Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologi

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologi

Tiap rumah mewakili berbagai aspek kehidupan seseorang

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologi

Bela, pernahkah kamu mendengar istilah house atau rumah dalam dunia astrologi? Selain zodiak, planet, dan aspek, ternyata rumah merupakan fondasi dalam keseluruhan birth chart atau bagan kelahiran, lho. Sama seperti roda zodiak, rumah juga terbagi menjadi 12 bagian, dan masing-masing mewakili berbagai aspek dalam kehidupan seseorang, mulai dari pengembangan diri hingga eksistensi.

Walaupun sama-sama terbagi menjadi 12 bagian, namun roda zodiak dan pembagian rumah itu berbeda. Jika roda zodiak terbagi berdasarkan pergerakan rotasi tahunan matahari, rumah di sisi lain mencerminkan rotasi bumi selama 24 jam di sekitar porosnya. Karena rumah dianggap nggak kalah penting dengan zodiak dalam kehidupan, maka selain mengetahui tanggal lahir, penting bagi seseorang untuk mengetahui waktu kelahirannya juga.

Rising sign atau zodiak yang muncul saat seseorang lahir (disebut sebagai ascendant-nya) akan menandai rumah pertamanya. Rumah pertama sampai keenam sendiri membahas lebih banyak tentang hal-hal personal, sedangkan rumah ke-7 hingga ke-12 membahas lebih banyak tentang hal yang bersifat publik atau sosial.

Nah, untuk memberimu informasi lebih jelas soal pembagian 12 rumah dalam astrologi, mari simak ulasannya berikut ini.

Rumah Pertama: Rumah Identitas

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiPexels.com/Lucas Guimarães

Dikenal sebagai the helm bagi para astrolog kuno, rumah pertama merupakan satu-satunya rumah di dalam bagan kelahiran yang berisikan 100 persen informasi personal seseorang. Rumah pertama ditemukan di ufuk Timur, dan berisikan rising sign pada waktu seseorang lahir.

Jika rumah-rumah lain memberikan informasi tentang tempat yang dikunjungi, orang yang ditemui, dan pengalaman yang seseorang alami, rumah pertama menggambarkan bagaimana rasanya 'hidup' di dalam tubuh dan pikiran sendiri. Termasuk menggambarkan kepribadian, penampilan, kesehatan, hingga ekspresi dirinya sendiri.

Rumah Kedua: Rumah Pendapatan

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiFreepik.com/Drobotdean

Selanjutnya adalah rumah kedua, yang merupakan satu dari dua rumah dalam bagan kelahiran yang banyak berhubungan dengan uang. Dalam arti puitis, rumah kedua adalah tentang apa yang memberi seseorang 'makan'. Itu bisa diartikan sebagai pendapatan, makanan lezat yang diidam-idamkan, hingga nilai-nilai yang memandu seseorang menjalani kehidupan. Rumah kedua juga dianggap sebagai tempat di mana seseorang merenungkan hal yang ia inginkan, atau yang ia butuhkan.

Rumah Ketiga: Rumah Komunikasi

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiPexels.com/RODNAE Productions

Rumah ketiga disebut sebagai Rumah Dewi oleh para astrolog kuno, karena rumah ini merupakan tempat di dalam bagan kelahiran di mana bulan menemukan kegembiraannya. Bulan merupakan satelit, yang berarti selalu berada dalam perjalanan, tetapi akan selalu kembali ke tempat asalnya. Karena itulah, rumah ketiga berbicara tentang topik-topik seperti perjalanan kehidupan singkat, lingkungan lokal, saudara kandung, teman dekat, dan tentu saja, komunikasi.

Rumah Keempat: Rumah dari Rumah

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologipexels.com/Julia M Cameron

Titik awal dalam bagan kelahiran adalah rumah keempat. Ini disebabkan karena rumah keempat mewakilkan rumahnya rumah, keluarga, leluhur, dan privasi. Di sinilah seseorang menemukan asal-muasalnya. Para leluhur menyebut rumah ini sebagai "surga terendah", karena merupakan tempat di mana matahari menemukan dirinya di tengah malam, saat diselimuti kegelapan total dan siap untuk 'dilahirkan' kembali di pagi hari.

Secara puitis, rumah keempat mewakili awal dan akhir kehidupan seseorang. Jadi, jika seseorang memiliki planet di rumah keempatnya, kemungkinan besar ia akan sangat fokus pada keluarga, leluhur, geografi, dan kepemilikan propertinya.

Rumah Kelima: Rumah Kebahagiaan

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiFreepik.com/Marymarkevich

Rumah kelima adalah tempatnya Venus yang merupakan planet cinta, koneksi, dan kesuburan saat menemukan kebahagiaannya. Rumah kelima mewakili asmara, kesenangan, seks, dan kreativitas. Para leluhur menyebut rumah ini sebagai Good Fortune, karena rumah kelima dianggap sebagai tempat di mana semua hal baik terjadi.

Jadi, jika seseorang memiliki placement atau penempatan rumah kelima yang kuat (seperti matahari, bulan atau ascendant ruler-nya), ia mungkin akan memprioritaskan kebahagiaan dibandingkan hal lain dalam hidupnya.

