Berdasarkan astrologi, masing-masing zodiak memiliki kelebihan dan kekuatannya sendiri yang menjadi ciri khas serta karakternya. Namun nggak luput juga, 12 zodiak ini memiliki kelemahan dan kekurangan yang membuat mereka pun selalu menghadapi masalah dalam hidupnya, salah satunya masalah dalam hubungan asmara. Baik itu masalah yang muncul dalam hubungan yang sedang dijalani, maupun masalah sama yang selalu muncul dalam setiap hubungan.

Dengan kekurangan yang berbeda, masing-masing zodiak menghadapi masalah yang berbeda pula. Melansir dari Bustle, ini masalah yang sering dialami zodiak dalam hubungannya, juga cara terbaik untuk mengatasi isu tersebut.

1. Aries: Kelewat batas dalam bertindak

Nggak diragukan lagi jika Aries adalah zodiak yang penuh semangat, berapi-api, serta penuh kejutan. Zodiak ini sering membuat keputusan atau sering bertindak tanpa memikirkan dampaknya pada pasangannya. Sikap ini yang dapat memicu kesalahpahaman dalam hubungannya.

Sikap zodiak Aries yang impulsif ini dapat terlihat seperti sikap egois karena mereka lupa berpikir sebelum bertindak. Karena itu, Aries perlu belajar memahami pasangannya dan menemukan cara terbaik untuk mengekspresikan dirinya maupun membuat keputusan, tanpa harus kelewat batas dengan pasangannya sendiri.

2. Taurus: Mengatur pasangan

Taurus tahu yang ia inginkan dalam hidupnya. Karena itu, zodiak ini selalu berusaha membuat rencana dan menjaga semuanya berada dalam tingkat aman. Namun, sikapnya seperti ini terkadang membuat pasangan terasa seperti dikendalikan.

Nggak masalah jika menginginkan pasangan dan hubungan yang stabil. Namun, ingat untuk nggak mengendalikan kehidupan pasangan demi menjaga keharmonisan tersebut.

3. Gemini: Bersikap nggak konsisten

12 Masalah yang Bikin Hubunganmu Terancam Bubar Berdasarkan ZodiakPexels.com/Trinity Kubassek

Nggak konsisten sering menjadi masalah besar bagi Gemini dalam urusan percintaan, dan itu dapat menjadi akar dari banyak masalah lainnya. Misalnya, hari ini Gemini sangat perhatian pada pasangannya, namun ia akan menjadi cuek keesokan harinya. Ini membuat pasangan si Gemini menjadi kebingungan.

Ketika pasangannya mempertanyakan sikapnya yang mudah berubah ini, Gemini justru akan mengabaikan pasangannya. Namun, pola kebiasaan ini dapat diubah, kok. Caranya, Gemini perlu memfokuskan dirinya berlatih berempati, mendengarkan, mengekspresikan perasaannya, dan menyadari kecenderungan dirinya yang suka mengalihkan perhatian.

4. Cancer: Perubahan mood yang cepat

Masalah dalam hubungan yang sering dialami Cancer berakar dari perubahan mood mereka yang cepat. Karena itu, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menetapkan batasan yang baik dan terbuka pada pasangannya mengenai perasaannya yang mudah berubah serta sensitif.

Setelah mampu membicarakan masalahnya dan menyadari kalau pasangannya dapat menerima kekurangannya tersebut, Cancer akan lebih sering terbuka ketimbang berdiam diri seperti sebelumnya.

5. Leo: Membutuhkan kepastian

Leo sering membutuhkan kepastian, membutuhkan validasi dari pasangannya, dan sikap ini yang sering menjadi akar dari segala masalah yang ada. Zodiak berlambang singa ini sering memikirkan kalau dirinya nggak cukup baik, atau merasa dilupakan. Perasaan insecure ini dapat merusak dirinya sendiri dan hubungannya.

Untuk mengatasi akar masalah ini, Leo perlu memfokuskan dirinya pada perkembangan dirinya sendiri. Cintai diri sendiri, pusatkan perhatian pada kemajuan diri sendiri, dan berusaha menjadi yang terbaik.

6. Virgo: Suka menilai orang lain

12 Masalah yang Bikin Hubunganmu Terancam Bubar Berdasarkan ZodiakPexels.com/Duong Nhan

Virgo senang menganalisis dan mengumpulkan data tentang orang lain. Ini menjadi kelebihan, sekaligus kekurangan yang dapat menjadi pemicu masalah dalam hubungannya. Virgo dapat menjadi seseorang yang judgmental atau menilai orang lain, dan berpikiran negatif tentang orang lain. Zodiak ini punya banyak standar dan aturan, dan mereka akan cepat berpikir negatif ketika ada sesuatu terjadi nggak sesuai dengan harapannya.

