Di tengah mewabahnya corona virus yang hingga kini belum kunjung berhenti, perawatan diri seharusnya menjadi prioritas. Mungkin, kamu cenderung mengabaikan hal yang satu ini. Berpikir bahwa self-care adalah tindakan yang egois, justru merupakan pemikiran yang salah, lho. Tenaga kesehatan dan pihak lain yang terlibat dalam memberantas pandemi ini memang berjuang di luar sana. 

Tetapi, porsimu untuk berfokus pada kebutuhan pribadi bukanlah sesuatu yang buruk, kok. Kenyataannya, self-care dapat membantumu untuk meningkatkan kapasitas diri sendiri ketika orang lain membutuhkan pertolongan. 

Melakukan self-care dengan benar dapat memberi dampak yang besar terhadap diri sendiri. Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mencoba beberapa tips self-care versi Popbela di bawah ini, ya. Selamat mencoba!

1. Buat daftar kegiatan yang membuatmu merasa lebih baik

Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Pada dasarnya, melakukan segala sesuatu yang kamu sukai dapat membuat harimu terasa lebih baik. Tuangkan kegiatan yang dapat membuatmu merasa pulih dari penat ke dalam sebuah daftar. Jalan-jalan di sekitar kompleks, melakukan meditasi, membuat kue, atau mendengarkan podcast, misalnya.

Aktivitas yang kamu gemari dapat membantumu mengurangi stres berlebih, lho. Simpan ponsel selama berkegiatan juga, ya. Terkadang, cara yang satu ini dapat kamu lakukan agar lebih fokus pada diri sendiri. Akibatnya, self-care yang kamu lakukan selama pandemi ini, berdampak maksimal pada diri sendiri.

2. Fokuskan diri untuk selalu bersyukur

Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'https://www.pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Tentu saja, kamu telah melalui banyak hal. Perasaan marah, takut, bahkan kecewa akan selalu ada. Namun, di saat-saat seperti ini, selalu bersyukur terhadap hal kecil maupun besar yang terjadi dalam hidup sangatlah penting loh. 

Alihkan perhatianmu pada segala sesuatu yang baik, Bela. Mengubah kecenderungan dalam memikirkan hal negatif memang nggak mudah. Tetapi, memfokuskan diri untuk selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang terjadi dapat berdampak besar buatmu selama pandemi ini.

3. Berikan batasan dalam menonton atau membaca berita

Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'https://www.pexels.com/@olly

Mengikuti perkembangan berita terkini dari corona virus memang nggak salah. Namun, jika sampai membuatmu cemas berlebihan karenanya. Menetapkan batasan tertentu agar tak selalu membaca atau menonton berita adalah langkah tepat yang perlu kamu ambil. Biarkan dirimu rehat sejenak dari banyaknya informasi yang ada. Ketika kamu telah merasa lebih baik dan siap, kamu dapat kembali, kok. So, nggak perlu takut tertinggal kabar terkini mengenai pandemi yang tengah berlangsung, ya. 

4. Lakukan beberapa ritual sebelum tidur

Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'https://www.pexels.com/@olly

Selain membantumu mengelola stres dan kecemasan. Tidur yang berkualitas dapat membuatmu menjalani hari esok dengan lebih mudah, lho. Tapi, beberapa orang terbukti mengalami kesulitan untuk tertidur pulas. Nah, untuk itu, melakukan beberapa ritual sebelum benar-benar tidur mungkin adalah cara yang tepat. Mandi air panas kemudian minum teh hangat, misalnya. Buat dirimu nyaman agar dapat dengan mudah tertidur nyenyak, ya.

5. Tetapkan jam kerja yang jelas saat work from home

Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Bekerja dari rumah alias work from home adalah kebijakan dari beberapa perusahaan di masa pandemi ini. Bagi kamu yang mengalaminya, menetapkan batasan waktu yang jelas dalam bekerja adalah hal yang penting. Ketika tiba saat untukmu beristirahat, luangkan waktu sejenak untuk bersantai. 

Mungkin kamu tergoda untuk menjawab email sesegera mungkin setelah bangun di pagi hari, atau sekadar menanggapi pesan singkat dari rekan kerja ketika makan malam. Jam kerja yang tetap, akan memudahkanmu menggunakan waktu secara efisien sembari menjaga kewarasan selama masa pandemi ini. Setidaknya, kualitas pekerjaan yang akan kamu hasilkan akan lebih maksimal pula karenanya.

Baca Juga: 7 Dampak yang Wajar Dirasakan dalam Hubungan Selama Pandemi

Baca Juga: Selama Pandemi, Ini 4 Zodiak yang Paling Jago Menjalani Kencan Online

Baca Juga: Relationship Goals! Ini 4 Tanda Hubungan Sehat Bebas Toxic