluskan menggunakan parutan atau blender, kamu juga bisa mendapatkan ekstraksi minyak kemiri yang dihasilkan. Minyak ini bisa diaplikasikan untuk rambut agar mendapatkan beragam khasiat yang diberikan oleh buah kemiri.

Setelah kemiri diblender menggunakan sedikit air, kemudian hasil penghaluskan di masak sampai dengan menghasilkan minyak kemiri yang diperlukan.

4. Dipanggang

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan cara memanggang buah kemiri menggunakan oven. Pemanggangan dapat dilakukan selama 15 menit di dalam oven, setelah itu keluarkan dan kemudian diamkan kemiri tersebut pada suhu ruangan. 

Tumbuk kemiri yang telah di oven yang kemudian masukan dalam toples kaca. Jemur kemiri yang sudah ditumbuk di bawah sinar matahari maksimal selama 2 minggu hingga mengeluarkan minyak.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kemiri selain sebagai bahan masakan tapi juga memberikan khasiat bagi kesehatan rambut. Minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Baca Juga: 8 Kesalahan yang Membuat Rambut Berminyak

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Baca Juga: 7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan Berkilau