Hubungan itu tak selamanya dapat selalu berjalan mulus. Apabila dalam sebuah hubungan terlalu banyak konflik yang sulit untuk selesai, perpisahan bisa saja jadi pilihan. Memang sangat menyesakkan sekaligus menyedihkan. Tetapi, inilah kenyataan pahit yang harus kamu terima.

Tidak mudah pastinya untuk melupakan mantan pasangan kamu begitu saja. Walau demikian, jangan terburu-buru mencari pengganti saat hatimu belum siap, ya. Sebab, menjadikan orang lain sebagai pelarian bukanlah cara bijak untuk move on.

Lantas, seperti apa pertanda yang bisa kamu jadikan acuan bahwa kamu telah siap untuk kembali jatuh cinta lagi? Berikut jawabannya.

1. Percaya diri atas apa yang kamu miliki

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!https://www.pexels.com/id-id/@thirdman

Ketika kamu merasa lebih percaya diri terhadap apa pun yang ada dalam diri itu berarti kamu telah siap untuk jatuh cinta lagi. Di samping itu, ini menunjukkan bahwa kamu tak lagi ada dalam bayang-bayang kritik pedas dari mantan pasangan kamu soal penampilan fisik. Dengan begitu, kamu bisa menghargai dan mencintai diri sendiri sebelum kembali menjalin hubungan dengan orang lain.

2. Tidak memiliki beban emosional

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!https://www.pexels.com/id-id/@olly

Pertanda lain yang menunjukkan bahwa kamu telah siap untuk kembali jatuh cinta adalah kamu tak lagi memiliki beban emosional. Untuk dapat mencapainya, kamu perlu memaafkan seseorang di masa lalu, seperti mantan pasangan! Meski dia pernah menyakiti kamu, berbesar hatilah untuk menerimanya sebagai bagian dari perjalanan hidup. Sebab jika tidak kamu akan kesulitan untuk dapat melangkah maju, Bela.

3. Mengenal siapa dirimu yang sejati

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!https://www.pexels.com/id-id/@elly-fairytale

Lebih mengenal siapa dirimu yang sejati juga merupakan salah satu pertanda nyata bahwa kamu telah siap untuk kembali jatuh cinta. Pasalnya, dengan mengenal diri sendiri kamu bisa lebih tahu apa yang sesungguhnya kamu inginkan dalam hidup. Jadi, hubungan yang nantinya akan kamu bangun dapat lebih terarah dan berjalan sesuai dengan batasan-batasan yang sudah kamu tetapkan.

4. Bisa mengatur waktu untuk diri sendiri

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!https://www.pexels.com/id-id/@maria-ovchinnikova-46787598

Memiliki waktu untuk diri sendiri sangatlah penting. Jadi, sebelum memutuskan untuk kembali berhubungan dengan orang lain, pastikan kamu dapat mengatur waktu sedemikian rupa agar bisa memisahkan waktu sendiri dengan hubungan percintaan, ya. Selain dapat menjaga kemandirian dalam diri, hal ini juga dapat membantu kamu untuk menciptakan sebuah hubungan yang seimbang.    

5. Antusias bertemu orang baru

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!https://www.pexels.com/id-id/@olia-danilevich

Jika kamu bertanya-tanya kapan saat yang tepat untuk jatuh cinta lagi, maka antusias yang kamu rasakan setiap kali bertemu orang baru dapat menjadi jawabannya. Sebagai saran, bangun kembali hubungan baik dengan teman-teman kamu, ya. Bergaul dan bertemu dengan orang-orang baru tentu dapat membantumu lekas pulih pasca tersakiti oleh mantan kekasih.

6. Siap untuk mengkompromikan keyakinan pribadi

6 Tanda Kamu Telah Siap untuk Kembali Jatuh Cinta Lagi, Selamat!freepik.com/lookstudio

Sebuah hubungan adalah tentang dua orang yang berusaha untuk saling mencintai setiap hari. Terlepas dari segala perbedaan yang ada, yang namanya pasangan harus selalu berkomitmen untuk saling menghargai. Jadi, apabila saat ini kamu ingin tahu tentang kesiapanmu untuk jatuh cinta lagi, coba tanyakan pada diri sendiri apakah kamu sudah siap untuk berkompromi. Sebab, hal tersebutlah yang nantinya akan sering kamu lakukan untuk merawat hubungan agar berjalan langgeng.

Baca Juga: 7 Alasan Pelakor Jatuh Cinta dengan Suami Orang

Baca Juga: 5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!

Baca Juga: 7 Cara Bikin Suami Jatuh Cinta Lagi pada Istri, Kayak Pengantin Baru!