Virgo perlu belajar mengikuti arah kehidupan mengalir dan memberikan kesempatan pada orang-orang di sekitarnya. Dengan melakukan ini, zodiak ini pun dapat membawa aura positif dalam hubungan percintaannya.

7. Libra: Lupa dengan dirinya sendiri

Keinginan Libra yang kuat untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan terkadang dapat membawa masalah dalam hubungannya sendiri. Demi berusaha menjaga kedamaian dalam hubungan, Libra lupa dengan dirinya sendiri dan sering membebani dirinya sendiri agar pasangannya dapat merasakan kenyamanan.

Libra perlu belajar jika hubungan yang sehat adalah 'give and take'. Jadi, biarkan pasangan juga memberikan usaha untuk menjaga hubungan. Itu baru yang dinamakan hubungan harmonis.

8. Scorpio: Sulit untuk memaafkan

Bagi Scorpio, kesetiaan adalah hal mutlak dalam hubungan. Karena itu, ketika ada masalah dalam hubungan yang berkaitan dengan kesetiaan, membuat zodiak kalajengking ini menjadi penuh curiga. Kemudian, mereka akan sulit untuk memaafkan dan move on.

Wajar saja, namun sikap ini dapat membuat jalan hubungan menjadi lebih sulit ketika Scorpio nggak dapat melepaskan masa lalu itu. Scorpio perlu memahami kalau cinta dapat mengalahkan rasa takut yang ada. Zodiak ini perlu menyadari saat seseorang menguji apa pun—seperti kesetiaan—mereka terikat untuk menemukan yang dicari.

9. Sagitarius: Rasa insecure

12 Masalah yang Bikin Hubunganmu Terancam Bubar Berdasarkan ZodiakPexels.com/Wandel Moretti

Masalah hubungan yang dialami Sagitarius cenderung berasal dari keinginannya untuk selalu  bergerak dan menemukan hal baru. Mereka akan selalu 'bergerak' dan tanpa disadari sering mengabaikan hubungannya.

Zodiak ini akan merasa insecure ketika mencari hubungan yang stabil. Namun jika ingin berubah, Sagitarius perlu menemukan keseimbangan antara menjadi bahagia di posisinya sekarang dan mengejar impiannya.

10. Capricorn: Nggak menemukan keseimbangan antara karier dan hubungan

Capricorn penuh motivasi untuk mengejar kesuksesan dalam kariernya, namun ia nggak dapat memberikan perhatian yang sama besarnya pada hubungan percintaannya sendiri. Zodiak ini pun sering terlihat jarang ada untuk pasangannya, entah karena kurang memprioritaskan hubungannya, entah karena sulit membagi waktu antara kehidupan pribadi dan profesionalnya.

Meski agak sulit, Capricorn dapat mengatasi masalah ini dengan sedikit melonggarkan kesibukannya dalam bekerja, dan meluangkan waktu untuk hubungannya. Bukan hal yang nggak mungkin untuk sukses dalam pekerjaan dan percintaan, kok.

11. Aquarius: Terlihat cuek dengan pasangannya

Aquarius merupakan pribadi yang menyenangkan dan dapat membawa keseruan saat berkumpul bersama teman-temannya. Namun dalam hubungan, Aquarius justru telihat cuek dan terkesan nggak ingin membangun keintiman dengan pasangannya. Sikapnya ini dapat membuat pasangannya kebingungan.

Jika ingin menjaga hubungan, Aquarius perlu menunjukkan dan meningkatkan usahanya untuk membuat pasangannya merasa dicintai secara intim, romantis. Aquarius dapat melakukan ini sembari menjaga kehidupan sosialnya yang baginya sangat penting.

12. Pisces: Nggak sepaham atau kurang mengerti pasangannya

12 Masalah yang Bikin Hubunganmu Terancam Bubar Berdasarkan ZodiakPexels.com/Freestocks.org

Pisces merupakan zodiak yang sangat empati dan perhatian. Namun, zodiak ini juga sering kesulitan untuk berhadapan dengan kenyataan atau kurang sigap ketika berhadapan dengan aspek hidup lainya. Ini yang menjadi akar masalah dalam hubungannya, salah satunya adalah kurang dapat mengikuti atau mengerti pasangannya.

Untuk mengatasinya, Pisces perlu mencari cara untuk mengerti pasangannya dengan jalan yang ia dapat ikuti, dan mencari cara untuk berhadapan dengan kenyataan yang ada ketimbang menghindarinya.

Masing-masing kekurangan yang dimiliki zodiak dapat diatasi. Dengan begitu, masalah itu nggak menjadi pola yang terus berulang di setiap hubungan, atau terus-menerus muncul dalam hubungan yang ada. Selama ada niat dan usaha untuk memperbaikinya, masalah-masalah percintaan ini dapat diatasi.

Baca Juga: Zodiak yang Nggak Cocok Jadi Pasanganmu, Berdasarkan Kata Zodiakmu