Rumah Keenam: Rumah Pemeliharaan

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiPexels.com/Kampus Production

Rumah keenam disebut sebagai Bad Fortune oleh para astrolog kuno. Karena, ini adalah tempat di mana Mars yang merupakan planet perang, pemisahan, dan agresi menemukan kegembiraannya. Jika rumah pertama berbicara tentang tubuh dan kesehatan, rumah keenam adalah tempat di mana seseorang mengatasi penyakit dan cedera, sembari dengan membangun rejimen kebugaran. Secara lebih luas, rumah keenam mewakili rutinitas harian seseorang.

Rumah Ketujuh: Rumah Hubungan

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiFreepik.com/Freepik

Rumah ketujuh terletak di ufuk Barat bagan kelahiran. Berada di seberang rumah pertama, rumah ini nggak hanya mewakili hubungan romantis, namun semua hal yang berhubungan dengan orang lain. Pasangan, sahabat, dan musuh bebuyutan semuanya terwakili di rumah ketujuh.

Selain itu, segala macam kontrak dan negosiasi juga ditemukan di rumah ini. Para leluhur menganggap rumah ketujuh sebagai kematian, karena menjadi tempat matahari terbenam dan menghilang di bawah cakrawala.

Rumah Kedelapan: Rumah Utang

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologipexels.com/pavel-danilyuk

Rumah kedelapan adalah rumah yang rumit dan seringkali disalahpahami dalam bagan kelahiran. Jika rumah kedua mewakili setiap harta pribadi, rumah kedelapan mewakili harta orang lain.

Jika rumah ketujuh mewakili hubungan, maka rumah kedelapan adalah tempat seseorang menggabungkan asetnya dengan pasangan atau mitra bisnisnya. Termasuk juga mewakili hutang piutang, pinjaman, hibah, hingga warisan.

Rumah Kesembilan: Rumah Perjalanan

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiPexels.com/Max Fischer

Rumah kesembilan disebut the House of God oleh para astrolog kuno, karena di sanalah matahari yang merupakan kekuatan kehidupan alam semesta menemukan kegembiraannya.

Berada di seberang rumah ketiga, rumah kesembilan juga mewakili perjalanan. Tapi, alih-alih perjalanan singkat dan keterampilan khusus, rumah kesembilan adalah rumah untuk 'perjalanan jarak jauh' dan pendidikan tinggi. Seseorang dengan penempatan yang kuat di rumah kesembilan, disebut cenderung menjadi seorang guru, filsuf, hingga pemimpin spiritual.

Rumah Kesepuluh: Rumah Karier

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam AstrologiPexels/ Fauxels

Terletak di bagian paling atas bagan kelahiran, rumah kesepuluh mewakili karier, citra publik, dan reputasi seseorang. Ini dianggap sebagai rumah paling penting dalam bagan kelahiran setelah rumah pertama, karena ini berbicara tentang pencapaian seseorang dalam hidupnya. Sederhananya, rumah kesepuluh menentukan tempat dan dengan siapa seseorang akan 'bersinar'.

Rumah Kesebelas: Rumah Teman

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologifreepik.com/lookstudio

Dikenal sebagai rumah Good Spirit oleh para leluhur, rumah kesebelas adalah tempat seseorang menemukan orang-orang yang mendukungnya dalam hubungan sosial. Ini adalah tempat yang mewakili kolega, teman, dan juga audiens seseorang.

Mereka dengan penempatan utama di rumah kesebelas, cenderung lebih berkembang dalam kegiatan kelompok dan acap kali mengambil posisi kepemimpinan dalam organisasi masyarakat. Rumah ini juga mewakili mimpi dan ambisi, karena di sinilah visi seseorang dapat diwujudkan.

Rumah Kedua Belas: Rumah Ketidaksadaran

Berbeda dengan Zodiak, Inilah 12 Rumah dalam Astrologipexels.com/muhammad-lutfy

Seperti halnya rumah kedelapan, rumah kedua belas juga sering disalahpahami. Dikenal sebagai rumah bagi Bad Spirit oleh para leluhur, rumah kedua belas mewakili tempat penghancuran diri. Terletak tepat di atas rumah pertama dalam roda zodiak, ini adalah rumah yang berada di cakrawala tepat sebelum kelahiran seseorang, atau di saat ibunya melahirkan. Ini adalah rumah dari segala sesuatu yang mewakili ketidaksadaran, kekosongan dan pengasingan.

Nah, jadi itulah 12 rumah dalam astrologi. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela! 

Baca Juga: Bakat dari Lahir, 5 Zodiak Ini Mampu Berpikir Kritis Bak Detektif

Baca Juga: 6 Zodiak yang Sering Dijuluki Ensiklopedia, Tahu Banyak Hal!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Paling Rumit, Bikin Bingung Banget!

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Komunikasi Menurun, Ini 5 Tanda Adanya Sabotase Hubungan

Komunikasi Menurun, Ini 5 Tanda Adanya Sabotase Hubungan

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Zodiac

Ingin Bebas, 5 Zodiak Ini Merasa Tertekan dalam Hubungannya

Ingin Bebas, 5 Zodiak Ini Merasa Tertekan dalam Hubungannya