Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Bahan Penumbuh Rambut Alami yang Ampuh, Bikin Rambut Lebat

Pakai ramuan herbal

Nafi' Khoiriyah

Permasalahan rambut rontok memang sering dialami oleh banyak orang. Jika dibiarkan, rambut menjadi makin tipis dan bahkan bisa mengalami kebotakan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan penumbuh rambut alami. 

Bahan yang digunakan tersebut bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Dikarenakan bahan-bahannya alami, kamu tidak perlu khawatir karena penggunaan bahan-bahan kimia. Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan. 

1. Minyak zaitun

freepik.com/freepik

Penumbuh rambut alami yang pertama adalah minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun mengandung biotin, niacin, vitamin E dan D yang bisa merawat rambut rontok dan membuat rambut jadi lebih subur. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan menggunakannya untuk memijat kepala. Gunakan sekitar 5 tetes saja, kamu bisa memakainya secara menyeluruh setelah keramas. 

2. Ginseng

flickr.com

Ginseng menjadi bahan alami yang menstimulasi folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Sebab, di dalam ginseng terdapat ginsenosides yang memberikan efek positif pada pertumbuhan rambut. 

Ada pula kandungan saponin yang akan menghambat produksi 5 alpha reductase yang merupakan enzim pemicu kerontokan rambut. Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen ginseng secara teratur untuk memberikan hasil maksimal. 

3. Lidah buaya

freepik.com/freepik

Bahan penumbuh rambut alami selanjutnya ini mengandung protein kompleks yang mirip dengan keratin. Protein tersebut bisa menumbuhkan rambut dan memperkuat folikel rambut. Kerontokan dan ketombe pun bisa dicegah dengan penggunaan lidah buaya tersebut. 

Cara penggunaannya, oleskan lidah buaya pada rambut, diamkan, atau dipijat seperti menggunakan kondisioner. Kamu juga bisa mengapikasikannya dengan menggunakan jenis minyak lainnya. 

4. Minyak kemiri

naturalpoland.com

Kalau kamu biasa menemukan kemiri sebagai bahan dapur, ternyata bahan tersebut bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut secara alami. Kemiri mengandung asam lemak dan vitamin B yang akan menutrisi rambut. 

Tak hanya itu saja, kandungan di dalamnya juga akan memperbaiki dan memperkuat akar rambut. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut atau bahan untuk creambath alami. 

5. Minyak kelapa

freepik.com

Minyak kelapa merupakan trigliserida atau lemak dengan komposisi tertentu yang membuatnya mudah terserap ke dalam batang rambut. Penumbuh rambut alami ini juga memiliki asam lemak dan vitamin yang bagus untuk rambut. 

Minyak kelapa itu bisa dioleskan pada kulit kepala sebelum atau sesudah keramas. Namun, jika rambutmu cenderung berminyak, gunakan minyak kelapa beberapa jam sebelum keramas kemudian pijat kulit kepala.

6. Bawang Merah

pixabay.com/costanzimarco

Tak banyak yang tahu, bawang merah ternyata bisa membantu pertumbuhan rambut, lho. Studi menunjukkan kalau jus bawang merah bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi alopecia areata. Kondisi tersebut adalah saat tubuh menyerang folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. 

Untuk menggunakan bawang merah sebagai bahan penumbuh rambut, haluskan beberapa bawang merah dan peras airnya. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala dan rambut serta biarkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan sampo. 

7. Lemon

Unsplash.com/Julia Peretiatko

Terakhir, air lemon juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam sinapic, bahan kimia bioaktif dalam lemon bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Caranya, oleskan air lemon yang segar ke kulit kepala dan rambut. Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit sebelum kemudian dibilas. Kamu juga bisa menggunakannya dengan dicampurkan dengan minyak lainnya sebagai masker rambut. 

Berbagai bahan penumbuh rambut alami dia atas bisa kamu coba untuk membuat rambut tumbuh lebat kembali. Berbagai masalah rambut lainnya pun juga bisa teratasi, lho!

IDN Media Channels

Latest from Hair