Pernikahan merupakan janji suci yang mengikat dua insan manusia untuk senantiasa hidup dan menua bersama. Oleh karena itu, seseorang yang telah menikah harus memiliki komitmen untuk terus menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga.

Pada awalnya, tak dapat dipungkiri memang sulit. Apalagi, bagi seorang Pisces sepertimu yang cenderung sensitif, emosional, dan amat perasa! Namun, inilah kenyataan yang harus kamu hadapi ketika telah memutuskan untuk menikah.

Nah, agar pernikahan dapat berjalan langgeng tanpa konflik yang berarti, coba pahami beberapa nasihat pernikahan istimewa untuk para sahabat Pisces berikut ini. Siapa tahu dapat menjadi bekal sekaligus bahan refleksi untuk terus memperbaiki diri.

1. Media sosial bukan wadah untuk mencurahkan isi hati

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai Tuahttps://www.pexels.com/id-id/@ivan-samkov

Secara umum, orang-orang berzodiak Pisces itu sangat ekspresif. Ketika ada sedikit gejolak dalam benaknya, mereka tak akan segan untuk mencurahkan isi hati secara spontan kepada teman-teman atau mengunggah kutipan-kutipan yang mewakili kegalauannya. Jadi, tampaknya akan amat sulit bagi mereka untuk memendam perasaan seorang diri tanpa membaginya kepada orang lain. 

Akan tetapi, sebagai pemilik zodiak Pisces, kamu harus bisa mengontrol diri sendiri untuk tak terlalu aktif menggunakan media sosial sebagai wadah curhat. Apalagi ketika telah menikah dan membina bahtera rumah tangga! Hal tersebut bisa mengundang lebih banyak orang untuk berpendapat tentang masalah pernikahan kamu yang justru akan semakin memperkeruh situasi.

2. Utamakan komunikasi di atas segalanya

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai TuaLuis Zambrano/Pexels

Meski zodiak Pisces terbilang ekspresif, kebanyakan di antara mereka ternyata masih memiliki kecenderungan untuk bermain kode ketika bersama pasangannya. Sehingga, alih-alih berbicara secara terbuka tentang apa yang sesungguhnya mereka inginkan, mereka justru membiarkan pasangannya untuk menerka-nerka. Dan inilah yang benar-benar harus kamu hindari, terutama saat sudah menikah! 

Kamu dan pasangan harus mengutamakan komunikasi di atas segalanya jika nggak ingin sering berkonflik. Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan menciptakan ruang yang nyaman dan bebas penghakiman dalam sebuah hubungan pernikahan. Dengan begitu, kalian berdua dapat lebih leluasa untuk mengutarakan isi hati masing-masing.

3. Jangan terlalu sering menatap layar ponsel!

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai Tuahttps://www.pexels.com/id-id/@mikhail-nilov

Jadikan nasihat pernikahan yang satu ini sebagai pegangan sekaligus bekal di masa depan, apabila ingin hidup tetap harmonis dengan pasangan sampai tua nanti. Ya, jangan terlalu sering menatap layar ponsel ketika sedang menghabiskan waktu bersama dia! Kamu perlu menaruh perhatian lebih banyak dan mulai fokus pada seseorang yang akan menemani kamu dalam menjalani hidup yaitu suami, Bela. 

4. Berhenti memeriksa isi ponsel pasangan

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai Tuahttps://www.pexels.com/id-id/@keira-burton

Hal yang nggak kalah pentingnya untuk diingat oleh para pemilik zodiak Pisces agar pernikahan dapat berjalan langgeng adalah, menghargai privasi pasangan dengan berhenti memeriksa ponselnya. Kamu harus bisa menyingkirkan perasaan curiga dan memberinya kepercayaan penuh untuk berinteraksi dengan siapa saja. Pasalnya, walaupun kamu dan pasangan telah terikat dalam janji suci pernikahan, kalian berdua tetap berhak atas ruang sendiri yang bebas dari campur tangan siapapun termasuk pasangan.

5. Selesaikan masalah sebelum waktu tidur

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai TuaPexels.com/RODNAE Production

Sebenarnya, nasihat pernikahan ini nggak hanya berlaku bagi orang-orang berzodiak Pisces yang telah menikah. Sebab, membawa perasaan marah sampai lewat waktu tidur bisa membawa dampak buruk bagi hubungan dan juga diri sendiri, lho. Sebagai contoh, tidur jadi kurang berkualitas, mulai muncul keraguan atas hubungan, sampai mudah merasa cemas dan gelisah. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus berkomitmen untuk selalu menyelesaikan suatu permasalahan dengan segera tanpa menunda. 

6. Perubahan itu tidak selalu buruk

6 Nasihat Pernikahan untuk Zodiak Pisces Agar Langgeng Sampai TuaPexels.com/Ron Lach

Setiap orang itu pasti berubah. Nggak terkecuali, pasangan kamu! Jadi, jangan heran jika suatu hari nanti kamu mulai merasa bahwa seseorang yang kamu nikahi tak sama persis seperti 5 tahun atau 10 tahun yang lalu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meyakini bahwa perubahan itu tidaklah selalu buruk. Terkadang, perubahan justru diperlukan untuk menguatkan sebuah hubungan.

Baca Juga: 3 Alasan Pisces dan Taurus Cocok Sebagai Sahabat Sekaligus Pacar

Baca Juga: 5 Kelemahan Laki-laki Berzodiak Pisces

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Biasa Pisces Lakukan dalam Hubungan